in , , ,

Olahraga Tradisional Khas Indonesia Permainan Seru dan Unik

fi olahraga tradisional khas indonesia

Pasti Teman Traveler sudah tidak asing dengan pencak silat, selain itu ada olahraga tradisional khas Indonesia dari berbagai daerah lainnya. Permainan yang seru dan unik, biasanya juga dimainkan saat momen tertentu atau upacara adat. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Wisata Segar Segar di Blitar, Meski Traveling Saat Puasa tetap Takterasa Lapar

1. Pencak Silat

pencak silat
Ilustrasi via instagram rizall_hikmawan

Pertama ada pencak silat merupakan olahraga tradisional khas Indonesia yang sudah ada sekitar abad ke-7 Masehi. Olahraga ini juga ditetapkan sebagai warisan budaya non-benda oleh UNESCO pada tahun 2019 lalu. Meskipun gerakan pencak silat mengandung unsur seni bela diri dari Tiongkok namun silat adalah asli dari Indonesia. Dibuktikan dari temuan berupa artefak pada zaman kerajaan Hindu-Buddha.

2. Sepak Takraw

sepak takraw
Ilustrasi via instagram lerengofficial97

Kemudian ada sepak takraw, sekilas olahraga ini seperti sepak bola namun dikombinasikan dengan voli. Permainan dilakukan dengan menyepak bola hingga melampaui net di tengah lapangan, bola yang dipakai terbuat dari anyaman rotan. Olahraga tradisional ini asli berasal dari Sulawesi Selatan, berkembang pada masa Kesultanan Melayu pada abad ke-15 hingga sekarang.

3. Lompat Batu

lompat batu
Ilustrasi via instagram muhadjir_effendy

Selanjutnya ada lompat batu sebuah tradisi khas dari Pulau Nias, Sumatra Utara. Masyarakat Nias menyebutnya zawo-zawo, para pemuda di sini akan mencoba melompati tumpukan batu setinggi 2 meter untuk menunjukkan bahwa mereka sudah pantas dianggap dewasa secara fisik. Kegiatan ini juga dipertunjukkan pada ritual tertentu bagi seorang pemuda yang akan menikah.

4. Karapan Sapi

karapan sapi
Ilustrasi via instagram reihan.annauval

Berikutnya ada karapan sapi asli dari Pulau Madura merupakan perlombaan pacuan sapi yaitu sepasang sapi menarik kereta kayu yang dikendalikan oleh seorang joki, dipacu dalam adu cepat melawan pasangan sapi lainnya. Kegiatan ini awalnya diadakan untuk memperoleh sapi kuat untuk membajak sawah, kemudian menjadi sebuah tradisi yang rutin dilaksanakan setiap bulan Agustus sampai Oktober.

Demikian ulasan olahraga tradisional khas Indonesia yang mungkin sudah pernah Teman Traveler lihat atau coba? Next

ramadan
fi pantai di banten

Pantai di Banten, Pelesiran Asyik yang Menenangkan

fi kuliner khas bengkulu

Kuliner Khas Bengkulu, Makanan Berat Hingga Camilan yang Nikmat