in , , , ,

Tirta Gangga, Grafitasi Kerajaan Air Bali yang Eksotik

Kerajaan Air Bali yang Kealamiannya Masih Tetap Terjaga!

Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk
Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk

Kawasan Karangasem di pulau Bali memiliki banyak daya tarik wisata yang unik, salah satunya adalah Tirta Gangga. Taman berkonsep istana air ini, menawarkan segala keunikan dan keindahan kolam yang memiliki latar belakang sejarah dan juga sebagai tempat pemandian yang sangat disakralkan bagi masyarakat Bali. Seperti apa keindahannya? Simak ulasan berikut ya.

Baca juga : Kuliner Ayam Bangi di Kediri, Sensasi Super Pedas yang Bikin Nagih

Tempat Menakjubkan dengan Suasana yang Sejuk

Keindahan Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk
Keindahan Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk

Terdapat 3 bangunan yang menjadi dominasinya yaitu, patung, kolam dan area perkebunan. Kondisi alam Tirta Gangga sangatlah sejuk, hal ini dikarenakan letaknya yang berada di kaki Gunung Agung. Keasrian dan kesejukan inilah yang membuat wisatawan nyaman dan betah berlama-lama mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Ikan-ikan di Kolam Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk
Ikan-ikan di Kolam Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk

Tirta Gangga memiliki suasana tenang dan damai, sehingga sangat pas menjadi pelepas lelah dan penat dari aktivitas piruk kota yang melelahkan. Pertama memasuki pintu gerbang utama, Teman Traveler akan disambut oleh beberapa patung yang berbaris seperti prajurit.

Selain itu, Teman Traveler dapat menyusuri kolam melalui jalan setapak yang terbuat dari batu yang disusun rapi layaknya jembatan. Selain dapat berjalan mengitari kolam, melihat ikan-ikan di kolam ini, tidak jauh dari kolam terdapat taman dengan sebuah menara air yang dibentuk seperti atap pura.

Menara Air di Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk
Menara Air di Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk

Selain kolam yang bersikan patung, wisata Tirta Gangga juga memiliki tempat yang bisa dipergunakan untuk berenang. Kolam tersebut bernama Air Sanih yang memiliki air jernih karena berasal dari langsung dari sumber air. Tidak hanya itu, kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak dibedakan sesuai kedalamannya.

Milik Kerajaan Karangasem

Air Mancur di Pinggir Kolam (c) Atmakhati/Travelingyuk
Air Mancur di Pinggir Kolam (c) Atmakhati/Travelingyuk

Tirta Gangga adalah sebuah istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung dari Anglurah Ketut Karangasem Agung. Taman ini berdiri pada tahun 1948 yang dibangun sebagai penghormatan kepada masyarakat Hindu Bali.

Kolam Ikan (c) Atmakhati/Travelingyuk
Kolam Ikan (c) Atmakhati/Travelingyuk

Nama Gangga diambil dari sebuah sungai terkenal di India. Dalam kebudayaan Hindu, Sungai Gangga merupakan mata air sumber kehidupan dan kesejahteraan bagi manusia karena berasal dari tanah. Air di taman Tirta Gangga pun di anggap sebagai air suci yang dapat digunakan untuk melangsungkan upacara adat.

Akses menuju Lokasi

Jalan di Tengah Taman Air (c) Atmakhati/Travelingyuk
Jalan di Tengah Taman Air (c) Atmakhati/Travelingyuk

Wisata ini tidak hanya dipenuhi oleh masyarakat Bali saja, akan tetapiĀ  wisatawan yang berasal dari luar daerah, bahkan tidak sedikit wisatawan asing yang turut andil dalam meramaikan tempat ini. Tirta Gangga adalah bekas istana kerajaan yang terletak di bagian Timur Pulau Bali, dekat Gunung Agung.

Taman wisata Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Lokasinya terletak sekitar 5 kilometer sebelah utara Pusat Kota Amlapura. Jarak dari bandara ngurah rai sekitar 81 kilometer. Sedangkan dari Kuta berjarak kurang lebih 75 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket yang Terjangkau

Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk
Tirta Gangga (c) Atmakhati/Travelingyuk

Terdapat beberapa fasilitas seperti Titra Ayu Hotel & Restaurant, Kusuma Jaya On The Hill, Pondok Batur Indah, serta warung makan hingga restaurant yang harganya cukup terjangkau. Tiket masuk ke wisata ini kurang lebih Rp15.000 per orang dan bagi Teman Traveler yang ingin menikmati pemandian akan di pungut biaya sekitar Rp6.000 per orang. Tirta Gangga memiliki waktu operasional setiap hari Senin hingga Minggu mulai jam 08:00 hingga 18:00 WITA. Jangan salah waktu saat berkunjung dan selamat berlibur Teman Traveler! Next

ramadan

Romantisme Momen Sunset di Waduk Cengklik yang Menawan

Hadapi Corona, 8 Hal yang Dilakukan Wali Kota Surabaya Ini Bisa Jadi Motivasi