in , ,

Tren Baru Gost Kitchen, Era Modern Dapur Virtual Alami Perkembangan

Era modern dengan perkembangan yang terus berbenah pesat ini mulai menggeser hal kuno dengan sistem online atau virtual. Media sosial menjadi acuan utama dalam kegiatan dan aktivitas dalam segala hal. Mulai dari bisnis, sosial, belajar mengajar, transaksi hingga rutinitas harian pun dapat dijalankan dengan online, salah satunya masalah perkulineran.

Baca juga : Cantik Tanpa Bikini di Pantai? Bisa Kok, Contek Aja Gaya Kece 10 Selebgram Ini

Ghost Kitchen menjadi andalan makanan online era modern kali ini. Foto via hubster.co.id

Kali ini perkembangan kuliner sedang marak dengan istilah Ghost Kitchen. Ghost Kitchen adalah bisnis kuliner yang memfokuskan diri pada produksi makanan saja, istilah lain dikenal dengan nama dark kitchen atau dapur virtual. Perlu kamu ketahui, Ghost Kitchen ini didalamnya tidak ada dapur atau tempat makan yang dapat kamu gunakan. Tujuan adanya ghost kitchen tak lain adalah untuk memenuhi pesanan online dari aplikasi penyedia jasa makanan online saja.

Apa saja jenis-jenis ghost kitchens

Saat ini terdapat setidaknya tiga macam jenis ghost kitchen. Jenis-jenis ghost kitchen tersebut antara lain:

1. Pop-Up Ghost Kitchen 

Pertama ada Pop-up Ghost Kitchen, merupakan salah satu bagian yang tak terpisah disebuah restoran. Namun tetap dikhususkan untuk pemesanan online saja. Pop-up Ghost Kitchen ini biasanya dilakukan oleh restoran tradisional yang baru akan mencoba konsep baru. 

2. Dapur Bersama 

Konsep dapur bersama ghost kitchen adalah ruangan yang digunakan oleh beberapa restoran sekaligus. Pada dasarnya merupakan dapur yang dapat digunakan bersama oleh berbagai restoran, untuk memenuhi pesanan online.

Ghost Kitchen menjadi jawaban bagi para pebisnis masakan online. Foto via indonesiacoding.com

3. Kitchen Pods

Kitchen pods merupakan konsep ghost kitchen yang paling sederhana. Biasanya kitchen pods ini menggunakan kontainer yang diletakan di belakang restoran untuk mempermudah pengambilan makanan.

Keuntungan Menggunakan Ghost Kitchen

Tujuan dari ghost Kitchen memang tak lain adalah untuk menekan biaya serendah mungkin diiringi dengan perubahan ekonomi yang sangat pesat, dan penggunaan gadget semakin gencar membuat perilaku konsumen membudaya akan sistem virtual. Nah keuntungan menggunakan Ghost Kitchen bisa kamu ketahui seperti:

1.Pilihan Lebih Fleksibel

Penggunaan konsep ini akan menekan biaya yang super besar seperti tidak butuhnya berbagai furniture, toilet, dan sebagainya. Untuk penggunaan karyawan bisa ditekan sedikit mungkin atau bisa kamu alihkan untuk memfokuskan saja pada operasional menu makanan dan penerimaan order.

2.Lokasi Sangat Sederhana

Karena kamu tidak secara langsung melayani pelanggan, kamu tentunya tidak membutuhkan lokasi yang sangat strategis serta ruangan yang besar. Asalkan lokasi yang kamu pilih mudah ditemukan atau dekat dengan sasaran pembeli, maka lokasi ghost kitchen kamu sudah sempurna dan cocok digunakan.

3.Lebih Mudah Beradaptasi

Pelayanannya yang hanya tersedia secara virtual atau online, membuat kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi. Kamu dapat menambahkan hingga mengganti produk kamu secara mudah, apabila makanan yang kamu jual tidak berjalan sesuai dengan rencana. 

Keuntungan yang besar didapatkan dari mereka yang menggunakan Ghost Kitchen. Foto via hubster.com

4. Peralatan Sederhana

Untuk menerima pesanan, kamu hanya memerlukan peralatan yang sederhana seperti smartphone atau tablet saja. Penggunaan konsep ghost kitchen yang hanya membutuhkan peralatan sederhana ini, dapat membantu kamu untuk fokus ke makanan saja. 

Sisi lain dari keuntungan yang begitu melimpah, namun ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi agar penggunaan Ghost Kitchen dapat berjalan tanpa kesenjangan dari faktor lain, seperti:

  1. Hal baru yang dilakukan oleh warung baru online adalah pengembangan brand. Persaingan ketat dunia digital harus digarisbawahi, mulai dari review pelanggan hingga kredibilitas restoran kamu didunia virtual.
  2. Menjaga dan memelihara hubungan pelanggan dapat menjadi tantangan. Kamu harus kreatif untuk membangun loyalitas pelanggan.
  3. Aplikasi pengiriman pihak ketiga menentukan permainan.
  4. Anda tidak harus memiliki reputasi dengan cara yang sama seperti restoran tradisional. Point penting yang harus kamu lakukan adalah peningkatan reputasi resto kamu yang bakal dipengaruhi oleh layanan aplikasi pengiriman pihak ketiga. Pengalaman pengiriman yang buruk memberi notis besar kepada resto.

Ghost Kitchen memang menawarkan banyak keuntungan, entah bisa bertahan lama atau tidak, yang jelas saat ini pertimbangan pengiriman diperkirakan akan terus tumbuh lebih cepat daripada makan di tempat, ghost kitchens tetap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki resto atau warung untuk membuktikan bisnis mereka di masa depan. Next

ramadan

Wuffy Space, Ruang Main dan Belajar Ramah Anak yang Diidamkan Para Ibu di Malang

Warpopski, Nuansa Warteg Nusantara Hadir di Tanah Eropa