in , ,

Ingin Liburan Tapi Sulit Kantongi Izin Ortu? Simak 5 Tipsnya!

Trik yang berguna agar liburanmu lancar dan tetap dapat restu orang tua

Ingin traveling tapi sulit kantongi izin ortu? Jangan cemas! Permasalahan ini dialami cukup banyak Teman Traveler yang masih muda, kok. Ada 5 tips yang bisa dipakai untuk mengatasinya. Simak ulasannya!

Baca juga : Pantai Papuma Jember, Keindahan Megah Samudra di Sisi Jawa Timur

1. Tunjukkan Sikap yang Baik

edgar_castrejon_bg5rhvrh0jm_unsplash_894.jpg
Ilustrasi membantu Ibu via Unsplash

Hal pertama yang wajib Teman Traveler lakukan adalah menunjukkan sikap yang baik, bahkan jauh-jauh hari sebelum meminta izin berlibur. Ada baiknya kalian sudah membiasakan diri untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk di rumah. Ciptakan citra diri baik tentang dirimu di mata orang tua. Bisa juga dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan saat berada di rumah, misalkan menyapu dan mengepel lantai.

2. Cari Waktu yang Tepat

lukas_blazek_uavyasdkzq8_unsplash_7uW.jpg
Ilustrasi jam via Unsplash

Setelah menunjukkan sikap yang baik selama beberapa hari terakhir, tips yang kedua adalah mencari waktu yang tepat untuk meminta izin. Pastikan mood orang tua sedang baik, karena itu akan sangat mempermudah Teman Traveler dalam mengantongi izin berlibur. Jelaskan dengan baik dan pelan-pelan, alasan kalian ingin pergi berlibur. Jangan coba membantah, karena resiko tidak diizinkan akan semakin besar.

Jika percobaan pertama untuk meminta izin, jangan putus asa! Sabar dan coba lagi beberapa hari kedepan. Coba cari lagi waktu yang tepat untuk meminta izin. Cari waktu saat situasi di rumah sedang kondusif. Mencoba beberapa kali juga tidak ada salahnya. Melihat keinginan Teman Traveler yang kuat untuk berlibur dengan alasan-alasan yang masuk akal, bukan tidak mungkin pada akhirnya kalian akan mengantongi izin.

3. Jelaskan rencana liburanmu secara detail

jessica_lewis_fjxv46lt7xk_unsplash_p2z.jpg
Ilustrasi itinerari via Unsplash

Tidak cukup itu saja, ingat keputusan orang bisa berubah-ubah. Langkah selanjutnya yakni jelaskan rencana liburan Teman Traveler secara detail. Yang pertama harus diceritakan adalah destinasi tujuan Teman Traveler. Demi mengantongi izin, tak ada salahnya memulai dari destinasi yang dekat terlebih dahulu. Karena beberapa orang tua akan merasa khawatir ketika Teman Traveler akan berlibur jauh apalagi ke tempat yang terpencil.

Ceritakan juga berapa lama Teman Traveler akan berlibur dan bersama siapa saja. Tak ada salahnya juga memberikan nomor teman-teman yang berlibur bersama kalian kepada orang tua. Beri tahu juga tempat menginap Teman Traveler selama berlibur. Jangan sekali-kali berbohong, ceritakan saja secara jujur agar orang tua kalian mengetahui dengan jelas rencana liburanmu.

4. Jaga kepercayaan

melissa_askew_tslvoszk77c_unsplash_w4J.jpg
Ilustrasi liburan via Unsplash

Izin sudah dikantongi, rencana liburan pun sudah diceritakan secara detail. Hal terakhir yang harus Teman Traveler lakukan adalah menjaga kepercayaan orang tua selama berlibur. Jangan sekali-kali menyalahgunakannya!

Yakinkan orang tua kalian, bahwa kalian bisa hidup mandiri dan bisa dipercaya. Dengan begitu, pasti akan mempermudah Teman Traveler saat meminta izin untuk liburan selanjutnya.

5. Bawa oleh-oleh

jametlene_reskp_ovkshw0l1pu_unsplash_xCp.jpg
Ilustrasi oleh-oleh via Unsplash

Selama liburan, jangan lupa selalu beri kabar pada orang tua. Bisa juga sambil menanyakan oleh-oleh yang diinginkan. Apalagi destinasi yang Teman Traveler datangi, punya banyak makanan atau barang favorit orang tua kalian. Pulang dengan membawa oleh-oleh titipan orang tua, pasti membawa kebahagiaan tersendiri. Bisa juga lho, mempermudah Teman Traveler saat meminta izin untuk liburan selanjutnya.

Itulah sekilas ulasan, tips bagi Teman Traveler yang sedang berusaha kantongi izin ortu untuk berlibur. Yuk segera realisasikan rencana liburan kalian. Selamat berlibur, Teman Traveler! Next

ramadan

Bukit Jaddih, Tebing Kapur Instagramable di Tanah Madura

spbu terindah di dunia

4 SPBU Terindah di Dunia, Indonesia Juga Punya