in

Bosan ke Batu? Yuk Menjelajah Sejuknya Pegunungan di Trawas, Mojokerto

Salah satu dataran tinggi di Jawa Timur yang dikenal sebagai pusat pariwisata adalah Batu. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata yang super lengkap. Sayangnya, di saat libur panjang, kawasan wisata di sini jadi penuh sesak sehingga kemacetan bisa terjadi di mana-mana. Bahkan untuk sampai ke lokasi saja membutuhkan perjuangan yang sangat ekstra.

Baca juga : Fenomena Alam Paling Keren di Indonesia, Air Terjun Asin di Lombok

Kalau kamu ingin menikmati sensasi traveling yang nyaris sama seperti Batu namun lebih lengang. Datanglah ke kawasan Trawas di Mojokerto yang pesonanya enggak kalah dengan Batu. Di tempat ini, kamu akan menemukan banyak hal menarik hingga rasanya enggan pulang. Yuk bahas Trawas lebih lengkap untuk memberimu lebih banyak pertimbangan.

Lokasi yang Strategis dan Sejuk

Trawas adalah kawasan yang sejatinya merupakan lembah yang berada di antara dua buah gunung. Berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan membuat kawasan Trawas menjadi sangat sejuk. Dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Trawas menjadi tempat yang cocok untuk ngadem sejenak dari aktivitas menjemukan di kota.

lereng gunung Penanggungan [image source]
lereng gunung Penanggungan [image source]
Lokasi Trawas yang sangat strategis membuat kawasan ini dijadikan tempat peristirahatan. Saat akhir pekan atau liburan, warga dari Surabaya dan sekitarnya banyak yang datang ke sini. Mereka ingin menikmati suasana yang sejuk dan menyegarkan jiwa serta raga.

Banyak Hotel dan Villa

Lokasi Trawas yang sangat strategis karena diapit oleh dua gunung membuat sektor hotel dan villa di sini berkembang dengan baik. Di kawasan Trawas banyak dibangun akomodasi dari yang harga murah hingga standar hotel bintang tiga. Semuanya bisa disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki dan berapa lama akan stay di sana untuk menikmati kawasan pegunungan.

hotel di Trawas [image source]
hotel di Trawas [image source]
Hotel dan villa di sini menawarkan hunian yang aman dan nyaman. Kalau kamu ingin segera mendapatkan hotel di kawasan ini, disarankan untuk memesannya secara online. Hal ini perlu dilakukan karena pada hari-hari tertentu akomodasi di sini jadi penuh sesak sehingga susah mendapatkan tempat untuk menginap.

Wisata Budaya dan Sejarah yang Lengkap

Kawasan Trawasa dikenal memiliki banyak peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan juga Raja Airlangga. Di tempat ini kamu bisa menemukan situs bernama Reco Lanang dan Reco Wadon. Situs ini konon digunakan sebagai tempat pembuat arca atau patung batu dari masa kerajaan Majapahit. Arca yang ada di sini kelak akan dikirim ke berbagai wilayah untuk ditempatkan pada candi.

Petirtaan Jolotundo [image source]
Petirtaan Jolotundo [image source]
Selain kompleks pembuatan arca, kawasan Trawas juga masih memiliki Candi Jolotundo. Kawasan candi ini merupakan petirtaan dari Raja Airlangga yang pernah singgah di sini. Petirtaan ini memiliki sumber air yang jernih dan konon bisa membuat siapa saja awet muda kalau mandi atau cuci muka menggunakan air yang ada di sana.

Pendakian dan Wisata Alam

Selain digunakan untuk kawasan peristirahatan yang nyaman dan jauh dari hiruk-pikuk dari kota. Kawasan Trawas juga banyak digunakan untuk kegiatan outdoor. Banyak pelancong yang melakukan kegiatan pendakian di sini untuk menuju Gunung Penanggungan yang memiliki pemandangan super indah.

air terjun dlundung [image source]
air terjun dlundung [image source]
Oh ya, selain untuk kawasan pendakian, Trawas juga masih memiliki objek wisata alam lain seperti air terjun yang sangat menakjubkan. Salah satu air terjun paling terkenal di kawasan Trawas adalah air terjun Diundung yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Inilah sederet pesona dari Trawas yang bisa kamu jadikan alternatif destinasi wisata selain Batu yang kadang penuh sesak. Jadi, bagaimana? Kapan datang ke Trawas? Next

ramadan

Tempat Golf di Bogor yang Keindahannya Sungguh Membahana

Yuk Ke Banten November ini, Kamu Akan Disambut 3 Festival Besar Lho!