in ,

10 TPS Unik di Pilpres 2019, Bukti Masyarakat Indonesia Kreatif Bukan Main

Inilah 10 TPS Unik di Pilpres 2019

TPS unik di Pilpres 2019
TPS unik di Pilpres 2019

Proses pemungutan suara pada Pilpres 2019 telah usai pada Rabu (17/4/2019). Memeriahkan acara tersebut, banyak tempat pemungutan suara (TPS) di tanah air melakukan terobosan unik supaya warga setempat makin semangat untuk mencoblos. Misalnya saja dengan menawarkan minuman, camilan serta mendesain TPS dengan bentuk yang nyeleneh. Inilah 10 TPS unik di Pilpres 2019.

Baca juga : 5 Jenis Rambutan di Indonesia, Victoria Beckham Suka Banget!

1. TPS Tema Pernikahan

TPS tema pernikahan, via Instagram/yeni_rimscatering
TPS tema pernikahan, via Instagram/yeni_rimscatering

TPS pertama yang cukup mengusung perhatian adalah yang menusung konsep pernikahan. Bahkan tidak hanya satu tempat saja, beberapa lokasi. Ada yang di Surabaya dan juga Bogor. Tidak main-main, para petugas mendesain TPS sedemikian rupa sampai menyerupai lokasi pesta pernikahan. Bahkan ada ‘singgasana’ juga. Bahkan, di Bogor, pemilih akan mendapatkan souvenir usai mencoblos.

2. TPS Serba Pink

TPS serba pink, via Instagram/rizamuhammad.arif
TPS serba pink, via Instagram/rizamuhammad.arif

Ada TPS seba pink yang juga tidak kalah nyentrik dengan lokasi lain. Ada TPS 04 dari Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Para petugas, yang kebanyakan adalah pria mengenakan baju berwarna pink. Pernak perniknya juga didominasi warna pink. Unik sekali. Memang ada-ada saja cara memerihkan perayaan Pilpres 2019.

3. TPS Ala Jepang

TPS ala Jepang, via Instagram/revitafebbyola
TPS ala Jepang, via Instagram/revitafebbyola

TPS unik di Pilpres 2019 selanjutnya juga tak kalah unik. Mengusung konsep bernuansa Negeri Sakura, TPS 121 di Bekasi juga cukup membetot perhatian. Para petugasnya mengenakan kimono untuk semakin memeriahkan acara pencoblosan. TPS 12I ini berada di Kemang IFI Graha Jatirasa-Jatiasih, Bogor. Area sekitarnya juga diberi pernik-pernik yang cantik, memang istimewa.

4. TPS dengan Baju Adat Solo

TPS baju adat Solo, via Instagram/antarafotocom
TPS baju adat Solo, via Instagram/antarafotocom

Di Solo ada petugas TPS 27 di Kampung Happy, Manahan yang meramaikan Pilpres dengan mengenakan baju ada solo. Bahkan beberapa anak-anak yang lengkap dengan kuda lumpingnya siap menyambut para pencoblos yang sudah siap dengan pilihannya. Cukup membuat suasana jadi semakin hidup.

5. TPS Tema Kampoeng Pemilu Nusantara

Kampoeng Pemilu Nusantara, via Instagram/caturn26⁣
Kampoeng Pemilu Nusantara, via Instagram/caturn26⁣

Di Depok ada salah satu TPS yang dipadati para pengunjung Yakni TPS dengan tema Kampoeng Pemilu Nusantara yang berada di Jl. Nenas Raya, Kota Depok. Di sini mengusung konseo beragam suku di Iindonesia. Mulai dari suku Betawi, Jawa, Sunda, Batak, dan lain-lainnya. Sangat meriah dan cukup membuat girang para pencoblos yang datang.

6. TPS Bertema Horor

TPS horor, via Instagram/rifqikikii
TPS horor, via Instagram/rifqikikii

Di Jakarta, tepatnya di TPS 073, kawasan Jl. Balong No. 1, Lebak Bulus juga mengusung TPS dengan sangat unik dan mengundang perhatian. Bagaimana tidak, mereka berkostum hantu-hantu, dari dalam negeri sampai luar. Tidak hanya para petugasnya saja, lokasinya juga dibuat cukup ‘angker’. Kreatif, mungkin merupakan kata yang sangat tepat untuk menggambarkannya.

7. TPS Suasana Bali Kental

TPS nuansa Bali, via Instagram/infobalihebat
TPS nuansa Bali, via Instagram/infobalihebat

Pulau Dewata juga tak mau ketinggalan dengan daerah lainnya di Indonesia. Salah satu TPS juga mengusung nuansa Bali yang sangat kental. Bahkan mereka juga mengenakan baju adat untuk menambah semangat. Pernik dan dekorasi khas Bali ada di sekeliling TPS, kamu akan melihat nuansa Pulau Dewata banget.

8. TPS dengan Tema Becak

TPS nuansa becak, via Instagram/antarafotocom
TPS nuansa becak, via Instagram/antarafotocom

Di Solo ada TPS dengan tema becak. Mereka adalah TPS 10 yang berlokasi di Kampung Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Mereka yang memilih di sini akan melihat berbagai ornamen bernuansa becak. Mulai dari kotak suara, bilik, sampai dengan tempat pencelupan tinta. Memang kreatif bukan main.

9. TPS dengan Nuansa Betawi

Tps dengan ondel-ondel, Foto Istimewa
Tps dengan ondel-ondel, Foto Istimewa

Kemudian ada di TPS 008 di pelataran Lembaga Administrasi Negara (LAN) kelurahan Gambir, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Barat mengusung tema Nuansa Betawi yang kental. Ini merupakan lokasi calon Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan istrinya, Iriana Jokowi melakukan pencoblosan. Dihasi dengan bendera merah putih serta ondel-ondel, nuansa Betawi begitu terasa.

10. TPS Super Hero

TPS Super hero, via Instagram/antarafotocom
TPS Super hero, via Instagram/antarafotocom

TPS unik di Pilpres 2019 lainnya berada di komplek Perumahan Pondok Benowo Indah, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal juga tidak kalah unik. Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di tempat ini kreatif menggunakan atribut super hero. Ada Superman, Capten Amerika, Spiderman, Batman dan lain-lain. Tak ayal tempat ini jadi ramai dengan anak-anak dan para pencoblos yang antusias.

Itulah 10 TPS Unik di Pilpres 2019 ini. Apakah di daerahmu juga memiliki TPS unik? Yuk beri informasi dan fotonya di kolom komentar. Next

ramadan

Kreasi Foto Traveling dengan Baju “Makanan”, Biar Konten Instagrammu Nggak Gitu-gitu Aja

Wisata Pilihan Ringgo Agus Rahman

Liburan Bareng Anak? Coba Singgahi Wisata Ramah Si Kecil Pilihan Ringgo Agus Rahman