in , ,

The Heritage Palace, Destinasi Hits Bernuansa Lawas di Solo

The Heritage Palace Tawarkan Atmosfer Retro di Solo

The Heritage Palace
The Heritage Palace (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Halo Teman traveler, kali saya mau ngebahas tentang salah satu tempat wisata hits di Solo. Tempatnya kece abis buat ber-selfie dengan background ala bangunan Eropa. Namanya The Heritage Palace dan belakangan sudah jadi jadi salah satu destinasi wisata terbaru dan kekinian di Kota Batik.

Baca juga : Panaikang Birayya, Surga Swafoto Bernuansa Alam di Bulukumba

Garden Retro Paradise (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Kini kawasan bekas Pabrik Gula Gembongan tersebut banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Teman Traveler enggak perlu pergi jauh-jauh, cukup pergi ke sini untuk merasakan nuansa ala Eropa.

Jadul Mirip Museum Angkut

Wahana museum transportasi (c) Esti Traveler/Travelingyuk

The Heritage Palace berada di Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulya RT 02/RW 08, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Wisata yang menempati wilayah bekas Pabrik Gula Gembongan ini baru dibuka pada 9 Juni 2018. Dulunya pabrik tersebut sempat dikelola perusahaan perkebunan Belanda, Kartasoera Culture Matschappij. Kehadirannya sempat jadi salah satu sumber lapangan kerja bagi rakyat Kadipaten Mangkunegaran.

Kini kawasan cagar budaya seluas 2,2 hektar tersebut dikelola oleh pihak swasta yaitu PT Gendis Mas Sentosa Abadhi. Di dalam bangunannya masih tersimpan mesin pabrik asli dari beberapa dekade silam. Konsep Heritage Palace sendiri mirip-mirip dengan Museum Angkut di Malang. Apalagi ada beberapa mobil jadul dipajang di halaman depannya. Membuat nuansa jadul semakin terasa.

3D Trick Art dan Omah Walik

Wahana 3D Trick Art & Omah Walik (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Ada beberapa spot foto yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk berswafoto ria. Beberapa di antaranya adalah Museum 3D Trick Art & Omah Walik, Museum Transportasi, Museum Industri, dan Garden Retro Paradise. 

Pintu masuk wahana Omah Walik (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Di wahana 3D Trick Art & Omah Walik, Teman Traveler bisa berfoto sepuasnya. Ada banyak spot menarik nan instagramable di sini. Kalian akan melihat tanda tempat berpose agar bisa menghasilkan foto dengan angle tepat. Jika membutuhkan bantuan, jangan khawatir. Ada petugas museum yang membuat hasil foto kalian lebih maksimal.

Museum Transportasi & Garden Retro Paradise

Mobil antik Chevrolet Deluxe USA (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Di museum transportasi, Teman Traveler bisa berfoto dengan mobil antik seperti Jeep Utility USA 1968, Chevrolet Bel Air USA 1955, dan Mercedes Benz tahun 1965.

Di bagian belakang Teman Traveler bisa menemukan Garden Retro Paradise. Kalian bisa merasakan nuansa Eropa klasik di sini. Kalian yang hendak menikah juga bisa melakukan foto-foto pre-wedding cantik dengan nuansa benua biru. Kawasan ini juga menyimpan mobil antik istimewa merk Cevrolet Deluxe USA keluaran 1952 dengan mesin 3500 CC.

Bagi Teman Traveler yang penasaran, The Heritage Palace menyediakan beberapa paket menarik bagi rombongan. Kalian yang datang beramai-ramai bisa mendapat tambahan tiket gratis. Oh ya, tempat ini buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 setiap weekday dengan tiket Rp45.000 dan pukul 09.00 hingga 21.00 tiap weekend dengan tiket Rp65.000.

Teman Traveler yang punya hobi jeprat-jepret dan pengen seru-seruan bareng teman bisa datang ke sina. Lokasinya juga enggak terlalu jauh kok dari pusat kota Solo. Oh iya, di masa mendatang The Heritage Palace akan terus dikembangkan. Nantinya bakal dibangun beberapa wahana baru seperti foodcourt, Convention Hall, Kids Town, Taman Burung, dan masih banyak lagi. Nah, ayo agendakan dan ajak kawan-kawanmu buat seru-seruan ke sini. Next

ramadan
Hotel Kapsul di Medan

4 Hotel Kapsul di Medan, Harganya Mulai 100 Ribuan!

Puja Mandala Bali

Uniknya Puja Mandala, Wujud Toleransi Antar Umat Beragama di Bali