in , ,

Tomboan Ngawonggo Tajinan di Malang, Menikmati Sajian ala Pedesaan

Tempat unik di Tajinan Malang

fi tomboan ngawonggo

Wisata kuliner di Malang mulai dari bakso, arem-arem dan keripik tempe sudah biasa. Kini Teman Traveler akan diajak menikmati sajian ala pedesaan di Tomboan Ngawonggo Tajinan. Tempat ini punya konsep unik lho! Yuk ikuti ulasan berikut.

Baca juga : Coban Jidor, Keindahan Eksotis di Kawasan Jabung

Suasana Desa yang Kental

suasana desa yang kental
Ilustrasi via instagram tomboan_

Saat Teman Traveler memasuki Tomboan Ngawonggo ini, suasana pedesaan akan sangat terasa. Mulai dari gerbang, bangunan rumahnya, dan pernak-perniknya. Pengelola di sini menyebut tempat ini bukan warung maupun kafe, tetapi hanya menyuguhkan suguhan atau jamuan untuk para tamu yang datang.

Hal unik lainnya para pengelola di sini menggunakan baju kebaya lengkap dengan kain jarik untuk perempuan, sedangkan para lelakinya bertelanjang dada dan memakai kain jarik serta blangkon. Bagaimana sangat terasa kan nuansa desanya?

Menu Sajian Sederhana

menu sajian sederhana
Ilustrasi via instagram banyilaa

Menu yang disajikan di sini adalah masakan tradisional nusantara, bisa berganti jenis masakannya dan semua bahan bersumber dari nabati tidak ada unsur hewani. Salah satu menunya seperti, lalapan sambal bersama sayur, tahu, tempe, sayur lodeh, terong balado, bothok dan lainnya.

Untuk minuman disediakan dalam kendi dan wedang uwuh tradisional, ada juga camilan seperti ongol-ongol, lemet, gethuk, horok-horok dan lainnya. Menariknya semua menu ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sebagai gantinya Teman Traveler bisa memberikan kontribusi atau amal pada Kotak Asih yang disediakan.

Ada Peraturan Khusus

peraturan khusus
Ilustrasi via instagram hudzdha

Sebelum ke lokasi unik ini, Teman Traveler perlu mengetahui peraturan khusus yang ada di sini, yaitu wajib reservasi terlebih dahulu H-1 kedatangan melalui kotak pesan pada media sosialnya, tidak boleh membawa makanan kemasan serta unsur hewani seperti telur, petis dan susu.

Kemudian Teman Traveler harus berpakaian serta berperilaku bertutur kata sopan, tidak membuang sampah sembarangan, pesan dan mengambil makanan secukupnya dan tidak diperkenankan bertanya soal harga.

Lokasi, Jam Operasional dan Rekomendasi Lain

pecel tenan
Ilustrasi (c) Nuril Azizah/Travelingyuk

Tomboan Ngawonggo berlokasi di Jalan Rabidin RT.03, RW.04, Dusun Nanasan, Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Malang, Jawa Timur. Jam operasional tempat mulai pukul 09.00 hingga 14.30 WIB, setiap hari kecuali hari Kamis libur.

Rekomendasi lainnya ada Pecel Tenan yang memiliki konsep tradisional dan sederhana, menyatu dengan alam. Di sini Teman Traveler akan diajak menikmati makanan di dekat kolam pemandian.

Menyediakan menu nasi pecel, lauk pauk seperti tahu, tempe, telur, sedangkan minuman ada teh sereh, kopi, bir jawa dan lainnya. Dengan harga mulai Rp 3.500 hingga Rp 8.500 saja. Pecel Tenan berlokasi di Pusun Jabon, Mangliawan, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur. Jam operasional warung 07.30-10.30 WIB, 14.30-17.30 WIB setiap hari kecuali hari Selasa dan Jumat libur.

Demikian ulasan Tomboan Ngawonggo Tajinan di Malang, wisata unik dan autentik yang bisa menjadi destinasi Teman Traveler selanjutnya. Next

ramadan
fi desa sawai

Desa Sawai di Pulau Seram Maluku, Keindahan yang Tersembunyi

fi penginapan di bali mewah

Penginapan di Bali, Mewah Dengan View Alam Mulai 600 Ribuan