in , , , , ,

Bersepadu Selatan, Terminal Megah Penghubung Semenanjung Malaya

Transportasi Umum yang Aman dan Nyaman Ketika Berkunjung ke Malaysia

Jembatan Penang Sultan Abdul Halim Muadzam Shah Bridge (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kota-kota besar di wilayah barat Malaysia atau tepatnya kawasan Semenanjung Malaya bisa dikatakan memiliki konektivitas yang kuat satu sama lain. Termasuk dalam hal transportasi. Selain tentu saja transportasi udara yang sangat diandalkan, kehadiran infrastruktur dan prasarana jalan raya antar kawasan yang sudah begitu memadai membuat bisnis
transportasi darat berupa bus pun menggeliat disini.

Baca juga : Bunga Sakura di Jepang Diperkirakan Mekar Lebih Awal, Catat Tanggal dan Tempatnya!

TBS (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Adanya faktor pendukung seperti kondisi jalan yang sangat bagus, membuat para pengusaha angkutan bus di Malaysia tidak ragu dalam menyediakan deretan armada bus ter-mutakhir dan sangat nyaman untuk melayani Teman Traveler bepergian dari satu kota ke kota lainnya. Selain warga lokal Malaysia, para wisatawan asing juga merasakan manfaatnya.

Papan Informasi TBS (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Di Kuala Lumpur, berdiri sebuah terminal bus yang cukup mewah yaitu Terminal Bersepadu Selatan (TBS). Terminal ini berlokasi di kawasan Bandar Tasik Selatan, Kuala Lumpur. Layaknya bandara KLIA yang menjadi Hub untuk transportasi udara, terminal ini merupakan Hub bagi seluruh angkutan bus yang beroperasi dari dan ke seluruh titik di Semenanjung Malaya.

1. Sejarah Pembangunan Terminal Bersepadu Selatan

Terminal TBS (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Terminal Bersepadu Selatan pertama kali beroperasi tahun 2011 namun baru dilakukan acara peresmian tahun 2013 yang diresmikan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia saat itu Najib Tun Razak. Terminal TBS diproyeksikan menggantikan terminal lama yang ada di pusat kota KL yaitu Terminal Puduraya. Pada awal pembukaanya, terminal TBS hanya melayani jalur angkutan bus dari dan menuju area selatan semenanjung Malaya saja. Namun sejak 2014, otoritas setempat menetapkan bahwa terminal ini menjadi pusat konektivitas bus dari dan ke seluruh kawasan di Semenanjung.

2. Terminal Bus Layaknya Shopping Mall

Lantai 4 Terminal (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di terminal dengan tujuan akan naik bus ke Melaka, Teman Traveler akan berpikir apakah tempat ini benar-benar terminal bus ataukah sebuah pusat perbelanjaan elit? Ya, bangunan TBS ini memang dibangun dengan begitu megah sehingga sekilas lebih mirip seperti sebuah Mall. Bangunan terminal memiliki 5 lantai dan setiap lantai memiliki fungsi pelayanannya masing-masing.

Salah Satu Ruang Tunggu Keberangkatan (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Lantai 1 dan lantai 2 terminal, merupakan platforms kedatangan maupun
keberangkatan setiap bus yang beroperasi. Ada lebih dari 50 pier/gate keberangkatan yang ada di sini. Lantai 3 adalah tempat pelayanan calon penumpang seperti pembelian tiket terpadu, papan informasi keberangkatan, dan ada banyak convenient store. Di lantai 4 terdapat banyak pilihan kuliner dan merk restoran terkemuka. Beberapa toko retail dan penginapan transit juga terletak di lantai 4 ini. Sedangkan lantai 5 merupakan kawasan parking lot.

3. Sistem Ticketing Terpadu

Lantai 3 TBS (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang memiliki pengalaman buruk dengan transportasi bus seperti dipermainkan oleh calo tiket, di jamin 100% Teman Traveler tidak akan menemukan hal-hal buruk seperti itu di terminal ini. Sistem penjualan tiket bus di terminal TBS terintegrasi pada satu sistem saja dan tidak dibagi ke sistem masing-masing PO bus. Sehingga, mudah juga memberikan kenyamanan untuk Teman Traveler yang menggunakan transportasi umum. Termasuk bagi Teman Traveler yang baru pertama kali bepergian disini. Pada 45 konter tiket yang tersedia, Teman Traveler dapat menyesuaikan tiket bus yang sesuai dengan kantong. Belakangan ini, pengelola terminal juga menambahkan beberapa mesin pembelian tiket mandiri secara elektronik.

Mesin Pembelian Tiket Mandiri (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Begitu banyak operator di bawah satu sistem, terbukti bahwa Teman Traveler dapat menemukan banyak pilihan layanan antar-jemput dan bus ekspres baik ke Kuala Lumpur, Ipoh, Melaka atau Singapura. Terminal TBS bisa menampung hingga 5000 bus setiap hari nya.

4. Cara Dari dan Ke Terminal Bersepadu Selatan

Tiket (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sangat mudah untuk memasuki dan meninggalkan Terminal Bersepadu Selatan dengan begitu banyak kereta penghubung dari dan ke KL Sentral. Integrasi tersebut memungkinkan Teman Traveler untuk mencapai tujuan dengan koneksi mudah ke Express Rail Link (ERL), Keretapi Tanah Melayu (KTM), Rapid KL dan yang terbaru, dan Mass Rapid Transit (MRT). Mencapai terminal TBS sangat mudah, dengan berbagai layanan yang disebutkan di atas dan tersedia dari Kuala Lumpur. Jika Teman Traveler menggunakan kendaraan seperti Taxi atau Angkutan Online, TBS hanya berjarak sekitar setengah jam perjalanan dari KL Sentral. Next

ramadan

Menanti Kepingan Dollar dari Tanjung Merayu, Mutiara Sulawesi Selatan

Explore Melaka – 3D2N Jelajahi Genting dan Kuala Lumpur Malaysia