in , , ,

Traveling dengan Kereta Api, Namun Bingung Antara Ekonomi C dan CA. Begini Penjelasannya!

Interior kereta api ekonomi premium yang semakin kece
Interior kereta api ekonomi premium yang semakin kece

Jalan-jalan dengan moda trasportasi kereta api memang sangat menyenangkan. Apalagi naik diwaktu pagi hingga siang hari, panorama hutan, pegunungan, hamparan persawahan akan dinikmati sepanjang perjalanan. Bakal tidak terasa bosan ketika menempuh perjalanan jauh hingga lebih dari lima jam perjalanan. Banyak diantara traveler memilih moda kerata api ini juga memiliki jadwal yang sangat tepat waktu. Tidak pernah terjadi delay ataupun terlambat ketika jadwal tiba, kecuali ada insiden human eror selama perjalanan.

Baca juga : Nusa Dua Fiesta 2016, Pesta Wisata Bertabur Artis Nasional dan Internasional

Interior kereta api ekonomi premium yang semakin kece
Interior kereta api ekonomi premium yang semakin kece. Foto via viva.com

Ketika merencanakan perjalanan dengan kereta api, tentunya teman traveler membuka berbagai macam aplikasi penyedia layanan pembelian tiket. Seperti Tiket.com, Traveloka.com, hingga aplikasi milik BUMN ini seperti KAI akses. Dalam pembelian tiket kereta api, kamu akan ditujukan dengan nama kereta berdasarkan tujuan serta tipe kelas. Kereta api jarak jauh akan menampilkan beberapa kelas seperti kelas eksekutif, kelas bisnis, dan kelas ekonomi.

Tarif tiket kereta berdasarkan jenis pengkodean huruf
Tarif tiket kereta berdasarkan jenis pengkodean huruf. Foto via kompas.com

Setelah tampil dilayar monitor, banyak diantara traveler merasa kebingungan dengan adanya subkelas yang memiliki harga tiket yang berbeda. Semisal untuk Ekonomi tersedia subkelas C dan CA pastinya menunjukkan harga tiket yang berbeda. Public Relation PT Kereta Api, Joni Martius menerangkan bahwa perbedaan kode huruf ini tidak berpengaruh apa-apa terhadap fasilitas yang diperoleh. Diatas gerbong kereta, kamu akan mendapatkan fasilitas yang sama meski membeli tiket Ekonomi C ataupun Ekonomi CA.

Tampilan lainnya ketika membeli tiket kereta api akan muncul beberapa subkelas seperti CA, C, P, Q, S, dan Z. Kode ini hanya membedakan jenis tarif, seperti CA mewakili tarif batas atas, S memiliki tarif paling rendah, dan Z mewakili tarif promo. Kode-kode ini akan mewakili pada tarif gerbong kereta api dan kelebihan lainnya ada pada ketika penumpang lebih fleksibel untuk memilih tempat duduk.

Tarif tiket kereta api Jayabaya yang berbeda berbasarkan jenis pengkodean huruf. Foto via whatsapp-arifsantoso

Kami ambilkan contoh pada salah satu Kereta Api Jayabaya dengan relasi Malang Jakarta Pasarsenen dengan jadwal pemberangkatan dari stasiun Malang pukul 11.50 WIB dan tiba di Stasiun Jakarta Pasarsenen pukul 01.25 keesokan harinya. Kereta Jayabaya ini memiliki beberapa tarif yang disuguhkan. Untuk tiket Jayabaya Kelas Eksekutif AA dipatok dengan harga Rp. 540.000. Untuk kelas Ekonomi C dipatok dengan harga Rp. 310.000, untuk kelas ekonomi CA dipatok dengan harga Rp. 330.000 dan untuk Ekonomi P dipatok dengan harga Rp. 290.000 Next

ramadan

Ingin Bersantai Keliling Karimunjawa? Jangan Lupa Sewa Motor!

Suasana matahari terbit sangat memukau di Mawar Camp

Mawar Camp, Serunya Kemah di Kaki Gunung Ungaran