in ,

Tips Mengatasi Gigitan Lintah saat Naik Gunung

Sering pergi ke gunung? Antisipasi dan lepaskan gigitan lintah dengan cara ini!

Celana Panjang dengan anti lintah
Celana Panjang dengan anti lintah

Lintah merupakan hewan kecil yang cukup merintangi perjalanan kita saat melakukan pendakian di gunung, terutama pegunungan dengan cuaca lembab. Cara untuk melepas lintah sebaiknya perlu Teman Traveler pahami, agar saat mengalami gigitan lintah yang menghisap darah dan susah dilepas, kamu  bisa menanganinya. Mengingat gunung merupakan medan yang liar. maka menjaga diri sangatlah penting dan berikut cara untuk menanggulangi gigitan lintah.

Baca juga : 6 Kebahagiaan Yang Bisa Kamu Temukan di Labengki, Raja Ampat Sulawesi

1. Air Garam

Ilustrasi garam dalam botol via Shutterstock

Bila anggota tubuh kamu berhasil digigit oleh lintah segera ambillah garam dari perbekalan makanan kamu, kemudian campur garam dengan air. Aduk air dan garam dan kemudian siramkan pada lintah yang menempel dan di sekitaran bagian tubuh kita yang ditempeli lintah.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu putih via Shutterstock

Disarankan Pendaki selalu membawa minyak kayu putih. Di samping untuk menghangatkan diri, meredakan gigitan nyamuk dan serangga, minyak kayu putih juga bisa melepas gigitan lintah. Minyak kayu putih dapat diguyurkan perlahan di bagian kulit yang digigit lintah, serta sesekali menyiramkan minyak kayu putih pada lintah. Cara ini dapat meleapas lintah secara perlahan.

3. Air Jeruk

Ilustrasi air jeruk via Shutterstock

Pada dasarnya kulit lintah cukup sensitif dengan beberapa jenis asam-asaman, maka dari itu air jeruk bisa dijadikan alat untuk melepas gigitan lintah. Cara melepas lintah dengan air jeruk adalah dengan memeras jeruk sehingga sari jeruk keluar dan bisa kamu teteskan pada lintah. Lintah tidak tahan dengan air jeruk dan tubuhnya akan melengkung sehigga gigitan dapat terlepas.

4. Menggunakan Celana Panjang dan Anti Lintah

Calana panjang untuk mendaki via Shutterstock

Menggunakan celan Panjang adalah cara antisipasi yang paling mudah dilakukan agar terhalang dari gigitan lintah. Lintah sendiri sering menyerang bagian kaki, mengingat lintah sering tinggal di daratan lembab dan kaki kita merupakan bagian tubuh terdekat untuk disinggahi lintah. Maka dari itu celana panjang sangat penting digunakan saat di gunung.

5. Masukkan Baju Dalam Celana

Ilustrasi memasukan baju kedalam celana via shutterstock

Mungkin ini terlihat sepele, namun gigtan lintah benar-benar tidak terduga dan tidak jarang menyerang bagian perut. Gigitan di perut sering terjadi saat Teman Traveler beristirahat sembarangan dan lintah bisa menggeliat dari bagian belakang celana kamu dan merambat ke perut belakang.

6. Pakai Lotion Anti Nyamuk

Ilustrasi Lotion anti nyamuk via Shutterstock

Pada dasarnya kulit bagian dalam lintah adalah bagian yang paling sensitif dari lintah, dan lotion anti nyamuk bisa menjadi penghalang lintah untuk melakukan gigitan ke bagian tubuh yang diolesi lotion. Antisipasi gigitan lintah dengan menggunakan lotion anti nyamuk ini bisa sangat multi fungsi kerna juga bisa menghalang gigitan nyamuk hutan yang berresiko.

Selalau perhatikan barang bawaan kamu sebelum melakukan pendakian, dan selalu pastikan membawa perangkat keamanan saat mendaki. Selamat mendaki Teman Traveler.
Next

ramadan
Restoran Buat Syukuran Prabowo Menang Pilpres 2019 via Instagram @fajarkristiono

Rekomendasi Restoran di Jakarta Pusat Buat Syukuran Makan Bersama

Deburan Ombak Spektakuler Pantai Klayar Pacitan yang Eksotik