in , , ,

Tips Mengatasi Jet lag, Ada yang Harus Dihindari

fi tips mengatasi jet lag

Bagi Teman Traveler pecinta traveling tentu naik pesawat adalah hal biasa, namun sering kali mengalami jet lag yang membuat tubuh tidak nyaman, akibat perbedaan waktu. Berikut tips mengatasi jet lag, ada yang harus dihindari. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga : Tersesat di Osaka? Nguliner Tipis-Tipis Yuk Sembari Menikmati Keindahan Kastil Masa Lalu

1. Mengonsumsi Magnesium

mengkonsumsi magnesium
Ilustrasi via pexels Charlotte May

Pertama, dilansir dari The Sun menurut ahli perjalanan Jonathan Leary cara mudah mengatasi jet lag adalah mengonsumsi magnesium sebab kita kehilangan magnesium dengan sangat mudah melalui keringat. Ketika berada di pesawat biasanya akan mengganggu sistem pencernaan, dehidrasi sehingga menyebabkan perasaan tegang di tubuh dan kadar magnesium rendah lalu otot-otot akan tegang.

Untuk itu perlu membuat otot-otot tegang ini menjadi rileks, agar lebih mudah tidur serta menghilangkan stress. Magnesium ini membantu menggerakkan otot-otot dan menenangkan diri, mempersiapkan Teman Traveler tidur tidak peduli di zona waktu mana kita berada. Makanan kaya akan magnesium diantaranya ada produk susu rendah lemak, kacang kering dan biji-bijian.

2. Membawa Vitamin dan Obat-obatan

vitamin dan obat
Ilustrasi via pexels Anna Shvets

Kemudian, magnesium ini juga bisa Teman Traveler konsumsi dalam bentuk tablet dan pil. Selain itu bisa juga membawa vitamin dan obat-obatan yang diperlukan agar terhidar dari pegal, kelelahan dan sakit.

3. Hindari Minum Kopi

hindari minum kopi
Ilustrasi via pexels Jean-Paul Wright

Berikutnya bagi Teman Traveler pecinta kafein bisa mencoba untuk sementara waktu hindari minum kopi sebelum naik pesawat. Sebab kafein akan membuat kita terjaga jadi tidak bisa istirahat ketika sampai pada negara tujuan, pada akhirnya membuat tubuh semakin lelah dan jet lag yang dirasa lebih berat.

4. Mematikan Lampu Saat Istirahat

mematikan lampu
Ilustrasi via pexels Ivan Oboleninov

Selanjutnya untuk menyembuhkan jet lag menurut Ratih Ibrahim seorang Psikolog adalah dengan mematikan lampu agar ruangan gelap saat istirahat, hal ini dapat membantu sekresi hormon melatonin yang membuat seseorang akan mengantuk dan bisa tidur.

5. Memilih Penerbangan Sesuai Jam Tidur

memilih penerbangan
Ilustrasi via pexels Ivan Oboleninov

Selain itu Teman Traveler juga bisa memilih jadwal penerbangan sesuai dengan jam tidur seperti pada penerbangan di malam hari. Selama perjalanan dapat memanfaatkan waktu untuk tidur, hal ini berguna saat sampai di tempat tujuan. Badan sudah terbangun dan dengan mudah menyesuaikan zona waktu berbeda.

Demikian penjelasan tips mengatasi jet lag setelah liburan yang bisa Teman Traveler catat saat akan liburan pada destinasi dengan perbedaan waktu. Semoga bermanfaat! Next

ramadan

Empat Wisata Keluarga Yang Epik di Kota Kecil Indonesia Bukittinggi

Fi lokasi syuting Honetown Cha

Wisata di Pohang Korea Selatan, Lokasi Syuting Hometown Cha Cha Cha