in , ,

Bukit Jaddih, Tebing Kapur Instagramable di Tanah Madura

Melihat pesona salah satu mutiara Madura

Madura, pulau kecil di utara Jawa ini tak henti-hentinya menjadi buah bibir. Selain Karapan Sapi dan Bebek Maduranya yang khas, pulau ini lagi-lagi menyimpan pesona wisata yang tak biasa bernama Bukit Jaddih. Tempat ini menawarkan keindahan danau sekaligus bukit kapur yang eksotis.

Baca juga : 4 Mie Lethek Terlezat di Bantul, Favoritnya Mantan Presiden Amerika

Akses Menuju Lokasi

1488602125551_vI3.jpg
Bukit Jaddih yang serba putih (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Lokasinya cukup mudah dijangkau, yaitu sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bangkalan. Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan.

Terdapat dua akses untuk menuju lokasi, yaitu darat dan laut. Namun bagi kalian yang belum pernah mengunjungi Pulau Madura, sangat dianjurkan untuk menggunakan jalur darat, khususnya kendaraan pribadi karena lokasinya berada di kawasan pemukiman warga yang susah dijangkau oleh transportasi umum.

Selain karena tidak naik-turun kapal, kalian juga dapat menikmati keindahan pulaunya saat melewati jembatan Suramadu.

Kegiatan yang bisa dilakukan

1488602365591_C3M.jpg
Naik gethek (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Kalian bisa berfoto-foto ria atau hanya sekedar menikmati suasana. Ada banyak spot yang menarik untuk dieksplor. Di area bawah terdapat kolam yang airnya berwarna hijau ke biruan.

Tak hanya itu, kalian juga bisa berkeliling menggunakan sampan atau gethek dengan hanya membayar Rp10.000 per orang. Kolam ini bernama “Goa Poteh” yang dalam bahasa Indonesia berarti gua putih.

Kolam ini bukan secara alami terbentuk, melainkan bekas tambang warga sekitar yang kemudian keluar mata air. Keren, kan?

Yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Bukit Jaddih

1488602460444_qIX.jpg
Jangan lupa bawa kamera (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit Jaddih adalah pagi dan sore hari. Sebenarnya tidak ada masalah kalian hendak berkunjung kapanpun dan tidak ada alasan khusus yang mendasari kenapa kalian harus datang di pagi dan sore hari.

Namun, rekomendasi waktu yang tepat memang di pagi dan sore hari. Selain karena masih sepi pengunjung, kalian juga dapat menyaksikan matahari dengan pose terbaik dari atas tebing. Jika kalian berkunjung di siang hari jangan lupa untuk membawa kacamata dan sunblock, ya.

Pastikan juga baterai handphone dan kamera sudah terisi penuh, karena mengabadikan momen adalah kegiatan wajib saat berkunjung ke wisata ini.

Poin Terakhir yang Harus Diperhatikan Adalah …….

1488602040219_mIp.jpg
Panas cuy! (c) Febrianti Puspita/Travelingyuk

Kalian perlu waspada dan berhati-hati, karena bukit ini masih aktif dengan kegiatan tambang warga sekitar. Jadi tidak heran jika banyak kendaraan berat yang keluar masuk area ini. Selain itu, tidak ada satu pun tanda peringatan atau alat keamanan di sekitar lokasi. Jadi, harus menjaga nyawa masing-masing, ya.

Nahh itu tadi beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Sederhana tapi penting, bukan? Jadi bagi kalian yang sedang mengunjungi Pulau Madura jangan lupa untuk mengunjungi wisata yang sedang naik daun ini, ya!

 

  Next

ramadan

5 Lokasi Ini Ingatkan Sejarah Jalan Raya Pos Daendels

Ingin Liburan Tapi Sulit Kantongi Izin Ortu? Simak 5 Tipsnya!