in , ,

Desa Sawai di Pulau Seram Maluku, Keindahan yang Tersembunyi

Desa Sawai, desa wisata indah di Maluku

fi desa sawai

Indonesia memang menyimpan banyak surga kecil yang menakjubkan, seperti Desa Sawai di Pulau Seram Maluku. Berdekatan dengan Kawasan Taman Nasional Manusela, desa ini mempunyai keindahan yang tersembunyi. Penasaran? Yuk ikuti ulasan di bawah ini.

Baca juga : Tempat Menginap Bandung 100 Ribuan, Hemat Hingga Semingguan

Desa Tertua di Maluku

desa tertua
Ilustrasi via instagram itammanis.motret

Desa Sawai merupakan desa tertua di Maluku, meskipun tidak ada literatur resmi yang menceritakan. Tetapi menurut cerita penduduk lokal, desa ini pertama kali dibangun oleh para pedagang Arab yang datang ke Pulau Seram. Sebelum Spanyol, Portugis maupun Belanda datang ke Maluku.

Memiliki keindahan alam yang terawat dan terjaga menjadikan desa wisata ini menarik untuk dikunjungi. Lautnya yang tenang serta jernih, berwarna kebiruan sehingga pemandangan ikan-ikan kecil dan biota laut terlihat dengan jelas. Tentunya masih banyak keindahan lain dari desa ini untuk dijelajahi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan
Ilustrasi via instagram teguhindo_71

Selain itu banyak aktivitas yang bisa dilakukan Teman Traveler di desa wisata ini, yaitu berenang di laut tenangnya, snorkeling pada spot yang mirip Ha Long Bay di Vietnam atau trekking menuju Bukit Bendera untuk melihat Pulau Seram dari ketinggian.

Objek Wisata Sekitar

objek wisata sekitar
Ilustrasi via instagram ali_asron16

Desa Wisata ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Taman Nasional Manusela, merupakan rumah dari 117 spesies burung, 14 diantaranya endemik yaitu Nuri Bayan, Kasturi Tengkuk-ungu, Kakatua Maluku dan lainnya.

Teman Traveler bisa menjelajahi hutan, panjat tebing dan mengamati tumbuhan serta satwa seperti rusa atau burung. TNM juga berada di area Gunung Binaiya yang cocok untuk melakukan pendakian.

Cara Menuju Lokasi

menuju lokasi
Ilustrasi via instagram itammanis.motret

Lokasi Desa Sawai secara administratif berada di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Cara menuju desa wisata ini yaitu Teman Traveler dari Bandara Pattimura Ambon ke Pelabuhan Tuleha. Setelah itu naik ferry ke Pelabuhan Amahai di Pulau Seram.

Dengan waktu 3 jam perjalan dengan mobil, Teman Traveler akan sampai pada Horale dan naik perahu nelayan menuju desa wisata. Tidak ada biaya masuk desa, hanya memerlukan biaya transportasi dan akomodasi jika menginap. Biaya penginapan di atas laut mulai Rp 250.000 per malam.

Demikian ulasan Desa Sawai di Pulau Seram Maluku, destinasi wisata indah di bagian timur Indonesia. Next

ramadan
fi penginapan di mlg dan sekitarnya

4 Daftar Penginapan di Malang dan Sekitarnya, Mulai 300 Ribuan

fi tomboan ngawonggo

Tomboan Ngawonggo Tajinan di Malang, Menikmati Sajian ala Pedesaan