in , , ,

Tempat Sakral di Dunia, Dianggap Paling Suci Untuk Wisata Religi

fi tempat sakral di dunia

Sekian banyaknya lokasi liburan di belahan bumi ini dengan pemandangan indah ada juga tempat yang dianggap paling suci. Berikut daftar tempat sakral di dunia, biasanya dijadikan tujuan wisata religi berbagai agama dan kepercayaan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Pemandi Telogo Sewu, Segarnya Bikin Capek Jadi Hilang

1. Mekah, Arab Saudi

mekah arab saudi
Ilustrasi via pexels Haydan As-soendawy

Pertama ada tempat suci agama Islam yaitu berada di Mekah Arab Saudi, kota dengan bukit berpasir ini merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sepanjang tahun akan banyak umat Muslim dari penjuru dunia melakukan wisata religi. Beribadah sesuai rukun islam yaitu pergi haji, setiap tahunnya ada jutaan orang melakukan ibadah di Mekah. Tidak semua orang dapat memasuki Mekah hanya umat Islam yang diperbolehkan.

2. Bethlehem, Palestina

bethlehem palestina
Ilustrasi via pexels Katie Evensen

Kemudian ada kota Bethlehem di Palestina, salah satu tempat yang dianggap suci oleh umat Kristiani. Tempat kelahiran Yesus Kristus ini akan ramai dikunjungi saat Hari Natal tiba, bagian Manger Square dipenuhi berbagai pohon natal. Selain itu ada lokasi di sekitarnya yang sering didatangi untuk wisata religi seperti Gereja Nativity, Rachel’s Tomb, dan juga Masjid Omar.

3. Vatikan

vatikan
Ilustrasi via pexels Gizem

Berikutnya ada Negara Vatikan tempat suci umat Katolik yang menyimpan sejarah dan pengetahuan tentang agama Katolik. Banyak lokasi menarik untuk dijelajahi terutama Basilica Santo Petrus salah satu gereja terbesar di dunia. Lalu mengunjungi Museum Vatikan, berisi karya seni hasil tangan seniman-seniman besar dunia seperti Leonardo da Vinci.

4. Uluru-Kata Tjuta, Australia

uluru-kata tjuta australia
Ilustrasi via instagram dani9204

Selanjutnya ada Uluru-Kata Tjuta atau disebut Uluru merupakan sebuah perbukitan dua formasi batu monolit raksasa. Salah satu situs warisan dunia UNESCO ini, sering dijadikan objek wisata sebab pemandangannya yang eksotis. Tempat ini juga dianggap suci oleh suku Aborigin Pitjantjatjara. Dipercaya dibangun oleh nenek moyang mereka dan tempat bersemayamnya, penduduk asli Australia juga masih melakukan ritual keagamaan di sini.

5. Gunung Kailash, Tibet

gunung kailash
Ilustrasi via instagram people_and_country

Terakhir ada Gunung Kailash yang terletak di wilayah Tibet merupakan tempat suci bagi umat Buddha, Hindu, Jainisme, dan Bonpo. Selama ribuan tahun tempat ini didatangi untuk wisata religi, pemeluk agama-agama tersebut melakukan ritual hanya di kaki Gunung Kailash sebab mendaki gunung sampai puncak dianggap tabu mengganggu kesakralan area gunung. Tetapi dengan mengitari area kaki gunung puluhan kilometer, dipercaya dapat menghapus dosa seumur hidup.

Demikian ulasan tempat sakral di dunia yang dianggap suci oleh berbagai agama dan kepercayaan di muka bumi. Pernah datang ke salah satu lokasinya Teman Traveler? Next

ramadan

Pesona Lautan Awan di Puncak Gunung Buthak Malang

fi gua dgn kolam alami

Gua Dengan Kolam Alami di Indonesia, Kesegaran Sumber Air Murni