in ,

Tradisi Unik Tahun Baru di Dunia, Ada yang Pecahkan Piring sampai Jalan-jalan Pakai Koper Kosong

Ternyata Berbagai Negara di Dunia Ini Punya Tradisi Unik di Malam Tahun Baru

Tradisi Unik Tahun Baru

Sudah tiba di penghujung tahun nih Teman Traveler, tidak terasa sebentar lagi akan datang tahun baru 2019. Nah tahun baru masehi ini merupakan momen penting yang bahkan terdapat acara khusus untuk menyambutnya. Beberapa negara memiliki tradisi unik tahun baru, mulai dari pecahkan piring, sampai jalan-jalan dengan koper kosong. Nah seperti apa dan di mana saja tradisi tersebut berlangsung? Yuk baca ulasan berikut.

Baca juga : 5 Ayam Goreng Populer di Jogja, Pilihan Santapan Legendaris yang Sulit Ditampik Enaknya

Pecahkan Piring, Denmark

Ilustrasi Pecahkan Piring via Shutterstock
Ilustrasi Pecahkan Piring via Shutterstock

Tradisi unik tahun baru yang dilaksanakan di Denmark adalah memecahkan piring di depan pintu rumah teman. Piring pecah merupakan simbol keberuntungan, jadi semakin banyak terdapat pecahan di depan rumah maka semakin beruntung di tahun baru. Wah kalau berada di Denmark, Teman Traveler harus berhati-hati ketika buka pintu rumah nih.

Makan Lentil, Brazil

Ilustrasi Makan Lentil via Shutterstock
Ilustrasi Makan Lentil via Shutterstock

Tradisi unik tahun baru di Brazil melibatkan kuliner, harus makan yang tepat agar dapat memancing keberuntungan dan kelimpahan rezeki. Makanan tersebut adalah lentil yaitu sejenis kacang, bisa dijadikan sup atau olahan lain. Selain itu juga makan nasi, anggur, dan buah delima. Semua itu dipercaya dapat membawa kebaikan sepanjang tahun. Dan harus menghindari makan kepiting maupun kalkun. Tapi tenang saja, hal tersebut hanya dilakukan di saat malam tahun baru saja.

First-footing, Skotlandia

Ilustrasi Orang Mengetuk Pintu Rumah pada First-footing via Shutterstock
Ilustrasi Orang Mengetuk Pintu Rumah pada First-footing via Shutterstock

Perayaan tahun baru di Skotlandia disebut Hogmanay yang dilaksanakan mulai 31 Desember sampai 2 Januari. Skotlandia mempunyai tradisi unik tahun baru berjuluk first-footing. Orang pertama yang berkunjung ke rumah setelah tengah malam, membawa hadiah atau batu bara, merupakan gambaran peruntungan di sepanjang tahun.

Meramal dengan Lelehan Logam, Finlandia

Meramal dengan Lelehan Logam via Shutterstock
Meramal dengan Lelehan Logam via Shutterstock

Finlandia mengakhiri penghujung tahun dengan melakukan ramalan menggunakan logam. Saat perayaan malam tahun baru, orang-orang berkumpul di rumah dimana mereka diberi satu buah logam berbentuk tapal kuda mini. Merupakan simbol keberuntungan. Satu persatu melelehkan logam tersebut, kemudian dituang ke atas air dingin. Sehingga terbentuk sesuatu yang abstrak. Bentuk abstrak tersebut merupakan gambaran prediksi masa depan.

Makan 12 Biji Anggur saat Tengah Malam, Spanyol

Ilustrasi Makan Anggur 12 Biji via Shutterstock
Ilustrasi Makan Anggur 12 Biji via Shutterstock

Masih berhubungan dengan makanan, Spanyol pun punya tradisi unik tahun baru. Makan anggur sebanyak 12 biji. Namun tidak hanya sekedar makan, ada aturannya. Selama 12 detik pertama setelah pukul 00.00 pada malam tahun baru, anggur tersebut harus habis. Merupakan simbol keberuntungan untuk 12 bulan ke depan. Biasanya yang dimakan adalah anggur tanpa biji agar tidak tersedak saat makan dengan cepat-cepat.

