in

5 Tips Agar Kaki Tidak Mudah Pegal Ketika Liburan

Pernah ke Malioboro? Objek wisata Jogja itu paling pas dijelajahi dengan berjalan kaki. Menapaki setiap jengkal pertokoan dan menikmati kuliner yang nikmat. Seharian melakukannya mungkin akan membuat kakimu merasa pegal. Agar kamu tidak terlalu menderita karenanya, maka lakukan beberapa tips berikut ini.

Baca juga : Penyetan Khas Sidoarjo, Harganya Tak Bikin Dompet Amblas

1. Pilih Sepatu yang Tepat

Memilih Sepatu [image source]
Sebaiknya memilih sepatu seperti trainers atau flats dengan bantalan yang tidak tipis. Sol yang tidak keras akan membuatmu lebih nyaman berjalan bahkan untuk waktu yang lama. Hindari menggunakan sepatu baru yang belum pernah dipakai.

2. Relaksasi Kaki

Mengistirahatkan Kaki
Mengistirahatkan Kaki [image source]
Saat perjalanan jauh yang mengharuskanmu duduk lama, baik menggunakan pesawat, bus atau kapal laut, sesekali lakukan relaksasi seperti peregangan dengan memutar pergelangan atau otot kaki. Jangan menyilangkan kaki karena bisa memperlambat sirkulasi darah. Begitu pula saat jalan-jalan lakukan relaksasi dan jangan lupa sesekali mengistirahatkan kaki.

3. Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih.
Ilustrasi minum air putih. [image source]
Dengan minum air putih yang cukup, maka sirkulasi darah akan lancar dan bisa mengurangi pembengkakan saat traveling. Kaki bisa bergerak dengan lebih bebas tanpa merasakan kelelahan. Kejadian seperti kaki kram pun dapat dihindari.

4. Rendam dengan Air Garam Hangat

Merendam kaki
Merendam kaki [image source]
Air hangat bisa memperlancar peredaran darah di sekitar telapak kaki. Dengan begitu rasa pegal akan mereda terutama di area tumit. Sementara garam mengandung kristal sulfat yang efektif meredakan sakit atau peradangan. Rendam kaki di baskom berisi air garam hangat sambil ditekan-tekan telapaknya. Cara ini bisa mengatasi rasa pegal setelah pergi seharian.

5. Pijat dengan Minyak Zaitun

Ilustrasi pijat kaki.
Ilustrasi pijat kaki. [image source]
Cara ini bisa mengendurkan otot-otot kaki yang tegang serta menjadikan sirkulasi darah lancar. Telapak kaki diolesi minyak zaitun terlebih dahulu lalu dipijat perlahan dengan sedikit tekanan di area tumit menggunakan ujung jari secara berulang-ulang.

5 tips ini bisa membantu menjaga kesehatan kaki supaya perjalanan liburan lebih nyaman. Kamu bisa menerapkannya untuk liburan mendatang. Kamu tidak perlu takut lagi melangkahkan kaki. Next

ramadan
Jenny Jusuf

Gaya Liburan Penuh Kejutan Ala Penulis Skenario Ternama Jenny Jusuf

Mengunjungi Masjid Ka’bah Subang, Luar Dalam Sungguh Indah