in , ,

5 Tips Wisata Kuliner, Perhatikan Agar Tak Menyesal

Panduan Penting Wisata Kuliner, Wajib Catat!

Berburu kuliner saat liburan
Berburu kuliner saat liburan via Unsplash

Liburan bakal terasa kurang lengkap jika tidak berwisata kuliner. Kesempatan mencicipi aneka makanan khas daerah bakal jadi aktivitas menarik yang bisa jadi pengalaman jalan-jalan tak terlupakan. Namun agar tak menyesal, berikut adalah beberapa tips wisata kuliner yang wajib Teman Traveler perhatikan. Yuk, simak satu-persatu.

Baca juga : Makan Diluar saat New Normal, 7 Tips Memilih Restaurant yang Tepat!

Buat List Kuliner yang Akan Dicicipi

cathryn_lavery_fmd_cru6otk_unsplash__1__jD5.jpg
Ilustrasi membuat list kuliner (c) Rosita/Travelingyuk

Pertama-tama Teman Traveler perlu membuat daftar lengkap mengenai kuliner yang akan dicicipi. Jika perlu, sebelum berangkat liburan kalian bisa luangkan sedikit waktu untuk mencari beberapa referensi tempat. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, jajanan atau makanan apa saja yang patut dicoba.

Carilah keterangan lengkap mengenai jenis makanan, tempat terbaik, hingga harganya. Sebagai tambahan, kalian juga bisa bertanya pada teman maupun kerabat dari daerah yang akan dituju. Jangan melewatkan kesempatan cicipi sajian khas atau legendaris.

Cari yang Berbeda dengan Kuliner Kota Asal

markus_winkler_j_fct6sgp4u_unsplash_AeW.jpg
Ilustrasi makanan unik via Unsplash

Berikutnya adalah cari jenis makanan yang berbeda atau tidak ada di kota asal Teman Traveler. Beranikan diri mencoba makanan anyar. Meski kadang nama, bahan baku, atau cara pengolahannya nampak aneh, jangan takut mencicipi. Tak ada salahnya melakukan sedikit petualangan rasa. Sebab mungkin kalian takkan berkesempatan mencicipi sajian tersebut di masa mendatang.

Tergoda dengan Tampilan Menarik

vinicius_amano_dbov1qsil_c_unsplash_BR3.jpg
Ilustrasi mudah tergoda dengan tampilan menarik via Unsplash

Tips berikutnya, jangan mudah tergoda dengan tampilan menarik. Banyak makanan sengaja dibuat sedemikian rupa demi menarik perhatian pembeli. Padahal bisa saja sajian tersebut mengandung bahan-bahan berbahaya. Ingat, tampilan menarik dan aroma menggoda belum tentu bisa memenuhi ekspektasi rasa Teman Traveler.

Pilih Tempat Ramai

jonathan_chai_ihnaosomnvm_unsplash_o4e.jpg
Ilustrasi memilih tempat ramai via Unsplash

Banyak orang percaya, enak tidaknya menu makanan bisa dilihat dari jumlah pembeli. Jika banyak pelanggan sampai rela mengantre, bisa jadi kedai/resto tersebut memang sajikan makanan enak. Hal ini juga berlaku untuk warung-warung maupun kedai sederhana.

Bicara soal lokasi, banyak kuliner lezat ditemukan di tempat-tempat tidak terduga. Teman Traveler mungkin pernah menjumpai warung legendaris yang berada di pelosok gang sempit, namun ramai pembeli. Hal ini menandakan bahwa mereka memang tawarkan makanan lezat dan harga bersahabat.

Jangan Ragu Tanyakan Harga

clem_onojeghuo_mq0_mmw5qas_unsplash_NiD.jpg
Ilustrasi menanyakan harga pada penjual via Unsplash

Tips terakhir adalah jangan ragu menanyakan harga, apalagi jika berada di daerah yang kurang kalian kenal. Meski sebuah warung/resto tampak sederhana, belum tentu harga yang ditawarkan ramah kantong. Jangan ragu bertanya jika tak menyesal belakangan.

Hal ini akan menghindarkan Teman Traveler dari pedagang yang mematok harga berkali-kali lipat. Bahkan kadang ada juga pedagang yang ingin mendapat keuntungan lebih dengan membanderol harga luar biasa mahal. Jika memang harga yang ditawarkan tidak sesuai bujet, jangan ragu untuk berpindah ke tempat lainnya.

Itulah sekilas ulasan mengenai beberapa tips wisata kuliner yang bisa Teman Traveler coba. Tunggu apa lagi, segera wujudkan rencana menjelajah kuliner Bandung atau Jogja. Luangkan waktu untuk menjajal beragam sajian khas seperti gudeg maupun masakan lainnya. Next

ramadan
Pemandangan di Penelokan Kintamani

Penelokan Kintamani, Menikmati Tenangnya Pagi di Bali

Kawasan Coban Rais di Batu

Coban Rais, Spot Instagramable Primadona Batu