Menari Pakai Kostum Beruang, Romania

Menari Pakai Kostum Beruang via Shutterstock
Menari Pakai Kostum Beruang via Shutterstock

Menari dengan kostum beruang adalah tradisi unik tahun baru di Romania. Para anggota keluarga akan menari dan bernyanyi di hari Jum’at sebagai pertanda penghujung tahun. Menari dengan kostum dipercaya dapat menangkal kejahatan, sehingga kebaikan akan datang di tahun baru.

Membunyikan Lonceng 108 Kali, Jepang

Ilustrasi Membunyikan Lonceng 108 Kali via Shutterstock
Ilustrasi Membunyikan Lonceng 108 Kali via Shutterstock

Tidak hanya berwisata di Jepang, Teman Traveler yang habiskan tahun baru di negara ini bisa ikut perayaannya. Kalau di Jepang, kuil-kuil Budha akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali sebagai tradisi unik tahun baru. 108 kali merupakan gambaran dari sifat-sifat buruk manusia yang dipercaya di ajaran Budha. Satu bunyi lonceng berguna untuk mengusir satu sifat buruk tersebut.

Buang Furnitur Lama, Afrika Selatan

Ilustrasi Membuang Furnitur Lama via Shutterstock
Ilustrasi Membuang Furnitur Lama via Shutterstock

Afrika Selatan tepatnya di Johannesburg mempunyai tradisi unik tahun baru yaitu melempar furnitur lama melalui jendela. Hal tersebut merupakan simbol agar mereka terus melanjutkan hidup alias move forward.

Berjalan-jalan dengan Koper Kosong, Negara di Amerika Latin

Ilustrasi Membawa Koper Kosong via Shutterstock
Ilustrasi Membawa Koper Kosong via Shutterstock

Sebenarnya ada beragam tradisi unik tahun baru di negara-negara Amerika latin. Namun salah satunya yang sangat menarik adalah membawa koper kosong sepanjang hari di 31 Desember. Sebagai harapan agar di tahun baru mereka bisa sering traveling.

Barang Bentuk Bundar&Membuka Semua yang Berpintu, Filipina

Ilustrasi Makan Buah Bentuk Bundar via Shutterstock
Ilustrasi Makan Buah Bentuk Bundar via Shutterstock

Terdapat beberapa tradisi tahun baru di Filipina, diantaranya adalah mengenakan atau makan sesuatu yang serba bundar. Misalnya makan buah jeruk atau anggur, memakai baju motif polkadot, melempar koin. Sebab bentuk bundar menandakan kemakmuran. Ada juga membuka semua barang yang berpintu seperti lemari, jendela, laci. Bertujuan untuk ‘mempersilahkan’ keberuntungan masuk ke dalam kehidupan mereka.

Ball Drop, US

Ball Drop di Time's Square, Amerika via Shutterstock
Ball Drop di Time’s Square, Amerika via Shutterstock

Ball drop alias penurunan bola dilakukan di Amerika saat pukul 23.59 dalam waktu 60 detik bola diturunkan. Bola tersebut terletak di atap One Time’s Square setinggi 43 meter. Kegiatan pergantian tahun yang telah dilaksanakan semenjak tahun 1907 ini pun menjadi atraksi menarik bagi wisatawan.

Membunyikan Terompet, Indonesia

Ilustrasi Tiup Terompet Tahuri via Instagram @e_liku
Ilustrasi Tiup Terompet Tahuri via Instagram @e_liku

Indonesia pun merayakan tahun baru, biasanya orang-orang berkumpul di pusat kota atau pusat keramaian kemudian saat jam memunjukkan pukul 00.00 semua meniup terompet kertas. Sebagi pertanda dimulainya lembaran baru. Namun berbeda dengan di Ambon, terompet tahurilah yang ditiup. Merupakan sebuah alat musik berupa kerang.

Itulah beberapa tradisi unik tahun baru yang dilaksanakan oleh beberapa negara di dunia. Apapun tradisinya semoga di tahun baru 2019 ini, semua tujuan dan resolusi Teman Traveler tercapai ya. Adakah tradisi rayakan pergantian tahun di daerah Teman Traveler? Next

ramadan

Malam Tahun Baru, 6 Destinasi Populer Pertunjukan Pesta Kembang Api di Asia Ini Bikin Terpana Karena Kemeriahannya!

via Instagram/foodnotestories

O’Rock The Eatery and Coffee, Tempat Nongkrong Instagenic Baru di Bandung