in , , ,

Tips Naik Kereta Api Jarak Jauh yang Nyaman Saat Pandemi

fi tips naik kereta jarak jauh

Saat ini Teman Traveler sudah bisa melakukan perjalanan darat menggunakan kereta api, tentunya dengan berbagai syarat serta aturan yang harus dipenuhi. Berikut tips naik kereta api jarak jauh yang nyaman saat pandemi. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Gronjong Wariti, Rasakan Kesegaran Alam Kediri yang Instagenik

1. Memesan Tiket via Online

memesan tiket online
Ilustrasi via pexels Tima Miroshnichenko

Pertama untuk meminimalisir kontak fisik dan transaksi menggunakan uang tunai saat ini Teman Traveler bisa memesan tiket via online melalui aplikasi PT KAI atau via aplikasi akomodasi lainnya. Selain itu tentu akan sangat praktis menghemat waktu.

2. Melakukan Tes Antigen

melakukan tes antigen
Ilustrasi via pexels SHVETS production

Kemudian sebagai syarat naik kereta jarak jauh adalah dengan menyertakan bukti hasil negatif tes antigen yang dilakukan satu hari sebelum keberangkatan (1×24 jam). Atau selalu update informasi tentang syarat ketentuan berapa lama batas waktu melakukan tes tersebut, sebab dapat berganti sewaktu-waktu.

3. Menyiapkan Bukti Vaksinasi

menyiapkan bukti vaksinasi
Ilustrasi via instagram pustaka_lewi

Selain tes negatif covid-19, Teman Traveler wajib menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama pada aplikasi PeduliLindungi. Atau bisa juga masuk dalam aplikasi lain yang sudah bekerja sama dengan PeduliLindungi.

4. Datang ke Stasiun Lebih Awal

datang lebih awal
Ilustrasi via pexels veerasak Piyawatanakul

Saat hari H, Teman Traveler usahakan datang ke stasiun lebih awal antara 1-2 jam sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru dan ketinggalan kereta. Selain itu menghindari antrian panjang saat mengecek hasil tes negatif covid-19, suhu tubuh dan lainnya.

5. Membawa Peralatan Disinfektan

membawa peralatan disinfektan
Ilustrasi via pexels Monstera

Kemudian Teman Traveler juga bisa membawa peralatan disinfektan jika diperlukan untuk membersihkan tempat duduk dan sekitarnya. Jangan lupa membawa hand sanitizer juga.

6. Patuhi Protokol Kesehatan

patuhi protokol kesehatan
Ilustrasi via pexels Polina Tankilevitch

Selanjutnya tentu Teman Traveler wajib mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak. Selain itu hindari menerima telpon dan mengobrol dengan penumpang lainnya jika tidak diperlukan.

7. Tubuh Dalam Kondisi Fit

tubuh dalam kondisi fit
Ilustrasi via pexels Miguel Á. Padriñán

Hal paling penting adalah menjaga tubuh dalam kondisi fit saat melakukan perjalanan. Sebab jika pengecekan suhu di atas normal serta ada gejala seperti batuk, tentu Teman Traveler akan dilarang memasuki peron menaiki kereta api. Meskipun hasil tes covid-19 negatif, apalagi ketika kondisi kurang sehat bisa dengan mudah terpapar virus selama perjalanan, untuk itu sangat penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.

Demikian ulasan tips naik kereta api jarak jauh yang nyaman ketika pandemi covid-19. Semoga bermanfaat untuk Teman Traveler, selalu menjaga protokol kesehatan ya! Next

ramadan

Pantai Koka Maumere, Surga Kecil Nan Catik di Sisi Timur Indonesia

Pesona Pulau Siladen Manado, Surga Tersembunyi Bawah Laut Yang Menakjubkan