in ,

10 Destinasi Bulan Madu yang Terjangkau dan Memukau

Jika kamu baru saja sah jadi suami istri, maka selamat ya kamu sedang membaca ulasan yang tepat. Sudah jadi impian setiap pasangan untuk bisa memadu kasih di tempat yang keren dan romantis abis, kamu bisa menyebutnya dengan kegiatan bulan madu. Itulah mengapa banyak pasangan yang sampai pergi Dubai atau menyelami beningnya lautan di Maldive hingga makan malam di Paris hanya untuk saling membahagiakan satu sama lain. Namun jika kamu tidak bisa melakukan itu lantaran budget, tidak peru khawatir. Masih ada tempat bulan madu yang bisa kamu datangi dengan harga terjangkau berikut ini.

Baca juga : Bukan di Belanda, Tapi Dam Keren Ini Ada di Indonesia

1. Pantai Ora

Pulau Ora [image source]

Sebuah pantai berpasir putih yang berada di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Secara administratif terletak di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Mulai dikenal luas sejak tahun 2011 lalu, hingga kini lokasi wisata ini telah berhasil menyedot banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Memiliki dataran yang sempit didominasi tebing atau bukit batu sehingga jika berkunjung kemari serasa berada di pulau pribadi. Kegiatan yang biasa dilakukan pengunjung saat datang kemari adalah snorkeling, menyelam, atau berkeliling ke pulau kecil di sekitar dengan menggunakan perahu. Di atas perairan dangkalnya dibangun sebuah penginapan bergaya tropis bernama Ora Beach Resort.

Pantai Ora [image source]

Daya tarik yang dimiliki Pantai Ora antara lain, memiliki pasir berwarna putih bersih, air laut biru nan jernih, serta terdapat beragam biota laut dan terumbu karang cantik yang bahkan dapat dilihat dari atas resort. Tidak sedikit pengunjung yang mengatakan bahwa keindahannya hampir sama seperti di Maldives, Boracay, dan Bora-Bora yang terletak di luar negeri. Untuk dapat mencapai lokasi ini, pengunjung memang harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Dari Bandara Pattimura Ambon perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal cepat selama sekitar 2 jam, kemudian melalui jalan darat kurang lebih 2 jam, dan yang terakhir menyeberangi dermaga selama 10 menit.

Lokasi : Pantai Ora, Pulau Seram, Maluku

2. Pulau Tumbak

Pulau Tumbak [image source]

Mungkin lokasi wisata yang pertama muncul di benakmu jika mendengar Sulawesi Utara adalah Taman Laut Bunaken yang namanya telah tersohor hingga ke mancanegara. Tapi jangan salah, masih ada surga tersembunyi yang keindahannya tak kalah mengagumkan dari Bunaken yaitu Desa Tumbak. Secara administratif terletak di Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara. Dapat dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Manado.

[image source]

Menikmati panorama di Pulau Tumbak tidak cukup sehari saja. Karena selain memiliki keindahan bawah laut yang eksotis, di sekitarnya juga terdapat beberapa pulau kecil tak berpenghuni dengan hamparan pasir putih. Untuk menginap tersedia fasilitas cottage yang berada di tengah laut, sekitar 10 menit perjalanan dengan menggunakan perahu dari perkampungan. Rasakan ketenangan luar biasa seperti berada di pulau pribadi dimana tidak ada seorangpun yang dapat mengganggu.

Lokasi : Tumbak, Pusomaen, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara

3. Ubud Bali

Hotel di Ubud Bali menyajikan pemandangan khas pedesaan [image source]

Pulau Dewata memang menyimpan sejuta pesona yang selalu mampu mencuri perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap kawasan di Pulau Dewata memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Daerah Ubud contohnya, merupakan kawasan yang terkenal sebagai tempat berbulan madu karena suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian. Di sekitarnya terdapat areal persawahan yang luas dan pemandangan hijau sepanjang mata memandang.

