in ,

Tempat Wisata Gratis di Tuban, Liburan Nggak Harus Mahal!

Wisata di Tuban, Gratis Bikin Liburan Jadi Makin Asyik

Wisata di Tuban yang gratis.
Wisata di Tuban yang gratis.

Berada di wilayah pesisir Jawa Timur, wisata yang paling banyak dicari jika berkunjung ke Tuban adalah pantainya. Namun kota ini memiliki banyak pesona lain selain laut yang wajib disaksikan sendiri keindahannya. Kali ini Travelingyuk akan mengajak Teman Traveler mengunjungi tempat wisata gratis di Tuban yang tak kalah indah dengan pantainya. Penasaran? Bisa langsung baca artikel di bawah ini ya!

Baca juga : 10 Kedai Kopi di Jakarta dengan Biji Asli Nusantara, Pas untuk Pecinta Ngopi Sejati

Klenteng Kwan Sing Bio

Kelnteng Kwan Sing Bio
Klenteng Kwan Sing Bio via Instagram/masedy80

Kwan Sing Bio ini merupakan klenteng megah yang ada di Jl. R.E. Martadinata, No.1, Karangsari, Tuban. Tempat ibadah ini pun diklaim menjadi satu-satunya klenteng yang menghadap laut bebas di Indonesia. Dari tahun ke tahun, bangunan dari klenteng terus berkembang terutama di bagian belakang. Teman Traveler dapat melihat kekentalan budaya Tiongkok di sini tanpa harus dipungut biaya. Hal yang membuat menarik adalah klenteng Kwan Sing Bio menyediakan penginapan gratis yang dapat menampung ribuan pengunjung, makanan gratis setiap hari, dan para pengunjung dapat dengan bebas berfoto-foto.

Air Terjun Bongok

Air Terjun Bongok
Air Terjun Bongok via Instagram/adityagusetyawan

Bagi Teman Traveler yang ingin melepas penat, bisa datang ke Air Terjun Bongok yang ada di Desa Jetak, Kec. Montong, Tuban. Wisata gratis di Tuban satu ini diselimuti pemandangan hutan lebat, dan udara yang sejuk. Dikelilingi tebing, terdapat air terjun yang mengalir dengan cukup deras. Walaupun tidak terlalu tinggi, Air terjun Bongok tentu menyimpan keindahan tersendiri. Hal yang cukup menarik adalah air terjun ini tidak pernah kering ketika musim kemarau dan sering dimanfaatkan warga sekitar untuk minum, mandi, mencuci, dan lain-lain. Para pengunjung harap berhati-hati untuk menuju ke sini, karena aksesnya dirasa cukup sulit dan licin saat musim hujan.

Goa Kancing

Goa Kancing di Tuban
Goa Kancing di Tuban via Instagram/iecienhong

Berada di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban, di sinilah Teman Traveler bisa menemukan wisata alam Goa Kancing. Goa Kacing ini memiliki rupa seperti lubang sumur dengan kedalaman 4 hingga 5 meter saja dan didalamnya terdapat cekungan yang tidak terlalu dalam. Wisata satu ini, cocok bagi Teman Traveler yang suka berpetualang karena lokasinya berada di pegunungan. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Goa ini terdapat pintu ghaib dan jika seseorang masuk maka tidak akan bisa keluar lagi.

Goa Suci

Goa Suci di Tuban
Goa Suci di Tuban via Instagram/beritatuban

Berada di Karang Langan, Tuban, Goa Suci merupakan goa peninggalan kerajaan majapahit. Terletak di sekitaran penambangan kapur, goa ini memiliki keunikan karena sering dijadikan sebagai tempat untuk semedi orang-orang yang berasal dari dalam dan luar daerah untuk meditasi dan menenangkan pikiran. Ditemukan sekitar athun 70-an, lubang ini memiliki kedalaman sekitar 14 meter dengan atap kerucut dan berlubang. Di dalamnya terdapat halaman yang cukup luas sehingga para pengunjung bebas untuk berfoto-foto dan hal terpenting lainnya adalah pengunjung tidak dikenakan biaya masuk.

Itu tadi beberapa pilihan wisata gratis di Tuban yang bisa Teman Traveler kunjungi. Siapa bilang liburan itu harus mahal? Next

ramadan
Wisata air Kabupaten Asahan

Yuk Basah-basahan di Wisata Air Kabupaten Asahan, Sumatera Utara! Takjub dan Bikin Segar Jadi Jaminan!

Kuliner legendaris di Salatiga.

Tempat Menyantap Kuliner Legendaris di Salatiga yang Wajib Dicoba, Sayang Kalau Terlewat!