in ,

Panduan Menikmati Sunrise di Bromo Via Malang dan Probolinggo

Tips Liburan ke Bromo dari Probolinggo

Bromo

Bromo adalah gunung yang unik. Segala daya tariknya menjadikan tempat ini seperti taman ‘surga’ di Indonesia. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit, menjelajahi padang rumput, naik tangga untuk melihat kawah dan masih banyak lainnya. Menuju ke Bromo bisa lewat Probolinggo. Jalur ini menawarkan berbagai keindahan menawan. Agar lebih seru, coba perhatikan beberapa tips menikmati sunrise Bromo berikut ini.

Baca juga : Spot Foto Bunga Teratai di Indonesia, Instagenic Bikin Terpesona

1. Pilihan Transportasi Menuju Probolinggo

Terminal Probolinggo
Terminal Probolinggo via seputar bus indonesia

Kabupaten Probolinggo yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa bisa diakses dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Jika kamu berangkat dari Surabaya, tersedia bus atau kereta api dengan harga tidak lebih dari Rp50.000. Jika turun di stasiun, harus naik angkutan dulu ke terminal lalu naik bison jurusan cemoro lawang. Namun kalau naik bus bisa langsung berangkat ke Cemoro Lawang. Biasanya armada bison sangat susah ditemukan saat malam hari, jadi sebaiknya naik sebelum sore.

Susana di dalam bison menuju ke Bromo
Susana di dalam bison menuju ke Bromo via kehendakbaru

2. Istirahat di Cemoro Lawang

Desa Cemoro Lawanf dilihat dari kejauhan
Desa Cemoro Lawang dilihat dari kejauhan via Instagram/@farid.anwar_photo

Cemoro Lawang adalah desa yang terdekat dengan Gunung Bromo di wilayah Probolinggo. Di sinilah gerbang menuju serpihan surga itu. Kamu bisa menemukan penginapan yang harganya relatif murah sebagai tempat istirahat. Warung-warung makan pun bisa kamu pilih sesuai selera. Beres dengan urusan penginapan, kamu bisa menentukan kendaraan untuk menjelajahi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terdapat ojek dan jeep yang akan mengantarmu.

Istirahat di Cemoro Lawang
Istirahat di Cemoro Lawang via Instagram/@putrey_

3. Mengunjungi Spot Menakjubkan

Pasir Berbisik
Pasir Berbisik via Instagram/@liem479

Kawah bromo bukan satu-satunya yang bisa dinikmati. Ada banyak destinasi yang akan memanjakan matamu. Dari Cemoro Lawang, kamu bisa berangkat tengah malam atau sekitar pukul 02.00 menuju ke penanjakan 1 untuk melihat matahari terbit. Spot ini sangat terkenal karena panoramanya yang indah. Setelah puas lanjutkan dengan mengunjungi tempat lainnya seperti padang savana.

Bromo dari Penanjakan 1
Bromo dari Penanjakan 1 via pesona bromo travel

4. Mampir ke Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura via INstagram@LiburMulu.com

Air Terjun Madakaripura berada dalam satu kawasan dengan Gunung Bromo. Wisata alam yang indahnya bagai kelambu putih ini bisa kamu anggap sebagai bonus setelah melihat sunrise. Letaknya di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo dan sejalur dengan arah pulang menuju pusat Kota Probolinggo. Selain itu, bisa juga menuju ke BJBR yaitu wisata mangrove yang saat ini lagi hits.

Air Terjun Madakaripura via
Air Terjun Madakaripura via @LiburMulu.com

Itulah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan saat ingin ke Bromo via Probolinggo. Kamu punya cara lain yang tidak kalah penting? Bagikan di kolom komentar ya! Next

ramadan
Via Instagram nano_oregano

Oleh-oleh Khas Rembang, Buah Tangan untuk Keluarga Tersayang

Kuliner Pisang Kekinian di Cirebon

Deretan Kuliner Pisang Cirebon, Banana Lover Jangan Ketinggalan