in , , ,

Kolam Renang Terdalam Se-Asia Tenggara, Ada di Jakarta Loh!

Wow.. Kolam Renang Paling Dalam Se-Asia Tenggara Ada di Jakarta?

Indonesia terkenal akan kekayaan bawah lautnya. Tidak heran jika Indonesia mencetak banyak penyelam handal yang bahkan menjadi pemecah rekor dunia! Untuk mendukung penyelam Indonesia tersebut, Komando Pasukan Khusus atau Kopassus memberikan fasilitas berupa kolam renang yang memiliki kedalaman 16 meter dan dikenal dengan nama Tribuana Dive Center (TDC).

Baca juga : Puas Memetik Jeruk Langsung Dari Pohonnya di Klaten Jawa Tengah

Lokasi Tribuana Dive Center

Tribuana Dive Center bersebelahan dengan Kolam Renang Tirta Yudha dan terletak di Jl. RA Fadillah, Cijantung, Jakarta Timur. Kolam ini memiliki kedalaman 16 meter dan memiliki arsitektur yang kokoh di lahan seluas 800 meter. Awalnya, kolam ini hanya dibuka untuk anggota Kopassus saja, karena diciptakan untuk mendukung tugas Kopassus menjadi prajurit militer yang profesional dalam bidang selam. Tapi, sejak tanggal 11 Oktober 2019, kolam ini dibuka untuk umum. Sehingga, saat ini Teman Traveler dapat berkunjung ke Tribuana Dive Center ini.

Peraturan di Tribuana Dive Center

Dasar Kolam Renang Tribuana Dive Center via Instagram @Tribuanadc

Memiliki kedalaman 16 meter membuat tidak semua orang bisa diving di sini, TDC mempunyai beberapa peraturan nih bagi Teman Traveler yang ingin free diving di sini yakni memiliki sertifikat free diving dari lembaga yang diakui. Selain itu, free diver juga harus membayar pengawas sebesar 250.000 per 5 free diver. Intinya, Teman Traveler yang masih pemula dalam menyelam, diharapkan membawa instruktur atau menyewa instruktur dari TDC atau lembaga yang diakui oleh TDC, karena menyelam sendiri sangat berbahaya.

Jam Operasional TDC

Merayakan Valentine dari Kedalaman 16 meter via Instagram @Tribuanadc

Teman Traveler bisa berkunjung ke sini pada saat jam operasional saja. TDC hanya buka dari hari Selasa hingga Minggu dan setiap hari memiliki jam operasional yang berbeda. Pada hari Selasa dan Jumat, TDC buka pada pukul 13:00-18:00 WIB. Sedangkan, hari Rabu dan Kamis TDC mulai bisa dikunjungi pada 10:00-18:00 WIB. Selain itu, hari Sabtu dan Minggu, TDC dapat bisa dikunjungi dari 08:00 hingga 20:00 WIB. Kolam renang ini akan menyesuaikan dengan kebijakan jika hari libur nasional. Selain itu, kolam juga bisa tutup tiba-tiba jika ada kepentingan mendadak yang membutuhkan kolam seperti digunakan oleh Kopassus tentunya.

Harga untuk Freediving

Instruktur Diving via Instagram @Tribuanadc

Bagi Teman Traveler yang ingin belajar diving di sini, biaya yang dikenakan adalah Rp300.000 termasuk dengan instruktur jika membawa sendiri. Harga yang dipatok adalah per sesi. Setiap satu sesi yaitu 4 jam, jika lebih, Teman Traveler akan dikenakan biaya sebesar Rp75.000 per jamnya. Jika ingin serius terjun ke dunia diving ini, Teman Traveler bisa menjadi member tahunan dengan biaya Rp7.500.000 per tahun. Selain itu, TDC tidak memperbolehkan warga negara asing (WNA) untuk datang ke tempat ini guna menjaga kerahasiaan Kopassus.

Nah, bagi Teman Traveler yang tertarik untuk belajar diving, langsung aja datang ke Tribuana Dive Center ya. Tempat ini juga mempunyai program sertifikasi, jadi selain dapat ilmu juga dapat sertifikasi loh! Belajar diving dulu, baru keliling Indonesia! Next

ramadan

Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Legendaris Surabaya dengan Cita Rasa Penuh Selera!

Laguna Alami di Pantai Wediombo Gunung Kidul yang Menakjubkan!