in , , , , , , ,

6 Tips Piknik di Hutan Kota Pakal Surabaya, Liburan Senang Hati Tenang

Berbagai Tips yang Patut Diperrhatikan Jika Berkunjung ke Hutan Kota Pakal Surabaya

Hutan Kota Pakal Surabaya
Hutan Kota Pakal Surabaya

Sudah pernah dengar kalau Surabaya punya hutan kota? Bukan Hutan
Mangrove yang di Surabaya Timur, ya.  Hutan Kota Surabaya ini terletak di
ujung barat Kota Surabaya. Tepatnya di Sidorejo 2, Kecamatan Pakal. Spot satu ini bisa jadi alternatif wisata alam di Surabaya. Selain suasana yang sejuk dikelilingi pohon cemara udang dan danau, tentunya destinasi ini gratis. Pengunjung cukup membayar uang parkir kendaraan.

Baca juga : Indahnya Lautan Biru dari Dermaga Maratua Paradise Resort

hutan_kota_pakal_s_Ixx.jpg
Hutan Kota Pakal Surabaya (c) Ria Agustina/Travelingyuk

Lokasinya yang jauh dari pusat kota menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini cocok untuk  ngadem sejenak melepaskan diri dari tumpukan pekerjaan. Berikut beberapa tips bagi Teman Traveler yang hendak berkunjung ke Hutan Kota Pakal Surabaya.

1. Bawa Kendaraan Pribadi

img_20190814_170144_KM8.jpg
Pengunjung Harus Parkir Kendaraan Tepat Sebelum Rel Tanpa Palang
(c) Ria Agustina/Travelingyuk

Hutan Kota Pakal Surabaya terletak di Sidorejo, Kecamatan Pakal yang merupakan ujung barat dari Kota Surabaya. Akses lokasi menuju tempat ini berada di dalam pemukiman warga, pintu masuknya melewati gang pemukiman warga yang tidak lebar dan juga lahan parkir masih terbatas. Karena keterbatasan lahan parkir tersebut, lebih baik membawa kendaraan roda dua saja jika Teman Traveler ingin mengunjungi tempat ini. Sebenarnya bisa membawa kendaraan roda 4, tetapi pengunjung harus parkir di tepi gang, kemudian berjalan kurang lebih 300 m. 

2. Bawa Bekal Makanan dan Tikar

img_20190814_155529_0Ko.jpg
Disediakan Gazebo di Sisi Danau untuk Pengunjung Bersantai (c) Ria Agustina/Travelingyuk

Karena letaknya yang berada di ujung barat Surabaya, sayang
sekali jika hanya sebentar berkunjung ke destinasi ini. Teman Traveler bisa seharian ngadem di sini. Selain itu, disarankan untuk membawa bekal makanan ringan maupun berat  dan tikar. Sembari menikmati piknik tipis-tipis, Teman Traveler bisa membawa laptop dengan baterai yang telah terisi penuh atau buku bacaan menarik. Semilir angin dan suara burung-burung di tepi danau cocok sebagai teman bersantai.

3. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Foto

lrm_export_7266704904881_20190817_224004132_sKb.jpeg
Berfoto dengan Latar Pohon Cemara Udang (c) Ria Agustina/Travelingyuk

Hal yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke sini adalah mengabadikan momen melalui foto. Jangan sampai ketinggalan menyiapkan perlengkapan foto yang instagenik karena setiap sudut tempat ini sangat menarik. Selain itu, tempat ini juga bia digunakan sebagai lokasi prewedding atau maternity shoot. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang memuaskan, datanglah pada hari aktif, karena pengunjung yang datang tidak terlalu banyak.

4. Datang Pagi Hari atau Sore Hari

img_20190814_162606_LRP.jpg
Sore Hari Bersantai di Hutan Kota Pakal bersama keluarga (c) Ria Agustina/Travelingyuk

Untuk mengantisipasi panasnya jalanan Surabaya yang cuacanya panas, Teman Traveler disarankan datang pagi hari atau sore hari. Selain itu, karena macetnya di beberapa titik jalan menuju lokasi ini, lebih baik tidak berangkat terlalu siang. Sebagai saran, alangkah baiknya jika datang  di pagi hari. Selain bisa berpuas-puas mengambil foto di setiap spot menarik, hawanya lokasi ini masih sangat sejuk, sayang sekali untuk dilewatkan.

5. Siapkan Lotion Anti Nyamuk

lrm_export_23273623323305_20190817_125310957_5vz.jpeg
Berfoto di Tepi Danau (c) Ria Agustina/Travelingyuk

Hutan Kota Pakal Surabaya yang didominasi oleh tumbuhan yang rimbun dan danau yang mengelilingi tempat ini tentunya sangat memungkinkan nyamuk dengan mudah bersarang.  Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, jangan lupa membawa dan mengoleskan lotion anti nyamuk pada anggota tubuh ya, Teman Traveler.

6. Buang Sampah pada Tempatnya 

img_20190814_160955_XR3.jpg
Terdapat Gazebo dan Tempat di Berbagai Sudut (c) Ria Agustina/Travelingyuk

Jangan buang sampah sembarangan adalah hal yang tak boleh dilewatkan, begitu pula jika berkunjung ke tempat ini. Tetap jaga kebersihan lingkungan, agar Teman Traveler juga dapat berpiknik dengan nyaman dan bersih. Jangan khawatir, di beberapa sudut lokasi ini sudah disediakan tempat sampah.

Itulah 6 tips untuk piknik di Hutan Kota Pakal Surabaya. Jangan lupa membahagiakan diri dengan berkunjung ke sini ya, Teman Traveler. Selamat berlibur! Next

ramadan

Keindahan Destinasi Cowindo yang Mewakili Kearifan Kecamatan Sendang

Bisa Hoki Sepanjang Tahun, Ini 5 Tradisi Unik dan Wajib Perayaan Imlek