in , ,

10 Tips Wajib Sebelum Hiking ke Kawah Ijen, Harus Dibaca!

Penting buat para pemula yang ingin hiking dengan lancar

Gunung Ijen di Banyuwangi terkenal dengan kawah yang memesona. Bagi pemula, gunung dengan ketinggian 2386 mdpl ini patut coba didaki karena cukup menantang dengan kemiringan 60 derajat. Buat kalian yang tertarik, ada 10 tips wajib sebelum hiking ke Kawah Ijen. Simak baik-baik, ya!

Baca juga : Kunena Eatery, Resto Bergaya Skandinavia di Jogja dengan Menu Bikin Ngiler

Pertama, olahraga sebelum pendakian

adventure_athlete_daylight_235922_28w.jpg
Ilustrasi olahraga via Pexels

Jangan pernah sepelekan olahraga! Olahraga sebelum memulai pendakian sangat penting untuk dilakukan, karena biasanya untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Medan yang tidak biasa, kadar oksigen yang semakin menipis di puncak, dan kemiringan jalanan, semua itu tidak akan bisa kalian hadapi kalau stamina kalian lemah.

Kedua, pelajari medan pendakian dari media sosial

hands_keyboard_laptop_1174775_OeD.jpg
Ilustrasi cek jalur pendakian melalui media sosial via Pexels

Sebelum memulai pendakian, kalian disarankan untuk mengecek dahulu lokasi dan jalur pendakian. Coba cari tahu, apakah keadaan gunung Ijen saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau tidak?

Mengecek jalur pendakian melalui internet atau pun bertanya kepada teman yang sudah hafal jalur pendakian juga penting dilakukan agar kita siap menghadapi medan yang akan kita lalui nanti.

Ketiga, bawa barang secukupnya!

accessories_accessory_boots_322207_Moo.jpg
Ilustrasi barang bawaan via Pexels

Pilihlah barang apa saja yang penting untuk dibawa ketika naik gunung, contohnya air mineral, snack ringan untuk camilan, dan baju secukupnya. Membawa barang yang belum tentu digunakan di gunung, hanya akan menambah beban tas dan bisa menghambat pendakian, misalnya boneka.

Keempat, memakai jaket/pakaian hangat

ydxj3749_ma7.jpg
Memakai jaket (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Ingat, jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena sulit sekali kering jika terkena basah. Ini berlaku juga bagi teman-teman perempuan yang mau naik gunung.

Selain itu, jangan lupa bawa jas hujan praktis karena bisa saja cuaca di atas gunung Ijen berkabut dan hujan jika musim hujan saat mendaki.

Kelima, Memakai sepatu Hiking/Sport

adults_adventure_beautiful_1047966_Bvq.jpg
Ilustrasi sepatu hiking via Pexels

Sebelum hiking, perhatikan betul sepatu yang akan dipakai. Kaki harus terlindung agar tidak terluka di sepanjang perjalanan. Sepasang sepatu hiking sangat tepat untuk perlindungan kaki saat pendakian. Jangan memilih sepatu yang mudah tergelincir!

Sepatu hiking atau sepatu tentara yang banyak dijual di toko sepatu merupakan pilihan yang baik untuk mendaki gunung. Karena track menuju kawah Ijen tidak terlalu sulit, kalian bisa memakai sepatu sports yang ringan dan kuat.

Keenam, jangan bawa ransel terlalu berat!

20190730_051554_l3h.jpg
Foto tas ransel (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Hiking ke kawah Ijen tidak membutuhkan barang bawaan banyak karena biasanya hanya sehari saja. Maka disarankan, bawalah ransel yang tidak terlalu berat dan hanya bisa diisi keperluan secukupnya, contohnya air mineral, cemilan, dan jaket.

Ketujuh, kotak P3K

adult_aging_bottle_1389104_3iB.jpg
Ilustrasi Obat via Pexels

Kotak P3K adalah perlengkapan yang harus dibawa tiap pendaki. Sebaiknya, bawalah peralatan medis seperti obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin, obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.

Ke Delapan, Penderita Asma Tidak Disarankan Hiking

allergies_allergy_cold_41284_yya.jpg
Ilustrasi orang terkena asma via Pexels

Untuk kalian yang mempunyai riwayat penyakit asma atau pernapasan lainnya tidak disarankan untuk mendaki ke gunung, karena untuk mendaki perlu keahlian untuk bisa mengatur pernapasan dan pernapasan yang normal.

Kesembilan, berdoa, bersikap, dan berperilaku baik

Ilustrasi berdoa (c) Endah Lestari

Biasakan, untuk berdoa terlebih dulu sebelum memulai pendakian gunung. Mintalah bantuan dan pertolongan kepada Tuhan agar menjaga kalian selama perjalanan.

Saat mendaki, ingatkan diri sendiri dan teman-teman lainnya untuk tetap bertindak sopan. Usahakan untuk menjaga teman/grup pendakian kalian untuk tidak terlalu bertingkah berlebihan atau berbicara yang kasar.

Terakhir, jagalah kebersihan!

bins_container_disposal_2682683_Ks8.jpg
Ilustrasi membuang sampah via Pexels

Jangan membuang sampah sembarangan ya! Gunung bukanlah tempat untuk menyimpan sampah-sampah kalian. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sepanjang perjalanan dan tempat wisata.

lrm_export_20190808_164220_jY6.jpg
Kawah Ijen 2386mdpl (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Demikian 10 tips dari saya untuk pendaki pemula ke Kawah Ijen. Semoga informasi ini bermanfaat! Next

ramadan
Jam Gadang

Wisata Bukittinggi, Ada Lobang Jepang Saksi Sejarah Memilukan

Festival Gandrung Sewu 2019

Festival Gandrung Sewu 2019, Kenang Keperkasaan Kerajaan Blambangan