in , ,

Savana Tianyar, Menengok Sisi Lain Eksotisme Bali

Menikmati Sudut Eksotis Savana Tianyar Bali

Savana Tianyar Bali
Savana Tianyar Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Tahukah Teman Traveler, Bali ternyata juga punya padang savana eksotis lho. Kawasan cantik ini bernama Savana Tianyar, mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian besar pelancong. Padahal pesona yang ditawarkan sungguh luar biasa. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Berlibur Sambil Belajar? Ini Pilihan Museum di Magelang yang Menarik Untuk Dikunjungi

Savana di Kaki Gunung Agung

Savana Tianyar
Salah satu sudut savana (c) Rosita/Travelingyuk

Bali tak melulu Kuta dan Ubud saja lho Teman Traveler. Tahukah kalian bahwa Pulau Dewata juga punya sudut lain yang tak kalah eksotis seperti Savana Tianyar. Destinasi ini bisa kalian temukan di ujung timur, tepatnya di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Savana ini berada tepat di kaki Gunung Agung. Lokasinya juga tak terpisah jauh dari deretan pantai cantik di kawasan Karangasem, seperti Amed dan Jemeluk. Kedua destinasi tersebut sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

img_3865_YYu.jpg
Jalan masuk menuju savana (c) Rosita/Travelingyuk

Savana Tianyar memang terletak lumayan jauh dari kawasan Kuta maupun Denpasar. Jika berangkat dari Denpasar, Teman Traveler harus menempuh perjalanan sejauh 77 km atau sekitar dua jam. Kalian tinggal menelusuri Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ke arah Pelabuhan Padang Bai. Ikuti petunjuk jalan menuju kawasan Singaraja.

Sebagai alternatif, Teman Traveler juga bisa mengambil rute dekat kawasan Besakih. Begitu Gunung Agung nampak makin dekat, itu tandanya tinggal sedikit lagi kalian bakal sampai di Savana Tianyar.

Jarang Dijamah Wisatawan

img_3874_PAb.jpg
Masih jarang disambangi wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Mungkin Teman Traveler masih asing dengan nama Savana Tianyar. Kawasan ini memang cukup jarang dijamah wisatawan. Bisa dibilang lumayan anti mainstream. Posisinya cukup tersembunyi dan sulit dijangkau. Selama menuju sini, kalian harus bersahabat sejenak dengan jalanan berdebu dan terik matahari, apalagi jika mampir kala musim kemarau.

Akses jalan menuju tempat ini belum diaspal mulus. Sama sekali tidak ada papan petunjuk. Jika ragu ingin andalkan Google Maps, ada baiknya Teman Traveler bertanya arah pada warga sekitar. Kalian bakal diarahkan ke jalur yang masih memungkinkan dilintasi kendaraan.

Daerah sekitar savana ini juga dikenal sebagai penghasil pasir hitam. Jadi jangan heran jika Teman Traveler menemukan banyak lokasi galian pasir di sini.

Padang Savana Eksotis

Savana Tianyar
Padang rumput kuning (c) Rosita/Travelingyuk

Siapa sangka Bali punya sisi lain yang begitu eksotis. Padang savana ini membentang begitu luas di kaki Gunung Agung. Posisinya juga tak terpisah jauh dari pantai. Teman Traveler mungkin sudah bisa membayangkan betapa indahnya pemandangan di sini.

Jika beruntung, Teman Traveler bisa melihat keberadaan beberapa ekor kuda di sini. Semuanya adalah peliharaan warga sekitar, yang sengaja ditinggalkan untuk mencari makan.

Savana Tianyar
Beberapa kuda milik warga di sekitar savana (c) Rosita/Travelingyuk

Lantas kapan waktu terbaik untuk mampir ke sini? Semuanya tergantung keinginan Teman Traveler, ingin menyaksikan savana dengan hamparan kuning kecokelatan nan eksotis atau padang rumput hijau.

Jika mampir saat kemarau, kalian bakal mendapat suguhan rumput lapang bercorak kuning kecokelatan. Sebaliknya, saat musim penghujan kawasan ini akan berubah menjadi padang rumput hijau.

Pilih yang manapun tidak masalah. Teman Traveler tetap bisa berfoto dengan latar belakang gagahnya Gunung Agung. Panorama seperti ini tentu tak bisa ditemukan di sudut lain Bali.

Itulah sekilas ulasan mengenai Savana Tianyar di kaki Gunung Agung. Tunggu apa lagi Teman Traveler, segera wujudkan rencana liburan kalian. Jangan lupa mampir ke sini jika sedang jalan-jalan di Bali ya.  Next

ramadan
Warung Ijo Bu Lemu

Warung Ijo Bu Lemu, Mencicipi Sop Bayam yang Sudah Eksis Sejak 1945

Pemandangan di sekitar Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu, Pesona Legendaris Bumi Pasundan