in , , , , ,

Tips Susur Gua yang Aman, Terutama Bagi Pemula

fi tips susur gua yang aman

Bagi Teman Traveler yang ingin mencoba aktivitas menantang seperti caving perlu adanya persiapan matang. Berikut ada tips susur gua yang aman terutama bagi pemula, meski adanya pemandu tetap harus memahami apa saja aturannya untuk sampai dasar gua. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Kamu Harus Memenuhi Syarat Ini Sebelum Masuk ke Gua Jomblang

1. Kenali Struktur Gua

kenali struktur gua
Ilustrasi via pexels Quang Nguyen Vinh

Pertama pastikan Teman Traveler mengenal dan mengetahui struktur gua, seperti apakah gua akan disusuri termasuk vertikal atau horizontal. Sebab itu berkaitan dengan peralatan yang akan dibawa. Gua horizontal memerlukan peralatan helm, caving sling, cover all, dan caving pack sack. Sedangkan vertikal foot loop jammer, dan chest jammer, bobin descender, rack, dan auto stop descender dan pengaman, untuk proses naik serta turun.

2. Mempelajari Teknik Dasar

mempelajari teknik dasar
Ilustrasi via pexels Cade Prior

Kemudian pada saat melakukan caving juga harus mempelajari teknik dasar. Jika menyusuri gua horizontal, pastikan lutut dan siku dalam kondisi optimal sebab akan banyak melakukan gerakan membungkuk, merayap, tengkurap dan telentang. Selain itu juga membutuhkan kemampuan berenang serta menyelam karena risiko terendam air atau banjir.

Sedangkan menyusuri gua vertikal dibutuhkan kemampuan untuk menyeimbangkan berat badan dan keterampilan menggunakan tali, sebab akan teknik caving gua vertikal adalah SRT (Single Rope Technique) atau teknik tali tunggal.

3. Jangan Mudah Panik

jangan mudah panik
Ilustrasi via instagram banschel

Hal penting lainnya adalah jangan mudah panik sebab disadari atau tidak saat berada di tempat gelap dan sempit akan memicu adrenalin sehingga menjadi panik. Bersikap tenang saat caving sangat dibutuhkan dan terpenting pun jangan ragu-ragu. Selain itu kondisi tubuh harus dalam keadaan sehat, stamina kuat, fleksibel dan mampu menghadapi sesuatu.

Selain itu jangan panik saat bertemu hewan seperti ular atau kelelawar yang biasanya dijumpai saat di gua. Cukup menghindari atau menjauh tanpa menyakiti atau mengganggu hewan-hewan ini, terutama jangan mengarahkan cahaya terang pada kelelawar sebab jika menghambur ke arah keluar tentunya malah mengganggu jalan Teman Traveler.

4. Didampingi Pemandu

didampingi pemandu
Ilustrasi via pexels Zak Bentley

Selanjutnya Teman Traveler saat akan melakukan susur gua wajib didampingi pemandu berpengalaman. Selain sudah memiliki jam terbang tinggi, pemandu ini mengetahui apa yang harus dilakukan saat bertemu situasi berbahaya dan tentunya sangat mengenali gua yang akan kita susuri. Keberadaan mereka akan meminimalisir adanya kecelakaan.

Demikian ulasan tips susur gua yang aman terutama untuk pemula, semoga tips di atas dapat membantu Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi gua paling akstrem di dunia

Gua Ekstrem di Dunia, Salah Satunya Ada Gua Jomblang Jogja

Keunikan Mendaki Gunung Penanggungan via Jolotundo