in ,

Tauto Pak Tjarlam, Tawarkan Kenikmatan Sudah Lebih dari Setengah Abad

Tauto Pak Tjarlam, Tempat Berburu Soto Tauco Enak di Pekalongan

Tauto Pak Tjarlam Pekalongan

Pekalongan selama ini terkenal dengan batiknya yang mendunia. Selain itu, Pekalongan juga menawarkan ragam kuliner dengan bercitarasa nendang. Salah satunya adalah Waroeng Pak Tjarlam atau yang dikenal juga dengan Tauto Pak Tjarlam. Tempat makan satu ini merupakan salah satu yang populer dengan suguhan yang nikmat. Menu utamanya adalah tauto. Mari kita bahas lebih dalam mengenai Tauto Pak Tjarlam.

Baca juga : Hotel di Semarang dengan Dekorasi Natal Unik, Ada yang Terbuat Lebih dari 2000 Donat Lho!

Tempat Makan Legendaris yang Sudah Ada Sejak Tahun 1950-an

Suguhan yang bisa dicoba, via Instagram/hazeleufraxiadonna
Suguhan yang bisa dicoba, via Instagram/hazeleufraxiadonna

Soto Pekalongan Pak Tjarlam ini merupakan salah satu pelopor menculnya tauto di Pekalongan. Pasalnya, tempat makan ini telah ada sejak tahun 1950-an. Kini, salah satu lokasi kuliner legendaris di Pekalongan ini telah diteruskan oleh generasi ketiga.

Meskipun telah dikelola oleh generasi penerus, cita rasa yang ditawarkan masih sama lantaran penggunaan resep warisan. Salah satu kenikmatannya lantaran bumbunya diolah sendiri oleh keluarga dari Pak Tjarlam.

Perbedaan Tauto dengan Soto, Beda Tapi Sama-sama Enak

Menu wajib coba, via Instagram/irmaanch
Menu wajib coba, via Instagram/irmaanch

Sebenarnya, tauto ini tidak jauh beda dengan soto. Bedanya hanya penambahan tauco di dalamnya. Untuk satu porsi tauto di tempat makan ini biasanya akan ada nasi atau lontong yang dipadu dengan bihun, rebusan daging saping, kuah kaldu, dan tak ketinggalan daun bawang di atasnya yang membuat aroma makin nikmat. Sangat mantap dinikmati kala hangat.

Pilihan menu yang mak nyus, via Instagram/imeldariana
Pilihan menu yang mak nyus, via Instagram/imeldariana

Salah satu pembeda rasa tauto di sini dengan tempat lainnya adalah cita rasa tauco yang begitu kentara. Tauco di sini merupakan buatan sendiri dan dicampur bahan-bahan seperti halnya cabai, bawang merah, bawang putih, serta kemiri yang membuat rasanya makin nikmat. Banyak tempat makan lain yang menawarkan tauto, namun rasanya tidak sama.

Satu lagi yang membuat tempat makan ini berbeda dari yang berada di Pekalongan. Bagaimana tidak, sesekali kamu akan mendengar gebrakan dari botol kecap di atas meja. Ini akan membuat kaget mereka yang baru pertama kali ke sini. Sensasi cita rasa dan pengalamannya yang susah untuk dilupakan.

Loksi Tauto Pak Tjarlam yang Tak Pernah Pindah

Lokasi yang sederhana, via Instagram/dh_282
Lokasi yang sederhana, via Instagram/dh_282

Tauto Pak Tjarlam ini merupakan sebuah kios kecil dan sederhan yang sejak pertama dibuka berada di tempat yang sama. Lokasinya berada di Jl. Cipto yang tidak jauh dari Plaza Pekalongan dan Alun-alun. Lokasinya persis di sebelah Pasar Senggol yang dahulunya merupakan gedung bioskop yang cukup ramai pengunjung. Sayangnya, bioskop ini terpaksa tutup lantaran krisis moneter.

Kuliner legendaris, via Instagram/dh_282
Kuliner legendaris, via Instagram/dh_282

Kiosnya memang tak terlalu besar, namun pelanggan telah setia datang ke sana. Tempat makan ini buka mulai dari 08:00-17:00 WIB. Oh iya Teman Traveler, tempat makan legendaris di Pekalongan ini telah memiliki beberapa cabang di dalam atau luar kota. Harga satu porsi tauto di sini dibanderol Rp35.000 sampai dengan Rp40.000 per Januari 2019 ini.

Tauto Pak Tjarlam Pekalongan
Tauto Pak Tjarlam Pekalongan via Instagram/@fransi_96

Kuliner Pekalongan memang beragam dan enak-enak. Maka dari itulah, jangan lupa coba Tauto Pak Tjarlam ini saat berkunjung ke Kota Batik. Ada yang sudah pernah coba? Next

ramadan

Taman Bunga Puncak Tonang, Berada di Ketinggian Pasaman Sumbar yang Cantiknya Seperti di Jepang

Resort Bali Pilihan Aura Kasih

The Kayon Jungle, Resort Bali Pilihan Aura Kasih untuk Bulan Madu