in ,

7 Hobi yang Menghasilkan Uang saat Liburan

hobi fotografi
hobi fotografi

Sebagian orang mengatakan kalau traveling hanyalah kegiatan senang-senang saja. Menjelajahi tempat baru, mencoba makanan lokal yang menakjubkan, dan hal-hal yang kadang sangat menguras uang. Sebenarnya traveling tidak harus seperti itu, bahkan bisa menghasilkan rupiah lho! Berikut beberapa hobi yang kerap dilakukan traveler untuk menunjang kehidupan dan tentu saja kesenangannya.

Baca juga : Aushitori, Kuliner Fusion Jepang Indonesia dari Audi Marissa

1. Fotografi

Traveling dan fotografi seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Fotografi tanpa melakukan eksplorasi tempat baru sama halnya jalan di tempat. Sementara itu, liburan tanpa mengabadikan keindahan dengan kamera seperti melihat film tapi tanpa suara. Benar-benar tidak lengkap dan sayang jika tetap dilakukan.

hobi fotografi
hobi fotografi [image source]
Kalau kamu hobi sekali dengan dunia fotografi, banyak-banyaklah traveling ke tempat baru. Tidak harus ke luar pulau atau mengunjungi negara lain. Selama tempat itu menarik dan kamu lihai dalam membidik gambar, apa yang tertangkap kamera pasti sempurna. So, kamu hobi fotografi tidak?

2. Menulis

Ada beberapa cabang menulis yang bisa diterapkan dalam traveling. Pertama adalah tulisan bertema travel dalam bentuk ulasan atau rekomendasi tempat wisata. Travel blogger atau penulis buku pariwisata banyak melakukan hal ini dengan baik. Selanjutnya adalah jurnalis, mereka yang bekerja sebagai jurnalis dan sering melakukan perjalanan tentu akan mudah melakukannya dalam liputan. Sambil menyelam minum air, sambil bekerja, bisa traveling.

Menulis dan Blogging
Menulis dan Blogging [image source]
Cabang menulis yang terakhir adalah fiksi. Penulis fiksi biasanya memerlukan cukup banyak inspirasi baik dari seting yang dibuat atau lingkungan masyarakat. Mereka bisa mengangkat hal-hal sederhana dari apa yang mereka lihat sembari melakukan wisata. Penulis fiksi yang hobi melakukan penjelajahan akan minim sekali mengalami writer block.

3. Melukis

Tanpa dijelaskan panjang lebar kamu pasti tahu kalau seorang pelukis harus melihat banyak hal. Mereka yang ingin melukis lanskap atau pemandangan tertentu butuh perjalanan. Punya hobi melukis baik digital maupun manual tapi diam saja di rumah bisa mengalami art block yang menghambat produktivitas.

Lukisan Pemandangan Bisa Dijual dengan Harga yang Bagus
Lukisan Pemandangan Bisa Dijual dengan Harga yang Bagus

Beberapa pelukis mungkin bisa membayangkan apa yang ingin mereka tuangkan ke kanvas tanpa perlu melakukan traveling. Namun, akan sangat berbeda rasanya kalau melihat secara langsung daripada membayangkan saja. Jadi kalau kamu ingin melukis lebih indah dan banyak inspirasi, sesekali keluarlah dari rumah.

4. Mengoleksi Barang

Seorang kolektor pasti sangat paham kalau ingin barang koleksinya lengkap, mereka harus banyak melakukan penjelajahan. Misal mereka hobi mengumpulkan action figure pasti rela terbang jauh-jauh ke Singapura atau bahkan Jepang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Koleksi Miniatur
Koleksi Miniatur [image source]
Kalau kamu memiliki hobi mengoleksi barang tertentu seperti action figure, komik, pin, sepatu, atau bahkan tas, silakan banyak-banyak traveling. Banyak hal baru bisa kamu dapatkan saat melakukan traveling agar koleksi berharga yang sedang dikumpulkan jadi lengkap. Kalau diam saja di rumah dan beli secara online, kamu tidak akan tahu kalau banyak tempat menarik menantimu untuk bertandang.

5. Bermain Musik

Kamu mungkin akan bertanya: memang apa korelasi antara musik dan melakukan perjalanan wisata? Banyak! Musik tidak hanya sekadar berisi kata cinta dan galau saja. Dalam pembuatan lirik dan juga musiknya, seorang musisi kadang memerlukan traveling ke tempat tertentu untuk mendapatkan inspirasi.

street performers
street performers [image source]
Inspirasi mungkin bisa datang kapan saja meski kamu hanya berdiam diri di rumah saja. Namun, inspirasi akan mudah datang kalau kamu banyak melakukan perjalanan wisata. Misal kamu melihat sesuatu di jalanan bisa jadi inspirasi lagu. Misal dalam keheningan alam inspirasi yang tidak terpikirkan sebelumnya bisa muncul dengan mudah.

6. Menjadi Sukarelawan

Sukarelawan adalah sebuah aktivitas yang tidak hanya berguna pada dirimu sendiri. Orang lain pun akan merasakan manfaatnya meski tidak secara langsung. Zaman sekarang ada banyak NGO yang membutuhkan banyak volunter yang akan dipekerjakan di banyak tempat hingga ke luar negeri.

sukarelawan aiesec
sukarelawan aiesec [image source]
Kalau kamu hobi sekali menjadi volunter dan ingin melakukan traveling ke banyak tempat. Bergabunglah ke beberapa NGO. Mereka kerap membuka lowongan volunter dan akan memberangkatkan orang terpilih keluar negeri. Lumayan kan bisa membantu orang bonus traveling ke banyak tempat.

7. Olahraga

Hobi yang menjadi pamungkas dari daftar ini adalah olahraga. Kamu yang hobi melakukan lari, bisa traveling sambil bermaraton. Kamu yang hobi arung jeram, bisa menjelajahi sungai-sungai yang cukup menantang. Kamu yang hobi melakukan trekking, banyak gunung di Indonesia dan juga dunia yang siap menanti.

bali thriatlon
bali thriatlon [image source]
Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan sembari melakukan traveling. Seperti halnya traveling dan fotografi, dua hal ini tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. So, kalau kamu hobi olahraga, sering0seringlah melakukan perjalanan keluar rumah.

Inilah hobi yang bisa dijalankan sembari traveling. Melakukan kedua hal menyenangkan akan membuat kehidupanmu jauh lebih dan tentu saja bahagia. Semoga kamu juga bisa menjadi orang yang kaya berkat traveling. Next

ramadan

Sae Sae, Hostel di Jogja yang Jadi Langganan Turis

Pasir Kirisik, Tempat Wisata Terbaru di Tasikmalaya