in ,

Traveling Yuk ke 13 Tempat Wisata Lebak, Banten

13 Destinasi Wisata di Lebak, Banten

Kebun Teh Cikuya
Kebun Teh Cikuya

Mulai dari kabupaten-kabupaten di provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Jawa Barat sudah khatam Travelingyuk eksplorasi. Kini giliran daerah-daerah di ujung barat pulau Jawa, tepatnya di provinsi Banten, yang akan sama-sama kita jelajahi. Tujuan pertama yang akan membuka perjalanan di provinsi ini adalah kabupaten Lebak.

Baca juga : Riau Fantasi, the Biggest Leisure Park in Sumatra

Kabupaten Lebak berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Banten. Batas sebelah timurnya saja langsung bersandingan dengan kabupaten Bogor dan Sukabumi. Kabupaten ini memiliki batas laut di sebelah selatan sedangkan sisi barat dan utara masing-masing berbatasan dengan kabupaten Pandeglang dan kabupaten Serang. Dikumpulkan Travelingyuk, inilah 13 tempat wisata yang paling top di kabupaten Lebak.

1. Pantai Ciantir Sawarna, Tempat Wisata Paling Populer di Lebak

Pernah mendengar nama Pantai Sawarna? Pantai yang terkenal akan keindahannya itu terletak di kabupaten Lebak tepatnya di desa Sawarna, kecamatan Bayah atau di pesisir selatan kabupaten ini yang memang berbatasan dengan Samudera Hindia. Pantai yang ada di desa Sawarna jumlahnya tidak hanya satu, dan yang paling populer tentu saja Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna.

Pantai Ciantir Sawarna, via instagram
Pantai Ciantir Sawarna, via instagram

Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna atau lebih populer disebut Pantai Ciantir saja adalah pantai berpasir putih bersih dengan bibir pantai yang cukup panjang. Pantai ini menjadi surga para peselancar. Banyak penginapan di sepanjang jalan menuju ke pantai ini yang tersedia untuk wisatawan yang mau menginap. Biaya masuk ke pantai yang keren ini hanya Rp5.000 per orang lho.

2. Mumpung di Desa Sawarna Kunjungi Sekalian Pantai Tanjung Layar

Sedikit dijelaskan di awal bahwa desa Sawarna yang ada di kecamatan Bayah memang mempunyai sederet pantai keren yang letaknya berdekatan. Jika Pantai Ciantir mempesona lewat pasir putihnya maka pantai yang berikut ini mempesona lewat gugusan karangnya.

Pantai Tanjung Layar, via instagram
Pantai Tanjung Layar, via instagram

Adalah Pantai Tanjung Layar, sebuah pantai dengan landmark batu karang tinggi yang berbentuk seperti layar. Pantai ini punya ombak besar khas pantai selatan Jawa. Cara paling keren mengabadikan momen di Pantai Tanjung Layar adalah dengan datang di kala senja, sunset dari pantai ini luar biasa menggoda.

3. Pantai Karang Bokor, Menyaksikan Ganasnya Ombak Pantai Selatan

Butuh lebih dari satu hari untuk mengunjungi tempat wisata pantai yang ada di desa Sawarna, kecamatan Bayah, kabupaten Lebak. Selain Pantai Ciantir dan Tanjung Layar, wisatawan juga wajib mendatangi Pantai Karang Bokor yang letaknya tidak jauh dari dua pantai yang sudah disebutkan di awal.

Pantai Karang Bokor, via instagram
Pantai Karang Bokor, via instagram

Di Pantai Karang Bokor ada sebuah karang besar di tengah laut yang menjadi ikon. Karang tersebut saat pasang tinggi akan dihempas oleh gelombang laut sehingga menghasilkan suara yang menggelegar. Inilah tempat yang pas jika kamu mau melihat betapa dahsyatnya ombak pantai selatan.

4. Kebun Teh Cikuya, Mengubak Lebak Seperti di Puncak

Traveler yang tinggal di Banten tidak perlu lagi pergi ke puncak jika mau menikmati wisata perkebunan teh. Pasalnya kini di kabupaten Lebak tepatnya di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber telah dibuka kebun teh seluas 120 hektar yang begitu keren. Berasa seperti di Puncak saja.

