in ,

Thiwul Ayu Mbok Sum, Jajanan Legendaris Bentuk Kekinian dari Bantul

Kuliner Thiwul Ayu Mbok Sum di Bantul

Thiwul Ayu Mbok Sum

Jogja tak pernah gagal dalam memanjakan lidah wisatawan. Tak hanya di pusat kota, kamu pun bisa mendapatkan makanan lezat dan murah meriah di kabupatennya, termasuk di Bantul yang menawarkan berbagai kuliner istimewa dari menu berat hingga jajanan. Nah, kali ini ada satu lagi camilan yang sayang untuk dilewatkan. Namanya Thiwul Ayu Mbok Sum yang merupakan jajanan legendaris setempat.

Baca juga : Spot Jogging Track Asyik di Malang, Tubuh Bugar Pikiran Jadi Segar Meski Sedang Berpuasa

Jajanan Tradisional yang tak Termakan Usia

Sekotak Thiwul Ayu Mbok Sum
Sekotak Thiwul Ayu Mbok Sum via instagram/@alettanitha

Di era serba kekinian, kuliner tradisional makin ditinggalkan. Begitu pula dengan Thiwul, camilan desa yang menjadi makanan pokok pengganti beras. Namun, tidak jika kamu liburan ke Jogja. Jajanan ini masih difavoritkan, bahkan diburu wisatawan. Salah satu Thiwul Ayu Mbok Sum yang terletak di Jalan Mangunan KM 4.5, Dlingo, Mangunan, Bantul. Kamu pun bisa memesan camilan ini untuk dijadikan oleh-oleh loh.

Thiwul buatan Mbok Sum
Thiwul buatan Mbok Sum via instagram/@javafoodie

Menu Unik dengan Paduan Ayam Goreng

Seporsi Tiwul dengan ayam goreng
Seporsi Tiwul dengan ayam goreng via instagram/@voilajogja

Dimasak sederhana menggunakan tungku, thiwul ayu Mbok Sum memiliki keunikan dibandingkan lainnya. Sebelum memesan kamu akan ditawarkan berbagai ukuran dari kemasan kota kecil, besar, hingga dalam wadah nasi. Harga paket ini berbeda-beda, dari Rp8.000 hingga Rp17.000. Menariknya lagi, kamu bisa menyantap camilan ini dengan ayam kampung goreng khas Mbok Sum. Tak perlu khawatir soal rasa. Menu ini sudah dibumbui dengan bumbu remoah yang lengkap.

Seporsi tiwul dan ayam goreng
Seporsi tiwul dan ayam goreng via instagram/@lusi_prihadi

Camilan Ndeso dengan Kemasan Kekinian

Thiwul kekinian di Jogja
Thiwul kekinian di Jogja via instagram/@wennysatriaa_

Kepopuleran dari thiwul Mbok Sum ini tidak lain karena inovasinya yang tak ketinggalan jaman. Varian yang ditawarkan di sini tak hanya rasa asli yang didominasi singkong. Kamu juga bisa memesan tiwul gula jawa, tiwul gula pasir, tiwul sambal, hingga tiwul gurih. Semua jenisnya memiliki tekstur kenyal. Cita rasanya manis gurih dipadukan dengan campuran gula serta parutan kelapa. Mantapnya lagi jika disantap dalam kondisi hangat.

Jajanan legendaris dengan kemasan unik
Jajanan legendaris dengan kemasan unik via instagram/@nunuchusnul

Spesial dengan Taburan Keju

Thiwul Ayu Mbok Sum rasa keju
Thiwul Ayu Mbok Sum rasa keju via instagram/@ndrianypipit

Varian rasa tak hanya serba manis saja, kamu pun bakalan terkejut ketika ada menu cokelat dan keju yang dicampur dengan thiwul. Jenis varian tersebut juga bisa dikombinasikan. Kamu pun bakal dibuat terkejut dengan adanya nangka di dalamnya. Semua menu yang disediakan di gerai Mbok Sum ini bisa tahan hingga dua kali 24 jam di suhu ruangan. Selain di jalan Mangunan, kamu juga bisa menemukan camilan ini di cabang Thiwul Mbok Sum di Jalan Parangtritis km 3 (Depan Apotek K 24).

Thiwul unik dengan parutan keju
Thiwul unik dengan parutan keju via instagram/@jonnydputra

Liburan ke Jogja, sayang jika tak sekalian mampir ke kabupatennya. Selain menawarkan jajanan enak, kamu pun bakalan dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan. Next

ramadan

4 Bakso Mangkuk, Kuah Gurihnya Bikin Lidah Terus Bergoyang

Berburu Foto ke Bogor, Langsung Datangi Spot Wisata Fotogenik ini