in , , , , ,

Gua Ekstrem di Dunia, Salah Satunya Ada Gua Jomblang Jogja

fi gua paling akstrem di dunia

Teman Traveler menyukai wisata ekstrem yang menantang, menjelajahi perut bumi menjadi pilihan wisata dengan aktivitas seru. Berikut gua ekstrem di dunia, salah satunya ada di Jogja yaitu Gua Jomblang. Petualangan menakjubkan sekaligus memacu adrenalin. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : 10 Danau Biru Ini Berbentuk Hati, Manis Banget deh!

1. Gua Krubera, Georgia

gua kruberaa
Ilustrasi via instagram shegeftijahan96

Pertama ada Gua Krubera yang merupakan gua terdalam di dunia, berlokasi di wilayah Pegunungan Kaukasus, Georgia, sekitar distrik Gagra, Abkhazia. Memiliki pintu masuk relatif sempit sehingga harus menggunakan tali untuk turun tetapi semakin ke dalam akan semakin lebar.

Terakhir penjelajah cavers Gannadiy Samokhin yang berhasil mencapai rekor kedalaman baru yaitu 2.197 meter. Setelah sampai salah satu dasarnya pemandangan menakjubkan akan menyapa Teman Traveler, ada sebuah kolam alami berwarna biru dan batuan stalaktit di sekelilingnya.

2. Gua Waitomo, Selandia Baru

gua waitomo
Ilustrasi via instagram shaun_jeffers

Selanjutnya di Selandia Baru ada Gua Waitomo yang terkenal dengan cacing bercahayanya. Menjelajahi gua ini harus bersama seorang pemandu atau paket tur dengan menggunakan perahu untuk masuk ke dalam gua gelap. Di sana Teman Traveler akan disambut cahaya seperti lampu kebiruan yang mengitari dinding gua, cacing ini bercahaya saat malam maupun siang. Selain itu keunikan stalagmit dan stalaktitnya dengan bentuk tak biasa juga menjadi daya tarik tersendiri. Penjelajahan ini menghabiskan waktu sekitar 15 menit.

3. Gua Swallow, Meksiko

gua swallow
Ilustrasi via instagram club_mandrivnykiv

Kemudian beralih ke Meksiko ada Gua Swallow yang terletak di kawasan hutan hujan San Luis Potosi. Memiliki karakteristik bentuk kerucut di mana bagian bawah lebih lebar dari atas gua, kedalaman 400 meter dengan diameter mulut gua 60 meter dan diameter dasar 300 meter. Nah untuk masuk ke dalam gua Teman Traveler harus terjun bebas menggunakan parasut, pengalaman ini menjadi daya tarik para pengunjung yang mencari aktivitas ekstrem memacu adrenalin.

4. Gua Jomblang, Jogja

gua jomblang
Ilustrasi via instagram dennyboncu

Berikutnya di Indonesia juga mempunya wisata gua yang menantang yaitu Gua Jomblang di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Jogja. Merupakan gua vertikal dengan keunikan terdapat hutan purba tumbuhan paku, aliran sungai, stalagmit serta stalaktit menakjubkan. Selain itu, menjadi daya tarik lainnya adalah view cahaya matahari yang turun ke dasar gua, biasanya dijadikan spot foto instagenik.

Cara menuruni gua sampai dasarnya harus bergelantungan pada seutas tali, namun ada juga cara lain dengan berjalan pada jalur yang cukup terjal. Kedalamannya juga berbeda-beda, untuk pemula biasanya menuruni jalur jalur 15 meter. Sedangkan kedalaman 40 meter sampai 80 meter perlu menggunakan peralatan SRT (Single Rope Technique) tentunya ditemani seorang pemandu. Biaya menyewa operator caving mulai Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta, harga tersebut dapat berganti sewaktu-waktu.

Demikian ulasan daftar gua ekstrem di dunia, bisa dijadikan referensi petualangan Teman Traveler selanjutnya setelah PPKM berakhir. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi syarat dan tata cara masuk mal

Syarat dan Tata Cara Masuk Mal Selama PPKM Level 4

Benefits of an enterprise Management System