Kebun Teh Cikuya, via instagram
Kebun Teh Cikuya, via instagram

Traveler menyebutnya dengan kebun teh Cikuya, sebuah kawasan perkebunan teh di ketinggian 750-1200 mdpl yang dikelola oleh PT. Harendong Green Farm sertifikasi USDA (USA), IMO (Swiss), JAS (Japan), dan Indonesia Agriculture. Meski baru 40 hektar yang dikelola tapi wisatawan sudah bisa berkunjung dan menikmati keindahan perkebunan teh ini.

5. Sumpek Dengan Kehidupan Kota, Coba Datang ke Curug Munding Untuk Menikmati Suasana Terasing

Kabupaten Lebak yang letaknya berdekatan dengan kota-kota besar di Jawa Barat serta DKI Jakarta menjadikannya alternatif wisata yang pas untuk menyepi. Apalagi di daerah ini banyak pilihan tempat wisata bertema alam yang masih sepi pengunjung.

Curug Munding, via instagram
Curug Munding, via instagram

Salah satu tempat yang wajib traveler kunjungi untuk menikmati alaminya suguhan alam adalah Curug Munding. Curug ini berada di desa Cicaringin, kecamatan Gunungkencana. Lokasi curug ini masih lumayan tersembunyi, jadi belum banyak traveler yang datang ke lokasi. Nama curug ini juga sangat unik, dalam bahasa setempat Munding berarti kerbau, konon zaman dahulu ada kerbau yang melompat dari atas air terjun sehingga dipilihlah Munding sebagai nama curug eksotis ini.

6. Pantai Bagedur, Tempat Wisata Pantai yang Tengah Naik Daun di Lebak

Jangan hanya terpaku dengan menyambangi pantai-pantai yang ada di kecamatan Bayah saja, beralihlah ke kecamatan Malingping di sana juga ada pantai yang tengah naik daun. Pantai tersebut bernama Pantai Bagedur, nikmati pemandangan lepas dan luas pantai selatan Lebak ini.

Pantai Bagedur, via instagram
Pantai Bagedur, via instagram

Pantai Bagedur menyuguhkan pemandangan yang lepas sebab tempat wisata ini punya garis pantai yang sangat panjang sekitar 15 kilometer. Jadi tidak perlu khawatir rebutan tempat bermain meski di puncak kunjungan wisatawan. Pantai Bagedur telah dilengkapi dengan fasilitas seperti bermain ski dan banana boat.

7. Curug Ciporolak, Air Terjun Alami Bikin Adem di Hati

Lanjut ke desa Hegarmanah atau Lebakpicung, kecamatan Cibeber, kabupaten Lebak. Di daerah ini tersimpan satu permata tersembunyi dalam bentuk air terjun bernama Curug Ciporolak. Suasana di curug ini sangat sejuk dan terkesan dingin, airnya saja selalu stabil di suhu kurang dari 15 derajat Celcius.

Segarnya lingkungan sekitar dan dinginnya air Curug Ciporolak lantaran tempat wisata ini berada di daerah pegunungan yang masih asri. Ciporolak sendiri berasal dari kata ngaborolak yang berarti berjatuhan atau reruntuhan. Ini merujuk pada batu-batu kecil yang jatuh dari atas tebing terbawa arus air yang deras. Hati-hati kalau mandi di bawah air terjun langsung ya.

8. Basah-Basahan di Curug Kumpay

Curug Kumpay merupakan salah satu air terjun cantik di kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Curug ini letaknya berada di atas gunung di dalam hutan sehingga jika mau ke sana sebaiknya membawa pemandu warga sekitar agar tidak tersesat.

Curug Kumpay, via instagram
Curug Kumpay, via instagram

Curug Kumpay terkenal dengan cerita mistisnya dan juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual tertentu. Konon setiap ada sampah di lokasi, besoknya benda-benda tak diinginkan tersebut hilang dengan sendirinya. Itulah yang menyebabkan tempat ini selalu bersih. Tapi jangan jadikan ini sebagai alasan untuk nyampah sembarangan, ya!

9. Menyusuri Gua Lalay, Indahnya Batuan Gua Bikin Traveler Terbuai

Meski terdapat lebih dari satu gua di kabupaten Lebak tapi ada satu yang wajib traveler kunjungi yaitu Gua Lalay. Gua ini berada tidak jauh dari pantai-pantai eksotik di desa Sawarna lebih tepatnya berada di kampung Cipanas.

Menyusuri gua ini traveler diajak berpetualang ke level selanjutnya sebab Gua Lalay sistem sungai bawah tanah sehingga satu-satunya cara menyusuri gua ini adalah dengan menyeberangi sungai tersebut. Jarak paling aman yang disarankan pemandu setempat adalah 150-250 meter dari mulut gua.

