in , , , ,

Tips Wisata Air Terjun Ketika Musim Hujan, Tetap Waspada

fi tips air terjun musim hujan

Wisata curug atau air terjun menjadi favorit para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Curug memang paling pas dikunjungi musim penghujan, berikut tips wisata air terjun ketika musim hujan. Teman Traveler tetap harus waspada dan berhati-hati. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga : Jember Fashion Carnival 2021 Akan Kembali Diadakan 20 November 2021

1. Siapkan Kondisi Fisik

siapkan kondisi fisik
Ilustrasi via pexels Oliver Sjöström

Pertama Teman Traveler harus dalam kondisi prima dan fit agar terhindar dari kelelahan berlebih dan tentunya mengantisipasi terkena virus penyakit. Selain itu sebelum berangkat lemaskan otot dengan melakukan pemanasan sebab beberapa air terjun memiliki akses yang cukup terjal.

2. Pilih Air Terjun yang Aksesnya Mudah

pilih air terjun akses mudah
Ilustrasi via pexels Josh Hild

Musim hujan akan membuat beberapa akses menuju air terjun becek dan licin. Jika air terjun berada di area pegunungan, lebih rawan bahaya tanah longsor atau banjir. Untuk itu Teman Traveler bisa memilih lokasi curug yang mudah akses trekkingnya, agar terhindar dari bahaya.

3. Membawa Jas Hujan, Payung dan Kantong

membawa jas hujan
Ilustrasi via pexels John Diez

Kemudian untuk berjaga-jaga jangan lupa membawa jas hujan dan payung untuk melindungi diri ketika hujan turun. Selain itu bawa juga kantong untuk melindungi barang bawaan tetap aman.

4. Perhatikan Cuaca

perhatikan cuaca
Ilustrasi via pexels Kaique Rocha

Sebelum berangkat ada baiknya Teman Traveler memeriksa cuaca pada smartphone, jika cuaca akan turun hujan sepanjang hari di lokasi air terjun, sebaiknya tunda keberangkatan demi keselamatan.

5. Jangan Berenang

jangan berenang
Ilustrasi via pexels Pok Rie

Ketika musim hujan aliran pada air terjun akan semakin deras dan bisa saja banjir bandang datang secara tiba-tiba, tidak menutup kemungkinan akan menghanyutkan siapa saja. Untuk menghindari bahaya tersebut ada baiknya Teman Traveler tidak berenang atau berada pada pinggiran sungainya.

6. Hindari Lokasi Air Terjun Ketika Hujan Turun

hindari lokasi air terjun
Ilustrasi via pexels ArtHouse Studio

Selanjutnya saat sudah berada di lokasi air terjun, lalu hujan turun ada baiknya Teman Traveler menghindari area curug. Sebab saat musim hujan bukan tidak mungkin air dari hulu meluap menyebabkan banjir bandang.

Demikian ulasan tips wisata air terjun ketika musim hujan tiba, semoga bermanfaat bagi Teman Traveler! Next

ramadan
fi wisata kampung halloween

Kampung Halloween di Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

fi kebakaran pulau rinca

Terjadi Kebakaran di Pulau Rinca, Api Telah Dipadamkan dan Komodo Aman