in ,

Takut Snorkeling? Begini Cara Mudah Menyelam Aman Bagi Pemula

Snorkeling di Pantai Ypao
Guam Snorkeling at Ypao Beach at the Tumon Bay Marine Preserve

Keindahan bawah laut Indonesia memang jempolan. Tak hanya diakui oleh wisatawan lokal, turis asing dari berbagai negara juga terpesona dengan panorama taman bawah laut di Bunaken, Raja Ampat dan beberapa tempat lain. Meski Indonesia banyak dikelilingi lautan, ternyata tidak sedikit dari masyarakat yang takut untuk berenang dan menyelam di laut. Nah, jika kamu salah satunya, Travelingyuk punya tips untuk menghilangkan rasa takut untuk snorkeling. Penasaran kan?

Baca juga : 7 Menu Dessert Marshmallow di Jakarta, Manis dan Lembutnya Bikin Bahagia!

Kenali Rasa Panik dan Belajar Mengontrol Emosi

Snorkeling cantik di laut
Snorkeling cantik di laut [image source]
Bukan hanya takut air, seseorang yang sudah terbiasa berenang di kolam juga akan takut untuk menyelam di lautan. Sebagian besar ketakutan timbul karena melihat kedalaman laut serta gulungan ombak yang tidak stabil. Nah, untuk menghilangkan rasa was-was berlebihan tersebut, tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengenali rasa panik dan belajar untuk mengontrol emosi. Kontrol emosi ini sebenarnya tidak hanya untuk pemula, tetapi semua penyelam. Tujuan utama tidak lain untuk tetap tenang dalam keadaan genting.

Belajar Teori Terlebih Dahulu

Alat Snorkeling Lengkap
Alat Snorkeling Lengkap [image source]
Ketakutan awalnya bersumber dari ketidaktahuan kita mengenai sesuatu hal. Untuk dapat mengurangi rasa takut menyelam tersebut, tips yang dapat kamu lakukan adalah belajar dan mempelajari mengenai snorkeling. Apa yang harus disiapkan sebelum snorkeling, seperti apa cara kita berenang dan bernafas serta bahaya snorkeling apa saja yang bisa terjadi ketika berada dalam air. Yap, jika informasi tersebut dipelajari dengan mudah, maka ketakutan untuk snorkeling akan berkurang.

Beranggapan Terbiasa Berenang di Lautan

Beranggapan Biasa Snorkeling
Beranggapan Biasa Snorkeling [image source]
Rasa cemas saat berada di atas air memang sering dirasakan oleh pemula. Bahkan ada yang beranggapan bahwa hembusan angin pun sebuah ancaman. Nah, salah satu cara lain yang dapat kamu terapkan saat takut untuk snorkeling adalah beranggapan sudah terbiasa berenang di lautan. Kamu pun bisa membayangkan bagaimana cara memakai snorkle, bahkan berenang dengan ikan cantik di laut. Hal tersebut dapat membuat pikiranmu lebih tenang.

Berenang Bersama dengan Ahlinya

Snorkeling bersama teman
Snorkeling bersama teman [image source]
Selain karena ancaman dari alam, sebagian besar orang takut untuk snorkeling karena merasa sendirian di dalam air. Karena itu pula, ketakutan tenggelam bahkan tergulung ombak makin besar. Tips untuk dapat menghilangkan takut seperti ini adalah memilih partner untuk terjun ke dalam air. Saat itu pula kamu akan merasa aman karena temanmu yang ahli akan selalu ada di sisimu

Nah, sudah berani untuk snorkeling kan? Sebelum memutuskan terjun ke lautan, ada baiknya untuk melatih dan menjaga tubuh. Ada baiknya untuk menunda agenda menyelam jika dalam keadaan sakit. Next

ramadan

Bangga Banget! Dua Bandara Ini Menyabet Prestasi Kelas Dunia

Villa Sapi, Akomodasi Mewah di Lombok dengan Tema Futuristik