in , ,

Tips Liburan Natal dan Tahun Baru, Aman Serta Menyenangkan

Sederet Trik Rahasia untuk Liburan Akhir Tahun Anti Gagal

Ilustrasi menikmati liburan
Ilustrasi menikmati liburan via Unsplash

Natal dan Tahun Baru kerap jadi momen liburan paling ditunggu. Namun faktor-faktor seperti keramaian, kepadatan, dan kemacetan kerap membuatnya jadi terlewatkan begitu saja. Nah, berikut ini Travelingyuk punya beberapa tips liburan Natal dan Tahun Baru aman nan menyenangkan yang bisa Teman Traveler coba.   

Baca juga : Kuliner Khas Kupang yang Membuat Lidah Bergoyang

Tentukan Tujuan Secara Jelas

https://unsplash.com/photos/505eectW54k
Ilustrasi membuat tujuan perjalanan via Unsplash

Sebelum memulai liburan, pastikan untuk memilih destinasinya sejak jauh-jauh hari. Hal ini penting agar kalian bisa menentukan akomodasi serta transportasi yang hendak digunakan.

Perhatikan pula apakah tempatnya terjangkau atau tidak. Benarkah destinasi tersebut worth it untuk disambangi di puncak musim liburan? Pertimbangkan juga soal faktor kemacetan dan lonjakan harga tiket yang mungkin terjadi.  

Tujuan utama liburan adalah melepas lelah dan penat. Jika selama perjalanan Teman Traveler justru terjebak macet panjang, tentunya justru akan makin melelahkan bukan?

Asuransi Perjalanan

winter_holiday_2493384_1920_7Zt.jpg
Ilustrasi pertolongan pada kecelakaan via Unsplash

Mengikuti program ini, Teman Traveler akan mendapat jaminan keselamatan maupun kerugian yang terjadi selama traveling. Benar-benar penting, terutama jika kalian berencana liburan ke luar negeri. Beberapa negara bahkan mewajibkan turis memiliki asuransi semacam ini.

Sama seperti asuransi biasa, travel insurance berfungsi melindungi diri kala hal buruk atau tak diinginkan terjadi. Mulai dari kecelakaan, kehilangan atau kerusakan bagasi, delay penerbangan, hingga perlindungan rumah saat traveling.

Sebelum mendaftarkan diri, jangan lupa untuk mengecek secara teliti semua fasilitas yang diperoleh. Begitu pula dengan cara klaim dan tempat berlaku asuransi tersebut.

Cek Kelaikan Kendaraan Bermotor

car_repair_362150_1920_d6X.jpg
Ilustrasi cek kendaraan via Pixabay

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan dulu kendaraan yang digunakan benar-benar dalam kondisi baik. Apalagi jika berencana berangkat saat puncak musim liburan seperti akhir tahun. Pastikan semuanya berada dalam kondisi prima dan layak jalan. Dengan demikian Teman Traveler bakal merasa lebih nyaman dan aman selama perjalanan.

Persiapkan Barang Bawaan dengan Matang

https://unsplash.com/photos/3NCA3tbaE5I
Ilustrasi barang bawaan via Unsplash

Selain cek kendaraan, jangan lupa periksa juga bagasi. Apakah sudah sesuai kebutuhan atau justru berlebihan? Upayakan untuk hanya membawa barang-barang penting. Beberapa di antaranya adalah charger ponsel, makanan ringan, surat penting, serta obat pribadi.

Siapkan pula beberapa alternatif hiburan untuk kurangi stress selama perjalanan. Bisa berupa alat musik, radio, speaker bluetooth, maupun mainan anak khusus buat Teman Traveler yang mengajak buah hati. Dengan begini, perjalanan panjang nan melelahkan bakal terasa lebih berkesan.

Mengemudi Sesuai Aturan

vintage_1950s_887272_1920_3e5.jpg
Ilustrasi berkendara via Pixabay

Keselamatan perjalanan tentunya jadi hal utama bagi siapapun. Jika Teman Traveler ingin berkendara sendiri, pastikan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Taati juga peraturan lalu lintas yang ada. Jika berniat berkendara di luar negeri, pastikan untuk memiliki IDP alias International Driving Permit.

Sabar dan Fleksibel

https://unsplash.com/photos/e3OUQGT9bWU
Ilustrasi menikmati liburan via Unsplash

Tips terakhir ini juga tak kalah penting. Liburan saat peak season bisa sangat menguras tenaga. Bisa karena macet, destinasi tak sesuai ekspektasi, cuaca tak mendukung, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kesabaran dan fleksibilitas sangat penting untuk membuat mood tetap bagus.

Libur akhir tahun 2019 sudah di depan mata. Sudahkah Teman Traveler merencanakan agenda liburan ke Jogja atau Bandung? Selamat mempraktekkan tips liburan Natal dan Tahun Baru dari Travelingyuk ya. Next

ramadan

Sederet Fakta Unik di Balik Gunung Andong, Wisata Hiking Populer di Salatiga

Arlecchino, Sedia Gelato dan Tempat Super Instagenic