in ,

Cara Pilih Tempat Duduk di Pesawat Untuk Meminimalisir Efek Turbulensi

Tips Memilih Tempat Duduk di Pesawat

Turbulensi
Turbulensi

Meski berada dalam satu penerbangan, tapi para penumpang ternyata tidak merasakan efek turbulensi secara sama rata. Penyebabnya adalah bentuk dan bagian pesawat yang diterpa oleh angin sehingga menimbukan getaran hebat di satu bagian, tapi tidak di bagian lain. Seorang pilot bernama Jonny Knowlson membagikan tips pilih tempat duduk pesawat untuk menghindari efek turbulensi yang hebat, seperti dilansir dari Daily Mail.

Baca juga : Cantiknya Gugusan Pulau Babel, Surga di Barat Indonesia

Turbulensi itu Wajar

Turbulensi Pesawat
Efek Turbulensi Pesawat via Science ABC

Sebelum membahas soal tempat duduk, sebaiknya kamu tahu dulu bahwa turbulensi atau guncangan pesawat selma penerbangan itu ternyata adalah hal yang lumrah. Peristiwa tersebut terjadi karena pesawat melewati jalur dengan angin yang berhembus kencang. Bisa juga terjadi karena badai atau berada di dekat area pegunungan.

Turbulensi Pesawat
Eefek Turbulensi Pesawat via Science ABC

Jenis Turbulensi yang Berbahaya

Ilustrasi clear air turbulence
Ilustrasi clear air turbulence via YouTube

Meski begitu, ada saat-saat di mana turbulensi bisa sangat berbahaya. Dunia penerbangan menyebutnya dengan clear air turbulence. Guncangan terjadi saat pesawat sedang melewati jalur dengan cuaca yang bagus. Langit pun kelihatan cerah. Karena terjadi tiba-tiba, awak kapal jadi tidak punya waktu untuk memperingatkan penumpang agar kembali ke tempat duduknya.

Tempat Duduk yang Tepat

Pilih Tempat duduk di dekat sayap pesawat
Pilih Tempat duduk di dekat sayap pesawat via Quora

Untuk menghindari efek turbulensi yang sering dianggap sebagai ‘kiamat kecil’ oleh para penumpang, kamu bisa memilih tempat duduk yang tepat. Sebenarnya setiap area memiliki keunggulan masing-masing. Nah khusus untuk kamu yang takut banget dengan guncangan, bisa memilih tempat duduk di dekat sayap pesawat. Area tersebut merupakan pusat dari titik massa atau berat pesawat terbang.

Pilih Tempat duduk di dekat sayap pesawat
Pilih Tempat duduk di dekat sayap pesawat untuk mengurangi efek turbulensi via Medium

Manfaatkan tips pilih tempat duduk pesawat untuk mendapatkan kenyamanan selama penerbangan seperti yang kamu inginkan. Kamu sering plesir dengan pesawat? Suka duduk di mana nih? Next

ramadan
Pantai di Lumajang

4 Pantai di Lumajang, Tempat Menyapa Keindahan Alam

Belajar Sopan Santun dari Rumah Adat Desa Sasadu Maluku