10. Kampung Baduy, di Sini Traveler Akan Menemukan Suku yang “Anti” Modernisasi

Kalau sudah memutuskan wisata di kabupaten Lebak jangan lupa untuk mampir ke Kampung Suku Baduy yang terletak di kecamatan Leuwidamar. Di sini kamu akan belajar bagaimana suku ini berhasil mempertahankan adat istiadat dari nenek moyang hingga kini tanpa tersentuh arus modernisasi.

Kampung Baduy, via instagram
Kampung Baduy, via instagram

Suku Baduy sendiri dibagi menjadi beberapa golongan, untuk keperluan wisata umumnya traveler akan diarahkan untuk mengunjungi Suku Baduy Luar yang sudah biasa berinteraksi dengan dunia luar dan lebih terbuka dengan kedatangan orang asing. Disarankan untuk menggunakan pemandu saat berkunjung ke Kampung Suku Baduy, pasalnya banyak aturan dan pantangan yang berlaku di sana, salah-salah kamu bisa kena hukum adat.

11. Bermain Air di Situ Cicinta Berasa Jadi Akan Bolang yang Sesungguhnya

Mau bernostalgia masa kecil di kampung yang suka mandi di kali atau waduk? Mampir saja ke Situ Cicinta di kecamatan Maja, kabupaten Lebak, Banten. Situ yang tidak terlalu besar ini memang sering dijadikan lokasi bermain air oleh traveler yang berkunjung atau sebagai tempat pemancingan.

Situ Cicinta, via instagram
Situ Cicinta, via instagram

Situ Cicinta ini bisa dijangkau dengan mudah karena lokasinya terletak di dekat Stasiun Maja, tidak jauh dari kawasan Rangkas Bitung. Di sinilah kamu bisa bermain air layaknya si Bolang sungguhan sekalian menikmati pemandangan alam sekitarnya.

12. Siapkan Fisik dan Kebulatan Tekad Untuk Menikmati Indahnya Curug Kanteh

Satu lagi air terjun di kabupaten Lebak yang sayang dilewatkan, Curug Kanteh. Curug ini bisa traveler jumpai di alam desa Cikatomas, kecamatan Cilograng yang berjarak sekitar 149 kilometer dari pusat kabupaten. Tentu butuh waktu lebih dari 3 jam untuk tiba di lokasi.

Curug Kanteh, via instagram
Curug Kanteh, via instagram

Durasi tersebut belum ditambah waktu yang dibutuhkan untuk jalan kaki menyusuri pematang sawah, membelah hutan dan mendaki perbukitan. Tapi tenang usaha ekstra akan terbayar tuntas saat tiba di hadapan curug setinggi 80 meter ini. Pemandangan alam super indah, masih perawan yang jarang dijumpai akan secara eksklusif traveler nikmati.

13. Wisata Arung Jeram Sungai Ciberang, Pilihan Wisata Adrenalin di Lebak

Sebagai penutup kunjungan di kabupaten Lebak, kamu bisa mencicipi olahraga ekstrim arung jeram di sungai Ciberang. Titik startnya berada di Kampung Muhara, Desa Ciladeun, Kecamatan Lebak Gedong. Letaknya yang berada di pedalaman membuat kawasan sekitar masih alami dan asri.

Arung Jeram Sungai Ciberang, via instagram
Arung Jeram Sungai Ciberang, via instagram

Sungai Ciberang memiliki arus yang cukup kuat dan jeram yang menantang. Untuk pemula tersedia jalur sepanjang 750 meter sedangkan untuk yang suka tantangan disediakan jalur sepanjang 25 kilometer yang baru akan kelar diarungi selama 5 jam. Sepanjang aliran sungai ini traveler akan dimanjakan oleh hijaunya alam di Taman nasional Gunung Halimun.

Menjadi salah satu kabupaten dengan wilayah terluas di provinsi Banten tentu membuat Lebak masih menyimpan banyak potensi wisata yang belum terkuak. Yuk, bantu Travelingyuk melengkapi daftar tempat wisata di kabupaten Lebak. Caranya kamu bisa menuliskan di kolom komentar yang tersedia. Jangan lupa share ke teman-teman yang lainnya. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Desa Suku Baduy, Wisata Budaya dan Belajar Kearifan Lokal

13 Tempat Wisata Kabupaten Pendeglang, The Sunset of Java yang Mendunia