in , ,

Terjadi Kebakaran di Pulau Rinca, Api Telah Dipadamkan dan Komodo Aman

fi kebakaran pulau rinca

Telah terjadi kebakaran di Pulau Rinca pada Selasa 2 November 2021 pukul 15.00 WITA dan berhasil dipadamkan di hari Rabu 3 November 2021 pagi. Penyebab dari kebakaran sendiri masih diselidiki, berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga : 4 Wisata Menghadap Gunung Ciremai, Liburan Sambil Lihat Pemandangan

Kebakaran Pulau Rinca

Pulau Rinca yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2 November 2021 kemarin telah terbakar. Kini api berhasil dipadamkan keesokannya di pagi hari oleh 43 orang terdiri dari 32 tim ranger dan 11 warga sekitar Rinca atau Kerora. Petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke Pulau Rinca untuk memadamkan api serta memastikan tidak ada bara yang tersisa.

Belum diketahui lebih lanjut berapa luas lahan yang terbakar antara bagian utara atau barat dan perlu dikalkulasi lagi. Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) memastikan populasi komodo di pulau dalam kondisi aman ketika kebakaran terjadi.

Penyebab Kebakaran

penyebab kebakaran
Ilustrasi via instagram labuanbajo_info

Selanjutnya pihak pengelola TNK masih menyelidiki penyebab kebakaran, cuaca panas ditambah angin kemungkinan menjadi penyebabnya. Meskipun telah turun hujan di beberapa lokasi, namun di wilayah pantai dan pesisir masih jarang turun. Tidak ada indikasi disebabkan oleh manusia, kuat dugaan karena cuaca.

Demikian penjelasan kebakaran di Pulau Rinca yang berhasil dipadamkan dan komodo aman. Next

ramadan
fi tips air terjun musim hujan

Tips Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan, Tetap Waspada

fi kuliner khas banten

Kuliner Khas Banten, Lezat dan Nikmat yang Wajib Dicoba