in , , ,

Gua Dengan Kolam Alami di Indonesia, Kesegaran Sumber Air Murni

fi gua dgn kolam alami

Menjelajahi perut bumi memang sangat menantang, biasanya ditemui sumber mata air di dalamnya. Berikut ini daftar gua dengan kolam alami di Indonesia, setelah lelah menyusuri kedalamannya bisa merasakan kesegaran sumber air murninya. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : 4 Wisata Buatan Sumatera Utara yang Seru Dibuat Berlibur

1. Gua Halo Tabung, Kalimantan Timur

gua halo tabung
Ilustrasi via instagram rennadyanareal

Pertama ada Gua Halo Tabung terletak di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, memiliki kedalaman 17 meter seperti sebuah kolam kecil. Kolam alami di dalam gua ini sangat jernih berwarna kebiruan, airnya mempunyai rasa asin seperti air laut. Teman Traveler bisa terjun bebas untuk merasakan kesegarannya namun harus tetap berhati-hati karena dikelilingi bebatuan sangat tajam.

Gua Halo Tabung berlokasi di Teluk Harapan, Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jarak dari Bandara Maratua 3,2 km hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit perjalanan. Biaya tiket masuk wisata Rp 20.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

2. Gua Rangko, NTT

gua rangko
Ilustrasi via instagram donisukardo

Selanjutnya ada Gua Rangko, sebuah gua dengan berbagai macam bentuk stalaktit eksotis, ditambah ada kolam alami berair asin berwarna kebiruan yang sangat cantik. Teman Traveler harus melewati tebing dan pantai untuk sampai di dalam mulut gua. Lalu menikmati kesegaran airnya dengan berenang bisa dilakukan di sini atau mengabadikan momen berfoto.

Gua Rangko berlokasi di Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekitar 15 km dari Labuan Bajo dapat ditempuh sekitar 27 menit perjalanan. Biaya masuk wisata Rp 20.000 per orang dan sewa perahu Rp 250.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

3. Gua Lakasa, Sulawesi Tenggara

gua lakasa
Ilustrasi via instagram sumurdiladang

Kemudian ada Gua Lakasa juga memiliki keindahan stalagmit dan stalaktit yang menghiasi dinding gua, selain itu terdapat kolam alaminya yang jernih berwarna kebiruan. Kedalamannya mencapai 120 meter dengan jalur cukup terjal dan berbahaya, untuk itu perlu memakai peralatan memadai serta berhati-hati. Semua akan terbayar saat sampai di kolam alaminya, jangan lewatkan berenang merasakan kesegaran airnya Teman Traveler.

Gua Lakasa berlokasi di Sulaa, Betoambari, Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara. Dari pusat kota Bau Bau berjarak 10 km dapat ditempuh selama 14 menit perjalanan. Biaya tiket masuk Rp 10.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

4. Gua Hawang, Maluku Tenggara

gua hawang
Ilustrasi via instagram hardyzk

Berikutnya ada Gua Hawang atau disebut Air Gua terletak di Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara. Selalu menjadi lokasi wisata alam menantang yang menyenangkan untuk dikunjungi. Trekking menuju gua cukup melelahkan sebab jalan setapaknya menurun tetapi akan terbayarkan saat melihat keindahan air kolam alami yang jernih kebiruan dihiasi stalagmit dan stalaktit di atasnya.

Gua Hawang berlokasi di Hoat Sorbay, Letvuan, Kei Kecil, Maluku Tenggara, sekitar 15 km dari kota Langgur. Tiket masuk wisata Rp 5.000 per orang, dan biaya parkir Rp 5.000-Rp 10.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari.

Demikian ulasan daftar gua dengan kolam alami di Indonesia, bisa dijadikan referensi wisata Teman Traveler selanjutnya. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi tempat sakral di dunia

Tempat Sakral di Dunia, Dianggap Paling Suci Untuk Wisata Religi

fi kuliner khas cirebon

Kuliner Khas Cirebon, Lezat Dinikmati Sebagai Menu Makan Malam