in , ,

Tempat Makan Bernuansa Kain Khas Indonesia, Pupuk Nasionalisme Lewat Kuliner

Inilah Daftar Tempat Makan Bernuansa Kain Khas Indonesia

via Instagram/elidaze
via Instagram/elidaze

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan alam, kuliner, tradisi dan budaya. Soal warisan budaya, ada kain tradisional Indonesia yang luar biasa indah dan jadi kebanggaan. Tak hanya batik, ada songket, lurik, tenun dan lain sebagainya. Bisa nih kulineran sambil memupuk rasa cinta pada tanah air. Yuk kita list tempat makan bernuansa kain khas Indonesia. Biar saat makan, kamu tetap bangga akan Indonesia. Mana saja, ya?

Baca juga : The Garden Coffee & Arts, Ketika Kopi dan Seni Menyatu di Bandung

Double Ikat Restaurant, Bali

Double Ikat Restaurant, via Instagram/tabithabudiman
Double Ikat Restaurant, via Instagram/tabithabudiman

Tempat kuliner di Kuta Bali ini mengusung konsep plating yang cantik dengan menyajikan beragam kuliner Indonesia. Double Ikat Restaurant berada di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa, Jl. Pantai Balangan 1 No. 1, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Restoran di Kita ini buka mulai dari jam 06:00 hingga pukul 23:00 WIB.

Satu lagi yang akan bikin kamu betah, suasana di dalamnya sangat kental Indonesia. Interiornya berupa tenun ikat yang cantik. Sembari menunggu makanan datang, kamu juga bisa menyaksikan beragam kain tenun yang telah disediakan.

Batik Restaurant and Bar, Bali

Batik Restaurant and Bar, via Instagram/elidaze
Batik Restaurant and Bar, via Instagram/elidaze

Masih mengusung kain Indonesia Batik, di Bali ada yang menawarkan konsep kain khas Indonesia yang kental, yaitu Batik Restaurant and Bar. Di sini bahkan batik-batiknya diberi nama daerah asal di Indonesia dan lokasi produksinya.

Mulai dari tempat duduk, ornamen, sampai tangga semuanya bemotif batik, sangat memanjakan mata. Lokasinya berada di Jl. Kayu Aya, Oberoi, Seminyak, Bali. Bukanya mulai dari jam 11:00 hingga pukul 24:00 WIB. Matamu akan dimanjakan oleh berbaai interior batik. Coba saja mampir jika sedang berada di Seminyak, Bali.

Batik Kafe & Lounge, Jakarta

Batik Cafe and Lounge, via Instagram/rumahbatoe
Batik Cafe and Lounge, via Instagram/rumahbatoe

Batik memang sudah lama ditetapkan jadi hiasan berbagai aksesori, termasuk untuk furnitur. Karena hal itulah tak mengherankan jika banyak tempat makan yang mengusung konsep batik. Tak terkecuali dengan yang terdapat di Jakarta, namanya adalah Batik Cafe & Lounge yang berlokasi di lantai 2, Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

Tempat ini memiliki luas kurang lebih 200 meter dengan suasana yang begitu homey. Di dalamnya, berjajar tempat duduk dengan nuansa batik kawung. Di beberapa sudut ruangan juga ada tempat dengan sofa yang cantik dengan motif batik Cirebon Megamendung.

Lurik Coffee and Kitchen, Jakarta

Lurik Coffee and Kitchen, via Instagram/ninaberlian
Lurik Coffee and Kitchen, via Instagram/ninaberlian

Tempat makan bernuansa kain khas Indonesia yang tak kalah dari yang sebelumnya, ada Lurik Coffee and Kitchen yang baru buka pada 23 Juli 2018 yang lalu. Ini merupakan kafe yang belokasi di Lippo Mall Karang. Namanya unik, karena ini memang bernuansa kain tenun benang yang berasal dari Jawa Tengah. Kain di sini bermotif garis-garis kecil atau kotak-kotak dengan warna yang gelap yang umumnya diselingi dengan warna benang.

Kafe ini merupakan milik dari selebriti Ussy Sulistowati dan Andhika Prataman yang mengusung konsep tradisional dengan cara yang lebih modern. Banyak interior lawas, sehingga kesannya lebih vintage. Lokasi tempat makan ini berada di Lippo Mall Kemang lantai UG FI, Unit 0-D dan bukanya mulai jam 10:00 hingga pukul 22:00 WIB.

Bisa jadi lokasi OOTD sembari memupuk jiwa nasionalisme. Jadi, tunggu apa lagi, jangan segan-segan untuk berkunjung ke tempat makan bernuansa kain khas Indonesia tersebut. Mau coba yang mana dulu? Next

ramadan
Paula Verhoeven Liburan di Jepang

Serunya Liburan Paula Verhoeven di Jepang, Sempatkan Makan di Restoran yang Dilayani Geisha

Hotel Pinewood di Bogor

Hotel Pinewood Bogor dengan Spot Foto Berlimpah, Berasa Liburan di Eropa