Nikmati sensasi kencan berdua di tengah area persawahan Ubud [image source]

Berbagai macam penginapan seperti hotel, villa, dan resort pun berkembang pesat di Ubud. Mulai dari yang murah hingga yang harganya selangit dengan berbagai fasilitas premium juga bisa kamu temukan di sini. Beberapa penginapan yang cukup terkenal seperti Puri Sebatu Resort, Fivelements Puri Ahimsa, serta Alila Ubud Hotel menawarkan sensasi bulan madu yang istimewa bagi pasangan. Private pool serta kamar yang menyatu dengan alam dan panorama khas pedesaan menjadi beberapa kelebihan yang dimiliki.

Lokasi : Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

4. Pulau Cubadak

Cubadak [image source]

Sebuah pulau dengan luas wilayah sekitar 5.749 kilometer persegi di lepas pantai Sumatera Barat. Kawasannya masih sangat alami dengan udara bersih, laut biru yang jernih, pantai berpasir putih bersih dan deretan pohon kelapa yang rindang. Secara administratif berada di Kecamatan XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau Cubadak memiliki spot menyelam yang kaya akan terumbu karaeng dan biota laut sehingga lokasi ini dapat dikatakan sebagai surganya para penyelam.

[image source]

Terdapat sebuah resort bernama Paradiso Village dengan berbagai fasilitas lengkap mulai dari kamar dengan interior mewah hingga aneka water sport seru. Dengan adanya resort ini semakin banyak wisatawan terutama dari mancanegara yang berkunjung ke Pulau Cubadak. Tidak terlalu sulit untuk dapat mencapai lokasi ini. Dari Bandara Minangkabau, Padang kamu bisa langsung menuju Pantai Carocok, Kota Painan. Dari sana kemudian dilanjutkan dengan perjalanan laut menggunakan speedboat selama 20 menit.

Lokasi : Pulau Cubadak, Sumatera Barat

5. Pulau Umang

Pulau Umang [image source]

Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta menjadikan tempat ini sebagai salas satu destinasi wisata yang recommended untuk berbulan madu singkat bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang. Secara administratif terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantainya tergolong masih alami belum banyak tersentuh tangan manusia. Disini kamu akan menemukan hamparan pasir putih bersih sepanjang mata memandang dengan laut biru nan jernih serta ombak yang relatif tenang.

[image source]

Tidak terlalu sulit untuk dapat mencapai pulau ini. Dari Jakarta kamu akan menempuh jarak sejauh 183 km dengan waktu sekitar 6 jam. Setelah sampai di Kecamatan Sumur, perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Umang dengan kisaran waktu 5-8 menit. Jika ingin bermalam di sini sudah tersedia penginapan mewah dengan fasilitas lengkap yaitu Pulau Umang Resort & Spa yang siap memanjakan liburanmu.

Lokasi : Pulau Umang, Sumberjaya, Sumur, Banten

6. Kampung Sampireun Resort & Spa

Kamping Sampireun [image source]

Secara administratif terletak di Sukakarya, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Resort ini tergolong unik karena berada di tengah danau dan mengusung tema Sunda yang kental. Sehingga dapat dilihat dari bangunan kamar yang disediakan, seluruhnya bergaya tradisional terbuat dari kayu dan bambu. Uniknya, jika akan memasuki bungalow, tamu akan diantarkan oleh staf hotel dengan menggunakan perahu.

Kampung Sampireun [image source]

Berada di dataran tinggi membuat udara di sini selalu terasa sejuk. Nikmati suasana tenang ala pedesaan dengan pepohonan hijau yang menjulang di sekitarnya. Karena cottage berada di tepi danau yang hanya dapat dicapai dengan perahu, membuat privasi sangat terjamin saat menginap di sini. Sangat cocok untuk mereka yang ingin berbulan madu dengan pasangan.

Lokasi : Jl. Raya Samarang Kamojang Km. 4, Ciparay, Sukakarya, Semarang

7. Danau Toba

Indahnya panorama Danau Toba [image source]

Jika kebanyakan destinasi bulan madu berada di tepi pantai, maka di sini kamu bisa coba sensasi berbeda dengan menghabiskan waktu bersama pasangan di tepi danau yang sudah terkenal keindahannya. Kawasan ini pun menyimpan legenda tentang janji antara sepasang suami istri yang telah menyebar luas di masyarakat. Tidak hanya wisatawan lokal, turis asing dari berbagai belahan dunia pun sering berkunjung kemari.

Menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian [image source]

Kecantikan alam di Danau Toba memang tak akan dapat ditemui di tempat lain. Berbagai hotel dan villa dengan fasilitas menarik sudah tersedia di kawasan ini. Harganya pun beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Beberapa penginapan yang sering digunakan pasangan baru untuk berbulan madu yaitu Danau Toba International Cottage, Pandu Lake, dan Bagus Bay.

8. Pulau Bintan

Bintan [image travelingyuk]

Sebuah pulau yang secara administratif berada di Provinsi Kepulauan Riau. Tujuan utama wisatawan datang ke pulau ini adalah Bintan Resort dengan pantai indahnya yang berpasir putih seluas 23.000 ha. Berbagai fasilitas modern tersedia disana seperti kamar dengan interior serba mewah, sarana hiburan yaitu bar, kolam renang, hingga water sport semua dapat dinikmati dalam satu area. Tamu pun tak segan merogoh kocek agak dalam untuk menikmati segala kenyamanan yang ditawarkan.

Bintan [image travelingyuk]

Selain itu masih ada banyak kekayaan yang tersimpan di Pulau Bintan. Beberapa diantaranya yaitu wisata alam seperti Pantai Sakera, Trikora, dan Lagoi, wisata religi Vihara Ksitigarbha Bodhisattva dan Avalokitesvara Graha, dan lainnya. Karena sudah banyak dikunjungi wisatawan, sarana transportasi di pulau ini pun sudah sangat memadai demi kenyamanan para tamu yang datang kemari.

Lokasi : Pulau Bintan, Kepulauan Riau

9. Gili Nanggu

Gili Nangu [image source]

Jika mendengar nama Pulau Lombok, yang pertama kali ada di benakmu tentu adalah Gili Trawangan yang keindahannya sudah tersohor hingga ke mancanegara dan tidak pernah sepi pengunjung. Tapi taukah kamu bahwa sebenarnya masih ada tempat lain yang tak kalah mempesona? Gili Nanggu, sebuah pulau kecil yang kini mulai dilirik wisatawan karena keelokannya. Berada di pesisir barat Pulau Lombok atau secara administratif terletak di Kecamatan Sekoltong, Kabupaten Lombok Barat.

Gili Nangu [image source]

Seperti Gili Trawangan dan gili lainnya yang terdapat di Lombok, disini kamu juga dapat menemumukan pantai indah dengan hamparan pasir putih serta laut berwarna biru jernih. Perpaduan keduanya begitu sedap dipandang mata, Suasana alamnya pun masih asri dan tenang karena belum banyak yang datang kemari. Sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi berbulan madu bagi pasangan baru.

Lokasi : Gili Nanggu, Sekotong Barat, Nusa Tenggara Barat

10. Pulau Derawan

Derawan [image source]

Destinasi wisata yang secara administratif terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ini memang pantas disebut sebagai salah satu surga dunia yang dimiliki Indonesia karena kaya akan keindahan alam baik di atas maupun di dasar lautnya.

Derawan [image source]

Dari atas laut, Pulau Derawan menyajikan sebuah hamparan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, serta rumah-rumah sederhana sebagai penginapan yang menjorok ketengah laut hampir 100 meter yang membuat kita dapat menikmati beraneka ikan warna-warni yang bebas berenang di dalam air.

Lokasi : Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Itulah tempat bulan madu yang seru dan pastinya tidak menyita biaya banyak. Bahagia itu bukan tentang seberapa jauh jarak yang kita tempuh. Tapi bagaimana melihat keindahan di setiap jengkal yang kita lewati. Selamat berbulan madu! Next

ramadan

Written by Atikah W

I love Traveling

5 Objek Wisata yang Bisa Dikelilingi Dengan Naik ATV

Kuliner Jogja Murah dan Enak di Sekitar Malioboro