in , ,

Telaga Remis, Wisata Tersembunyi di Jawa Barat dengan Pemandangan yang Memikat

Telaga Remis

Memang benar ungkapan bahwa Indonesia merupakan potongan surga yang jatuh ke bumi. Ada banyak sekali tempat-tempat wisata indah tersembunyi yang bisa kamu temukan di Indonesia, salah satunya adalah Telaga Remis yang terletak di Jawa Barat.

Baca juga : Tak Hanya Pantai, Primadona Banten Sawarna Punya Sejumlah Destinasi Cantik Ini

Danau ini menawarkan pemandangan indah suasana alam yang hijau dengan hutan pinus yang asri. Berada di sini, kamu bakal merasakan kesejukan yang menenangkan.

Mitos terbentuknya Telaga Remis

Nama Telaga Remis sendiri diambil dari dua kata, telaga dan remis. Remis merupakan jenis kerang-kerangan yang bisa ditemukan di danau. Selain itu, ada mitos tersendiri yang disebut menjadi asal-usul tempat ini. Masyarakat sekitar percaya bahwa danau ini berasal dari air mata Pangeran Selingsingan yang menangis tanpa henti, setelah menyaksikan peperangan antara Elang Sutajaya dan Purabaya.

Telaga Remis
Telaga Remis via Kompas.com

Setelah Purabaya tertusuk keris Elang Sutajaya, ia memberikan nasihat bahwa tak ada muslim yang memulai perang dan membunuh. Karena peperangan ini, Purabaya akhirnya menjadi seekor bulus atau kura-kura yang mendiami telaga tersebut.

Tempat yang cocok untuk menikmati alam

Terletak di kawasan Desa Kaduela, wisata ini sangat pas menjadi destinasi bagi kamu yang ingin berwisata dan menikmati sejuknya alam. Suasana permai pepohonan pinus bisa kamu temukan saat berkunjung ke sini. Suara kicauan burung-burung juga akan menambah ketenangan selama berada di sekitar area wisata.

Telaga Remis
Bebek air di Telaga Remis via Indonesiakaya

Selain itu, daya tarik utamanya tentu air telaga yang jernih dan tenang. Wisata ini merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan sejak lama, tepatnya di tahun 1980 hingga 1990-an. Bahkan, dibuatkan lagunya oleh Nano. S dengan judul yang sama.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Telaga Remis

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di sekitar telaga. Bagi kamu yang suka berjalan kaki, kamu bisa mengelilingi telaga di jalur khusus yang sudah disediakan. Jalur tersebut juga bisa dipakai untuk pesepeda.

Telaga Remis
Bersepeda di area Telaga Remis via nativeindonesia

Jika datang bersama keluarga, kamu bisa juga mengelilingi telaga menggunakan wahana sepeda air dan perahu. Selain itu, di telaga ini kamu juga bisa memancing, ada berbagai aneka ikan yang bisa kamu bawa pulang, seperti ikan mas dan ikan mujair.

Tiket masuk dan fasilitas di tempat wisata

Jika kamu ingin berkunjung ke sini, kamu bisa datang pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Wisata ini buka dari hari Senin-Minggu dengan harga tiket masuk Rp7.500, untuk parkir motor wisatawan hanya perlu membayar Rp3.000, sedangkan parkir mobil dikenai Rp5.000.

Telaga Remis
Plang masuk ke wisata Telaga Remis via Indonesiakaya

Sebagai salah satu tempat wisata yang eksis lebih dari 50 tahun, berikut ini fasilitas yang bisa dinikmati di danau ini. Gazebo dan penyewaan tikar (yang cocok untuk kamu yang mau piknik bersama orang-orang tersayang), ayunan air, warung tempat membeli makanan dan minuman. Area parkir yang disediakan juga cukup luas dan bisa menampung banyak kendaraan.

Nah, itulah sekilas tentang wisata Telaga Remis yang berada di Jawa Barat. Telaga ini merupakan tempat yang cocok untuk rehat sejenak menenangkan pikiran dari aktivitas yang penat. Next

ramadan
Festival layang-layang internasional diselenggarakan di India

Simak Fakta Menarik Dari Hari Layang-Layang Internasional, 14 Januari 2023

Desa dengan Nama Terpendek di Dunia, Hanya Satu Huruf