in ,

Tips Mengawali Tahun Baru dengan Semangat, Siap Menggapai Tujuan Selanjutnya?

Yuk Awali Tahun Baru dengan Kegiatan Positif, Supaya Lebih Semangat Menghadapi Tantangan Setahun ke Depan

Tips Mengawali Tahun Baru dengan Semangat
Tips Mengawali Tahun Baru dengan Semangat

Setelah merayakan pergantian tahun dengan orang terkasih. Ada yang berlibur demi menyaksikan pertunjukan kembang api spektakuler sampai makan malam dengan keluarga. Namun, jangan sampai hal tersebut melenakan. Saatnya memulai 2019 baru dengan semangat! Supaya dapat mengawali tahun baru dengan semangat, cobalah tips berikut ini.

Baca juga : Hotel Tematik Warna-warni di Bali, Bikin Liburan Makin Ceria

Cobalah untuk Bangun Lebih Awal

Bangun Lebih Awal untuk Membangun Mood via Pixabay
Ilustrasi Bangun Lebih Awal untuk Membangun Mood via Pixabay

Sejauh ini ada dua tipe orang di dunia, early bird yaitu bangun lebih awal dan night owl melakukan pekerjaan seringnya di malam hari sehingga bangun lebih siang. Tentu keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun tahukah Teman Traveler bahwa bangun pagi ternyata dapat berpengaruh kepada mood seharian? Dikarenakan masih dapat merasakan sejuknya udara dan sinar matahari pagi, apalagi kalau sempatkan keluar sebentar setelah bangun pagi.

Bangun lebih awal pun berarti Teman Traveler dapat melakukan segala kegiatan makin cepat. Cobalah dipraktekkan di tahun yang baru ini. Siapa tahu dapat membuat suasana hati Teman Traveler lebih baik dari tahun sebelumnya.

Dengarkan Lagu Sesuai dengan Mood yang Ingin Kamu Rasakan

Mendengarkan Musik Sesuai Suasana Hati yang Ingin Dirasakan via Pexels
Ilustrasi Mendengarkan Musik Sesuai Suasana Hati yang Ingin Dirasakan via Pexels

Kalau sudah bangun lebih awal, tips mengawali tahun baru berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu. Sudah rahasia umum bahwa komponen lagu seperti lirik dan instrumennya dapat mempengaruhi suasana hati dan bagaimana otak serta badan bekerja seharian. Sebaiknya Teman Traveler mengawali hari dengan mendengarkan melodi sesuai dengan mood yang ingin dirasakan, bukan yang sedang dialami. Misalnya mau mengawali hari dengan suasana hati tenang, dapat memilih lagu dengan nada calming seperti Memulai Kembali dari Monita Tahalea.

Mendekor Ulang Kamar

Ilustrasi Menata Ulang Kamar Supaya Lebih Fresh via Pexels
Ilustrasi Menata Ulang Kamar Supaya Lebih Fresh via Pexels

Tips mengawali tahun baru yang bisa Teman Traveler lakukan adalah mendekor ulang kamar. Luangkan waktu misalnya di akhir pekan ini untuk memilah barang-barang di kamar yang sekiranya tidak diperlukan misalnya kemasan bekas parfum, make-up, maupun kardus bekas. Kemudian ubahlah posisi furnitur di dalam kamar, misalnya menggeser tempat tidur, meja belajar, atau sekedar mengganti kalender yang awalnya ditempel menjadi kalender meja. Mendekor ulang kamar, dapat mengingatkan Teman Traveler bahwa ada sesuatu yang berubah. Sehingga bisa menginspirasi untuk membarui hal-hal lain setahun ke depan.

Sesekali Manjakan Diri Sendiri

Ilustrasi Pijat Relaksasi untuk Manjakan Diri via Pexels
Ilustrasi Pijat Relaksasi untuk Manjakan Diri via Pexels

Tidak ada salahnya loh mengawali tahun baru dengan sesekali memanjakan diri sendiri agar lebih bersemangat menghadapi tantangan. Lakukan sesuatu untuk diri sendiri yang selama ini diinginkan namun selalu tertunda. Tidak perlu sesuatu yang mewah, misalnya mengganti model potongan rambut maupun berkunjung ke pijat relaksasi. Boleh juga mampir ke kedai kopi favorit dan minumlah kopi di pagi hari atau pun coklat hangat. Anggap saja sebagai permulaan sebelum meraih tujuan di tahun baru.

Membuat Review Pengalaman Menyenangkan selama Satu Tahun ke Belakang

Ilustrasi Membuat Rangkuman Pencapaian Setahun ke Belakang via Pixabay
Ilustrasi Membuat Rangkuman Pencapaian Setahun ke Belakang via Pixabay

Teman Traveler juga bisa melakukan tips mengawali tahun baru yaitu merangkum pengalaman menyenangkan selama satu tahun ke belakang. Dilakukan untuk mengapresiasi diri sendiri atas apapun yang telah dicapai. Seperti membuat daftar, kegiatan apa saja yang berjalan lancar, prestasi yang diperoleh, hal apa yang telah dilakukan demi memperbaiki kehidupan, maupun apa yang sudah ‘dibuang’ demi membuat diri sendiri lebih bahagia. List tersebut dapat membantu Teman Traveler menciptakan tujuan baru yang hendak dicapai pada tahun berikutnya.

Jangan Biarkan Projek dari Tahun Lalu Menghantui Awal Baru

Ilustrasi Menyelesaikan Pekerjaan yang Tertunda via Pixabay
Ilustrasi Menyelesaikan Pekerjaan yang Tertunda via Pixabay

Tips mengawali tahun baru selanjutnya adalah sebaiknya jangan biarkan projek dari tahun lalu ‘menghantui’ awal baru. Kalau Teman Traveler mempunyai projek maupun pekerjaan yang tertunda di masa sebelumnya. Mulailah untuk segera dikerjakan walau itu sedikit demi sedikit. Sehingga dapat menjernihkan pikiran dari hal-hal lama.

Fokus pada Tujuan di Tahun Baru

Ilustrasi Fokus pada Tujuan ke Depan via Pexels
Ilustrasi Fokus pada Tujuan ke Depan via Pexels

Setelah sebelumnya membuat daftar pencapaian di masa lalu yang berfungsi untuk mengapresiasi diri sendiri, sekaligus membantu ‘menelusuri’ tujuan setahun ke depan. Teman Traveler pun sebaiknya fokus pada goals yang ingin dicapai. Menyingkirkan segala hal yang bisa mengalihkan perhatian Teman Traveler dari tujuan tersebut.

Misalnya ingin menguasai 2 bahasa asing pada akhir tahun depan. Maka mulailah mencari tahu bagaimana cara belajar dengan efektif dan efisien, apakah kursus face-to-face atau online. Bisa juga mencari partner berbincang-bincang dalam bahasa asing tersebut. Menuangkan hasil berlatih ke dalam tulisan maupun bentuk visual seperti doodle dan lainnya.

Sekian tips mengawali tahun baru agar lebih bersemangat menjalani satu tahun ke depan. Semoga dapat membantu Teman Traveler dalam menggapai target. Selamat tahun baru! Next

ramadan
Tempat menginap murah di sekitar Kemang

Tempat Menginap Murah Sekitar Kemang, Kisaran 200 Ribu Bisa Liburan Hemat di Kawasan Hits Ibu Kota

Istana di Asia

Ingin Liburan ke Tempat Bersejarah tapi Nggak Ngebosenin? Yuk Jelajahi Istana di Asia Ini