in , ,

The Heritage Palace, Wisata Keluarga ala Eropa di Solo

Serasa di Eropa Zaman Dulu, Jalan-jalan di Sekitaran The Heritage Palace

The Heritage Palace
The Heritage Palace (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Tengah berada di Solo atau Jogja? Jika Teman Traveler sedang mengunjungi salah satu kota tersebut maupun berada di sekitarnya, jangan lupa sempatkan mampir ke The Heritage Palace. Wisata keluarga ini begitu unik dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Baca juga : Ternyata Ini Fungsi Karpet di Bandara, Kamu Sudah Tahu Belum?

Bangunan Bekas Pabrik Gula

the heritage palace
Berfoto di depan mobil tua (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Kawasan wisata ini dibuka pada 9 Juni 2018. Sama seperti De Tjolomadoe, bangunan yang ditempati dulunya merupakan pabrik gula bernama Gembongan. Tak heran juga suasana yang ditawarkan sangat berkesan Eropa klasik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Apalagi ada sebuah bangunan kuno dengan gaya Romawi yang nampak megah di sini.

Warisan Sejak 1892

the heritage palace
Nuansa Eropa klasik (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Dilansir dari laman resminya, bangunan Pabrik Gula Gembongan atau Kartasura merupakan salah satu peninggalan dari era Kerajaan Mataram Islam. Tempatnya sudah ada sejak 1892 silam, sehingga bisa dikatakan cukup tua atau klasik.

Namun kini, jejak-jejak pabrik gula tersebut sudah sulit ditemukan. Sebagian besar bangunan telah disulap menjadi wahana wisata dengan daya tarik unik.

Baru menapakkan kaki di area luarnya saja, Teman Traveler bakal langsung disambut nuansa Eropa klasik sangat kental. Hal ini nampak dari desain arsitektur klasik yang tampak megah, ditambah kehadiran sederet mobil tua di beberapa sudut.

Banyak Spot Intagramable

dscf0616_MSz.jpg
Banyak spot foto unik (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Salah satu magnet yang menarik pengunjung datang ke sini adalah bentuk bangunan dan suasana tempo dulunya yang terasa begitu kental. Berkunjung ke sini, Teman Traveler bakal seolah dibawa ke Eropa Abad ke-18.

Atmosfer inilah yang sering dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto karena memang terdapat banyak spot unik, cantik, dan sangat Instagramable di sini. Teman Traveler tak bakal mau melewatkan berpose di sini. Sebab sebagian besar lokasinya memang terlihat apik. Tak heran banyak calon pengantin tertarik lakukan foto pre-wedding di sini.

Lokasi & Tiket Masuk

dscf4072_dKd.jpg
Berfoto di sisi selatan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

The Heritage Palace berada di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT 002/008, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Wisata keluarga ini buka tiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Teman Traveler sebaiknya mampir ke sini sore hari, suasananya bakal tampak lebih dramatis ketika lampu-lampu dihidupkan. 

Soal tiket masuk, Heritage Palace memasang tarif cukup terjangkau. Untuk tiket masuk gate dan Museum Transportasi, pengunjung hanya perlu bayar Rp40.000-an per orang. Sementara untuk tiket Museum 3D, harganya hanya Rp25.000-an per orang. Berminat membeli tiket terusan? Cukup rogoh kocek Rp55.000-an saja.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah The Heritage Palace. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Solo atau sekitarnya, jangan lupa luangkan waktu untuk mampir ke destinasi hits ini. Dijamin takkan rugi deh. Next

ramadan
Coban Sriti

Coban Sriti, Lebih Aman Lewat Jalur Baru

Illustrasi Negara yang Melarang Perokok via Shutterstock

Negara yang Melarang Rokok, Kurungan Hingga Denda 47 Juta