in , ,

Telaga Sarangan, Tempat Wisata Seru yang Sejuk dan Komplit

Telaga Sarangan, Tempat Wisata Seru yang Sejuk dan Komplit

Siapa yang tidak ingin pergi berlibur di tempat indah, sejuk dengan fasilitas lengkap. Telaga Sarangan adalah pilihan yang tepat. Disana Teman Traveler bisa bersantai di akhir pekan sambil menikmati beberapa kegiatan yang akan membuat segar kembali setelah lelah bekerja.

Baca juga : Eksplorasi Destinasi Wisata di NTT Pilihan Chicco Jeriko, Mulai dari Air Terjun sampai Desa Adat

Lokasi Telaga Sarangan

611magetan_1280x960_ejf.jpg
Telaga Sarangan (c) Teguh Rochmat/travelingyuk

Telaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng, Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan, memiliki luas sekitar 30 hektar dan kedalaman 28 meter, dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celcius. Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Fasilitas yang Ada

Telaga Sarangan adalah objek wisata andalan kabupaten Magetan yang di sekelilingnya terdapat dua hotel berbintang, yaitu 43 hotel kelas melati dan 18 pondok wisata. Selain itu, terdapat puluhan kios cendra mata. Teman Traveler juga bisa menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga atau mengendarai kapal cepat. Untuk tarif berkuda cukup murah, yaitu Rp50.000 sekali putaran. Setiap kuda sudah diberi penampung kotoran masing-masing, jadi walau banyak kuda di sini tidak lantas membuat jalan di sekitar telaga jadi tercemar oleh kotoran kuda. Fasilitas yang ada di sana pun sudah sangat lengkap, seperti rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, tempat ibadah dan taman.

images__2__1024x1024_jug.jpeg
Telaga Sarangan (c) Teguh Rochmat/travelingyuk

Harga dan Operasional

Untuk tiket masuknya cukup terjangkau. Orang dewasa Rp19.000, sedangkan anak-anak sekitar Rp14.000. Itu semua sudah termasuk asuransi Jasa Raharja. Lalu untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp2000 dan roda empat Rp5000.

images__4__1280x874_Iyh.jpeg
Telaga Sarangan (c) Teguh Rochmat/travelingyuk

Keberadaan 19 rumah makan di sekitar telaga menjadikan para wisatawan memiliki banyak alternatif pilihan menu. Hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga adalah sate kelinci. Magetan juga tertolong dengan adanya potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk suvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli,yaitu kerupuk dari nasi) yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Event Tahunan Di Telaga Sarangan

img_20181029_wa0041_1280x960_iEE.jpg
Telaga Sarangan (c) Teguh Rochmat/travelingyuk

Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram dan pesta kembang api di malam pergantian tahun yang sayang untuk dilewatkan.

sarangan_pasar_1280x720_qCU.jpg
Telaga Sarangan (c) Teguh Rochmat/travelingyuk

Pusat Oleh-oleh dan Kuliner

Banyak penjual buah, sayur, baju, suvenir dan lain-lain. Di sini juga banyak ibu-ibu yang keliling menjual makanan yang digendong seperti penjual jamu gendong. Makanannya beragam, ada jajanan pasar, kacang rebus, nasi pecel dan lain-lain. Pemandangannya sangat indah dan udaranya sejuk, cocok sekali untuk mendampingi makanan lezat tersebut.

images__3__1280x1017_EVw.jpeg
Telaga Sarangan (c) Teguh Rochmat/travelingyuk

Setelah melihat ulasan di atas, apaka Teman Traveler tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang memiliki fasilitas lengkap dan kulinernya yang lezat ini? Next

ramadan

Gunakan SIM Card Lokal Saat Berlibur ke Thailand

Terang Bulan Dokpri Bantul

Terang Bulan Dokpri, Nostalgia Jajanan Jadul Favorit di Bantul