in , ,

Sederet Fakta Unik di Balik Gunung Andong, Wisata Hiking Populer di Salatiga

Mendaki salah satu puncak terpopuler di Jawa Tengah

Siapa yang belum pernah mendengar Gunung Andong? Kawasan pendakian mungil yang berada di perbatasan Salatiga-Magelang ini menawarkan pemandangan indah yang memanjakan mata. Ingin tahu sederet fakta unik yang ada di sana? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Kalluna, Resto Bergaya Bohemian dengan Kuliner Ciamik dan Interior Apik

1. Termasuk Deretan Gunung Mungil

_mg_0182_D5t.jpg
Sunrise dari Puncak Gunung Andong (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Gunung ini memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Bila dibandingkan dengan Gunung Merbabu yang berada di dekatnya, kawasan wisata ini akan nampak mungil. Namun jangan salah! Gunung Andong menjadi spot pendakian favorit, setara dengan panorama yang ditawarkannya.

Gunung ini memiliki tipikal puncak dengan akses pandang 360 derajat tanpa halangan. Beberapa gunung yang dapat dilihat dari sini adalah Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, hingga Puncak Telomoyo. Sunrise dan sunset yang terlihat sangat jelas dari sini menambah keindahannya.

2. Punya 3 Puncak Utama

_mg_2694_xYR.jpg
Siluet Gunung Merbabu dan Gunung Merapi dari Gunung Andong (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Gunung Andong memiliki 3 puncak utama, yaitu Puncak Makam, Puncak Andong, dan Puncak Alap-Alap. Lokasi tersebut dicapai dari 2 basecamp utama, yakni Sawit dan Pendem.

Tak perlu khawatir dengan peralatan mendaki saat akan mendaki gunung ini, terutama bagi Teman Traveler yang tidak membawa peralatan lengkap mendaki gunung. Kalian tetap dapat mencapai puncak dengan peralatan pribadi sederhana.

3. Jalur Pendakian yang Sangat Jelas

oc_byF.jpg
Jalur Pendakian Gunung Andong via Sawit (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Hal ini sangat diperhitungkan oleh pihak basecamp, sebab pengelolaan jalur dan rambu-rambu pendakian yang jelas sangat memudahkan para pendaki untuk berjalan di malam hari. Selain itu, kondisi jalur yang dijaga dan selalu diperbaiki juga menjadi keuntungan dari segi keamanan mendaki.

3. Terdapat Mata air di Jalur Pendakian

srp_Kx1.jpg, gunung andong salatiga
Perkebunan Warga Dilihat Dari Puncak Gunung Andong (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Pada jalur pendakian via Sawit terdapat mata air yang berada di tepi jalan. Dengan akses yang mudah membuat para pendaki cukup membawa tempat air kosong dan mengisinya dengan air gunung yang dapat langsung diminum. Hal ini membantu para pendaki mengurangi beban logistik yang dibawa.

4. Terdapat Warung Di Sekitar Puncak

_mg_0202_zFD.jpg, gunung andong salatiga
Suasana Puncak Gunung Andong Salatiga dengan Warungnya (c) Ade Alvian/Travelingyuk   

Nah, ini yang biasa dijadikan bahan bercandaan oleh para pendaki, seperti, “Tenang, di puncak ada minimarket, kang bakso atau kang cilok!” Warung yang berada di sekitar puncak menyediakan makanan dan minuman yang lebih dari cukup untuk mengisi ulang energi yang kita butuhkan.

_mg_0249_Yvl.jpg, gunung andong salatiga
Suasana Puncak Gunung Andong Salatiga (c) Ade Alvian/Travelingyuk

Faktor di atas merupakan kelebihan dari Gunung Andong Salatiga dan membuat gunung ini menjadi gunung yang sangat ramah bagi para pendaki. Tertarik hiking ke sini dan berwisata ke Magelang? Next

ramadan

4 ‘Kuburan’ Kendaraan di Jawa, Ada yang Instagenic!

Ilustrasi menikmati liburan

Tips Liburan Natal dan Tahun Baru, Aman Serta Menyenangkan