in ,

Keistimewaan Tradisi Minum Teh di 4 Daerah Indonesia, Salah Satu Bukti Kekayaan Budaya Tanah Air

Tradisi Minum Teh di 4 Daerah di Indonesia

Tradisi Minum Teh di Indonesia
Tradisi Minum Teh di Indonesia

Indonesia sebagai salah satu dari 10 penghasil teh terbesar di dunia, mempunyai perkebunan yang tersebar di penjuru nusantara. Teh diperkenalkan ke Indonesia pada zaman kolonial Belanda, hingga kemudian tanaman ini pun dibudidayakan. Tradisi minum teh pun mulai berkembang di Indonesia, masing-masing daerah memiliki keunikan dan tata cara tersendiri dalam menyajikan minuman ini. Yuk, lihat satu persatu.

Baca juga : Kafe Susu di Jogja, Nongkrong Sehat ala Anak Muda!

Patehan

Abdi Dalem Mengantarkan Teh pada Tradisi Patehan via Shutterstock
Abdi Dalem Mengantarkan Teh pada Tradisi Patehan via Shutterstock

Tradisi minum teh satu ini hanya dilakukan di keraton Jogja, ditujukan untuk sultan dan keluarga keraton Jogja, juga saat ada tamu keraton. Nama Patehan diambil dari tempat di mana teh diracik, yaitu Bangsal Patehan. Tradisi minum teh dilaksanakan setiap pukul 6 pagi dan 11 siang.

Dimulai dengan mengambil air dari sumur Nyai Jalatunda, kemudian merebus air di dalam ketel khusus berbahan tembaga, yang dipercaya dapat menetralisir air dan menolak bala. Penyajian teh pun memiliki aturan tersendiri, seperti takaran masing-masing bahan, serta tidak boleh mengaduk teh agar kualitasnya tidak menurun. Teh tersebut dibawa oleh 10 orang abdi dalem, 5 perempuan dan 5 laki-laki, mengenakan pakaian tradisional Jogja.

Tradisi Moci

Teh Poci via Instagram @makanyajalan
Teh Poci via Instagram @makanyajalan

Moci adalah sebutan untuk tradisi minum teh menggunakan media poci alias teko gerabah, dikenal di daerah Tegal, Cirebon, Slawi, Pemalang, Brebes, dan sekitarnya. Tradisi ini konon bermula dari kebiasaan buruh pabrik kebun teh menyeduh tiga lembar daun teh di dalam poci. Tidak hanya sekedar minum teh, tradisi ini pun memiliki makna akan kehidupan. Teh poci dihidangkan dengan gula batu yang tidak boleh diaduk, dibiarkan mencair dengan sendirinya. Ketika teh diminum akan terasa sepet atau pahit, namun lama-lama terasa manis. Bermakna bahwa kehidupan memang terlihat ‘pahit’ namun apabila bersabar, akan merasakan manisnya kehidupan.

Nyaneut

Teh Disajikan pada Gelas Batok Kelapa pada Tradisi Nyaneut via Shutterstock
Teh Disajikan pada Gelas Batok Kelapa pada Tradisi Nyaneut via Shutterstock

Nyaneut merupakan tradisi minum teh masyarakat Sunda khususnya Garut. Awal mulanya diperkenalkan oleh warga Belanda pada abad ke-19. Teh yang digunakan adalah khas Cigedug dan sekitarnya bernama kejek, di mana pengolahannya dengan cara diinjak-injak. Pembuatannya diawali dengan merebus air di atas tungku tanah liat berbahan bakar kayu. Kemudian air panas dipindahkan ke dalam teko gerabah, ditambah satu sendok teh kejek, lalu didiamkan beberapa saat. Disajikan dalam cangkir batok kelapa atau seng. Sebelum dinikmati, cangkir teh diputar sebanyak dua kali, aroma teh dihirup tiga kali. Kini tradisi nyaneut sudah agak luntur, sehingga diadakan Festival Nyaneut setiap tahun di Garut.

Nyahi

Pada Nyahi, Teh Disajikan pada Teko Blirik dan Gelas Seng via Shutterstock
Pada Nyahi, Teh Disajikan pada Teko Blirik dan Gelas Seng via Shutterstock

Tradisi ini dipengaruhi oleh masyarakat Tionghoa yang suka meminum teh, diadaptasi oleh orang Betawi. Nyahi merupakan minum teh yang memiliki cita rasa agak pahit atau tawar, sembari menghabiskan waktu untuk ngobrol santai atau diskusi. Disajikan di dalam teko blirik dengan gelas seng di atas nampang seng. Biasanya dinikmati dengan gula kelapa yang digigit terlebih dahulu baru teh diseruput.

Walaupun posisi teh tubruk alias membuat teh dengan daun teh kering sudah digeser oleh teh celup yang cenderung lebih praktis, namun tradisi minum teh di daerah-daerah tersebut masih dipertahankan. Boleh nih mencoba tradisi tersebut kalau berkunjung ke kawasan yang telah diulas di atas. Tradisi minum teh dari daerah di Indonesia manakah yang Teman Traveler ketahui? Next

ramadan

Hotel di Jakarta Pusat Dekat Monas 300 Ribuan, Tidur Nyaman Dompet Aman

Interior Ukafe, Via Instagram/engellachin_

Ukafe Vintage Eatery di Jember, Serunya Nongkrong di Dalam Bus