in , , , , , ,

Deburan Ombak Spektakuler Pantai Klayar Pacitan yang Eksotik

Pesona dan Keindahan Alam Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar yang Indah (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pacitan adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang menyimpan pesona keindahan alamnya. Terkenal akan keindahan seribu pantai dan juga banyak goa menjadikan Pacitan banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Oleh karena itu, daerah ini kurang cocok jika dijadikan layahan pertanian.

Baca juga : 5 Kuliner Lezat Khas Sumatera Utara yang Bikin Kangen

Pacitan dikenal memiliki gua-gua yang indah, diantaranya Gua Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara), Tabuhan (Batu dapat dipukul dan Berbunyi Seperti Alat Musik Gamelan), Kalak (Gua Pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara).

Pada daerah pegunungan seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat purbakala. Selain itu, Pacitan banyak memiliki pantai berpasir putih yang indah dan menjadi tujuan para wisatawan. Salah satu pantai yang terkenal dan menjadi destinasi favorit adalah Pantai Klayar. Penasan? Yuk simak ulasannya.

Lokasi dan Rute Pantai Klayar

View Pantai Klayar dari Atas Bukit (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Perjalanan dari Pacitan pusat kota, bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil selama 3 jam perjalanan. Sarana transportasi yang digunakan munuju objek wisata pantai Klayar umumnya hanya ada pada saat pagi bersamaan dengan kegiatan masyarakat yang ingin ke pasar di Kecamatan Pringkuku.

Transportasi Umum menuju Pantai

Indonesian Andong via Shutterstock

Ada beberapa transportasi umum yang bisa Teman Traveler gunakan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1) Andongan

Transportasi ini biasanya digunakan oleh warga disekitar yang ada pada saat hari-hari pasaran jawa (Wage, Legi, Pahing, Kliwon). Alat transportasi ini berupa mobil bak terbuka yang muat untuk menampung kurang lebih 20 orang dan kebanyakan untuk mengangkut barang-barang dagangan ke pasar seperti kelapa, beras, ketela, jagung, arang dan hasil-hasil pertanian lainya yang terdapat disekitar wilayah kecamatan Donorejo khususnya Desa Kendal.

2) Mobil Matuk

Mobil Matuk digunakan oleh Masyarakat Dusun Kendal untuk mengantar pulang dan pergi ke pasar setiap hari pada saat pagi. Hanya ada 2 unit mobil matuk yang dimiliki oleh warga sekitar.

3). Ojek

Jasa sepeda motor yang disediakan oleh masyarakat sekitar dapat Teman Traveler pilih sebagai transportasi selain mobil.

Teman Traveler yang berasal dari Jogja atau Solo ingin ke pantai ini? Jangan khawatir, ini jalur yang bisa Teman Traveler lewati.

Dari arah Yogyakarta

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke objek wisata pantai Klayar, tapi rute paling cepat dan sangat direkomendasikan yaitu dengan mengikuti rute dari daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Melalui
daerah Wonosari ke pantai Klayar di Pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam saja. 

Untuk mempermudah perjalanan, maka paling enak menggunakan motor sebagai alat transportasi karena jalan yang akan dilalui cukup berkelok dan empit. Oleh karen itu, jika menggunakan mobil akan memperlambat perjalanan. 

Rute menuju Pacitan dari Gunung Kidul Wonosari dapat dipersingkat menjad Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Punung – Pantai Klayar.

Dari arah Solo

Dari Solo ambil ke arah Kecamatan Pracimantoro, lanjutkan perjalanan hingga pertigaan Giribelah, kemudian belok ke kanan yang langsung ada tanjakan panjang dengan kemiringan radikal. 

Lanjutkan perjalanan hingga perempatan Kalak. Dengan kecepatan sedang, dari Kalak hanya dibutuhkan waktu setengah jam untuk tiba di Pantai Klayar.

Daya Tarik dan Pesona Pantai Klayar

Batu Spinx (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pantai Klayar memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Bibir pantai dihiasi tumbuhan pohon kelapa dan gubug-gubug/lincak-lincak yang beratap daun kering.

Karang-karang di wilayah pasang surut juga masih terawat dan sangat alami. Teman Traveler juga bisa menyusuri karang untuk menemukan kerang Mollusca dan bintang Laut Echinodermata. 

Terdapat limpet dan rumput laut yang tumbuh disekitar bebatuan. Teman Traveler bisa melihat langsung masyarakat setempat memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan (bahan baku untuk pembuatan gula jawa) atau untuk disuguhkan langsung kepada Teman Traveler sambil menikmati keeksotisan alam Pantai Klayar.

Pantai yang sangat memesona ini memiliki warna pasir dengan gradasi yang indah, misteri seruling samudera, air mancur di tengah laut, dan batu karang yang unik menjadikannya sebagai ikon Pantai Klayar. Selain itu, pantai ini juga memiliki Batu Sphinx dan beberapa sumur.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Klayar

Bukit di Atas Pantai Klayar (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Tiket masuk Pantai Klayar dijual dengan harga Rp5.000/orang saat weekday. Sementara weekend dan hari libur nasional, harga tiket dijual dengan harga Rp10.000/orang. Ada juga restribusi parkir bagi Teman Traveler yang menggunakan kendaraan pribadi, biaya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Nah itulah informasi singkat tentang Pantai Klayar Pacitan. Tertarik untuk berkunjung? Ikuti saja arahannya ya. Selamat berlibur Teman Traveler. Next

ramadan
Celana Panjang dengan anti lintah

Tips Mengatasi Gigitan Lintah saat Naik Gunung

Pemandangan Magis Gunung Tambora Kabupaten Dompu yang Penuh Kejutan