in ,

Ingin Traveling Tapi Gaji Pas-Pasan? Ini Tips dan Triknya!

Kiat ampuh berlibur ke tempat idaman

Berlibur ke destinasi wisata favorit adalah idaman semua orang. Namun apa yang terjadi kalau gaji bulanan yang didapat ternyata tidak mencukupi untuk memenuhinya? Nah, buat kalian yang ingin traveling tapi gaji pas-pasan, simak tips dan trik berikut ini!

Baca juga : 9 Wahana Baru di Dufan untuk Mengisi Weekend Ceria

1. Rencanakan Liburan Sematang Mungkin

Ilustrasi perencanaan liburan via Shutterstock

Hal pertama yang harus Teman Traveler lakukan adalah melakukan riset dan studi tentang destinasi yang mau dituju, mulai dari harga transportasi dan penginapan, kuliner, tiket masuk tempat-tempat wisata tertentu, dan sejenisnya. Hal ini sangat penting supaya kalian tahu betul berapa alokasi dana yang dibutuhkan.

Perencanaan perjalanan atau itinerari yang asal-asalan tidak hanya akan membuat Teman Traveler chaos pada waktu liburan, tapi juga terancam kehabisan uang. Tidak mau terjadi seperti itu, bukan?

2. Mulai Hidup Hemat, Kurangi Hedon-Hedon Gak Jelas

Ilustrasi belanja hedon via Shutterstock

Seiring berkembangnya zaman, gaya hidup pun semakin tinggi. Hal ini harus dihindari oleh Teman Traveler yang masih belum menerima banyak pemasukan. Dengan mengurangi membeli barang-barang yang tidak begitu urgent, kalian bisa mengalokasikannya untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat, contohnya untuk traveling.

3. Rencanakan Tabungan Khusus Buat Traveling

Ilustrasi budget traveling via Shutterstock

Nah, setelah berhasil memangkas pengeluaran, saatnya mengalokasikan pendapatan secara khusus untuk traveling. Besarannya disesuaikan antara jumlah pendapatan dengan kebutuhan sehari-hari kalian. Apabila dalam sebulan hanya bisa menabung antara 10-20 persen dari total pemasukan, tidak apa-apa.

Yang jelas selama proses menabung, Teman Traveler harus komitmen dan tekun. Semua itu demi memperoleh impian untuk berlibur ke tempat impian, kan?

4. Pesan Tiket Transportasi dan Penginapan Jauh-Jauh Hari

Ilustrasi memesan akomodasi via Shutterstock

Sudah jadi rahasia umum bahwa harga akomodasi akan jauh lebih murah jika dipesan 2-3 bulan sebelum keberangkatan. Yang lebih menggiurkan, biasanya pada musim liburan, baik dari pihak maskapai penerbangan atau penginapan akan menawarkan promo liburan berlimpah yang pastinya tak akan dilewatkan begitu saja.

Namun hati-hati! Jangan sampai karena tergiur dengan promo murah, Teman Traveler membooking tiket secara gegabah tanpa melihat itinerari yang sudah dibuat. Apabila terjadi perubahan mendadak, kecil kemungkinan tiket tersebut akan di-fully refund.

5. Pesan Akomodasi yang Sederhana, yang Penting Aman dan Nyaman

Ilustrasi kamar hostel yang murah, nyaman, dan aman via Shutterstock

Untuk menghemat biaya, pilihlah akomodasi yang murah, namun tetap nyaman dan aman. Andaikata tabungan yang berhasil dikumpulkan cukup melimpah, tetaplah menyesuaikan gaya liburan Teman Traveler dengan pendapatan bulanan yang diterima. Siapa tahu uang sisa hasil melancong cukup untuk dialokasikan ke hal-hal lain yang bermanfaat.

Demikian 5 tips dan trik buat kalian yang ingin traveling tapi gaji pas-pasan. Selamat berlibur! Next

ramadan

Menjelajah Tanah Air ala Nirina Zubir, Salah Satunya Rela Bersepeda Ribuan Kilometer

Goong Pad Kratiem

4 Resto Thailand di Surabaya, Santap Sajian Unik Negeri Gajah Putih