in ,

Desa di Atas Pegunungan Ini Dipercaya Sebagai Titik Tengah Indonesia

Desa Umpungeng, Titik Tengah Indonesia

Desa di atas pegunungan bernama Umpungeng yang secara administratif masuk ke wilayah Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan ini banyak dibicarakan sebagai titik tengah Indonesia. Letaknya yang berada di atas pegunungan, jauh dari perkotaan, jadi daya tarik sendiri. Seperti apa persisnya? Simak uraian berikut ini!

Baca juga : Ragam Minuman untuk Sajian Idul Fitri, Indahnya Berbagi di Hari yang Suci

1. Terletak di Kawasan Pegunungan

Berada di Pegunungan via Instagram/matalangitsoppeng

Desa Umpungeng berada di kawasan pegunungan Neneconang dan Gunung Laposo. Lokasinya berada pada ketinggian 1000-1500 mdpl. Ia berjarak 10 Km ke sebelah barat daya dari ibu kota Kabupaten Soppeng.

2. Situs Megalitikum Tempat Pertemuan Para Raja Zaman Dulu

Disebut Sebagai Salah Satu Situs Megalitikum via Instagram/akbar_bebeto

Menurut beberapa cerita, kawasan ini merupakan salah satu situs megalitukum. Ia berupa deretan batu-batu gunung yang melingkar. Batu-batu gunung tersebut melingkari batu yang ada di bagian tengah. Konon, pada zaman dahulu, tempat ini digunakan sebagai area pertemuan para raja.

Dikelilingi Batu-batu via Instagram/masblack99

Setiap satu batu yang melingkar tersebut menurut cerita merupakan tempat duduk dari satu perwakilan. Tempat ini kemudian menjadi simbol pemersatu dan banyak dikunjungi warga dari banyak wilayah.

3. Titik Tengah Berupa Lubang yang Sangat Dalam dan Ditutupi Batu Besar

Titik Tengah Indonesia via Instagram/linda93ar

Desa yang disebut sebagai titik tengah Indonesia ini dalam bahasa Bugis dijuluki Posiā€™na Tanae yang artinya pusar atau pusat tanah. Wilayah yang disebut sebagai titik paling tengah negeri ini berupa tanah yang dipagari oleh batuan.

Desa Umpungeng dari Atas via Instagram/matalangitsoppeng

Pagar tersebut dibentuk mengelilingi sebuah lubang yang ditutup oleh batu. Menurut cerita dari warga, seperti yang dilansir dari Tribun, batu tersebut berfungsi untuk menutupi lubang yang sangat dalam. Warga boleh menyentuh batu yang mengelilinginya, namun berhati-hati saat menginjak tanahnya.

4. Akses yang Menantang

Meski Aksesnya Menantan, Ia Banyak Dikunjungi via Instagram/arie_performance

Teman Traveler penasaran dengan keberadaan titik tengah Indonesia ini? Siapkan fisik ya, karena akses menuju Desa Umpungeng masih cukup menantang untuk dilewati. Dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam. Meski begitu, ia tetap banyak dikunjungi!

Bagaimana? Jika sudah mengunjungi titik nol kilometer di Sabang, nggak ada salahnya untuk mampir di titik tengah negeri ini, kan? Kalau begitu selamat berlibur ke Sulawesi Selatan! Next

ramadan
Bladok Inn and Restaurant. via Bladok.web.id

5 Best Hotels Under IDR300,000 in Malioboro, Yogyakarta

Pengunjung di Gunung Bendera Padalarang

Gunung Bendera Padalarang, Si Cantik yang Ramah Didaki