in , ,

Tangkuban Perahu, Pesona Legendaris Bumi Pasundan

Dibuat Kagum Oleh Megahnya Pemandangan Tangkuban Perahu

Pemandangan di sekitar Tangkuban Perahu
Pemandangan di sekitar Tangkuban Perahu (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Hai Teman Traveler, kali ini saya akan berbagi pengalaman menjelajah Tangkuban Perahu, sebuah destinasi cantik di Lembang, Bandung yang sudah sangat legendaris di antara warga sekitar Paris van Java. Lantas apa saja keseruan yang bisa dicoba di sana? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga : Garden Eight Cafe Bone, Serasa Ngopi di Taman Kota

Perjalanan Menuju Tangkuban Perahu

20190813_093317_337_fpp.jpg
View dari ketinggian (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Objek wisata ini sangat mudah dijangkau dari berbagai arah. Teman Traveler bisa menumpang kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Alternatif rute yang tersedia cukup banyak, kalian tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

Buat Teman Traveler yang menggunakan kendaraan pribadi, jangan ragu memanfaatkan panduan navigasi dari Google Maps. Cukup ketik kata kunci ‘Tangkuban Perahu’, kalian bakal mendapatkan panduan arah akurat hingga tujuan.

Sementara jika menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Leuwi Panjang bisa langsung naik bus jurusan Indramayu dan langsung turun tepat di gerbang Tangkuban Perahu.

ydxj1516_01_Reb.jpeg
Berfoto di sekitar kawah (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Lain lagi jika berangkat dari Stasiun Hall, Teman Traveler bisa naik angkutan jurusan Lembang dan turun di perempatan Maribaya Tangkuban Perahu. Berikutnya kalian bisa lanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum jurusan Cikole dan turun tepat di depan tujuan.

Dari pintu gerbang utama, Teman Traveler masih harus melintasi jalur berkelok dan lumayan curam sepanjang kurang lebih satu kilometer, sebelum akhirnya sampai di kawah Tangkuban Perahu.

Menikmati View Alami

Tangkuban Perahu
Berfoto di pinggir kawah (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Begitu sampai, Teman Traveler bakal langsung disambut panorama epik kawah pegunungan. Kalian bisa menikmati keindahannya dengan leluasa, lantaran areanya hanya dibatasi pagar kayu sederhana. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu di sini sambil berfoto-foto bersama rekan seperjalanan.

20190813_094425_239_ElD.jpg
Pengunjung berfoto dengan latar belakang sawah (c) Endah Lestari/Travelingyuk
20190813_094447_115_9Qd.jpg
Siapkan pose terbaik ya (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengenakan outfit terbaik, sebab hampir tiap sudut wisata ini memancarkan aura Instagenic. Teman Traveler dijamin takkan kesulitan menemukan spot menarik untuk dijelajahi. Jadi jangan sampai kehabisan ide pose ya.

Tiket Masuk dan Tarif Lainnya

20190813_095529_034_Vlx.jpg
Dilarang melewati pembatas pagar (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Sebelum masuk ke kawasan wisata, pastikan Teman Traveler menyiapkan uang tunai untuk membayar tiket masuk. Wisatawan domestik dikenakan tarif Rp20.000 (weekday) atau Rp30.000 (weekend). Sementara untuk turis asing harus membayar Rp200.000 (weekday) atau Rp300.000 (weekend). Selain itu masih ada biaya parkir dengan kisaran Rp7.000 hingga Rp150.000, tergantung jenis kendaraan dan status wisman atau wisatawan lokal.

20190813_101033_825_H0Y.jpg
Sudah tersedia fasilitas parkir dan toilet (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Ingin foto pre-wedding di sini? Bisa banget Teman Traveler. Cukup keluarkan biaya Rp500.000an, kalian sudah bisa foto sepuasnya. Sementara untuk syuting video dan acara khusus, biayanya masing-masing Rp800.000an dan Rp2.000.000an.

Tips Berkunjung

Tangkuban Perahu
View dari kejauhan (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Sebelum berkunjung Teman Traveler sebaiknya kenakan jaket tebal, sebab cuaca di sekitar Tangkuban Perahu cukup dingin. Lokasinya berada di dataran tinggi, dengan hembusan angin yang cukup kencang. Jika lupa membawa, di sekitar kawasan wisata ada banyak penjual topi, sarung tangan, dan syal. 

Itulah sedikit pengalaman saya mengunjungi Tangkuban Perahu, kawah dengan pemandangan luar biasa. Buat Teman Traveler yang berniat menjelajah wisata Bandung, jangan lupa mampir ke sini ya. Selain itu jangan lupa menjaga kebersihan lingkungan, di manapun kalian berada. Selamat liburan! Next

ramadan
Savana Tianyar Bali

Savana Tianyar, Menengok Sisi Lain Eksotisme Bali

bangunan bergaya prancis

4 Tempat Wisata Sejarah di Quebec yang Sajikan Bangunan Bergaya Prancis