in , ,

Merasakan Semangat Membara Arek-arek Suroboyo di Tugu Pahlawan, Ikutan Yuk!

Menapaki Jejak Sejarah di Tugu Pahlawan Surabaya

Salah satu spot di Tugu Pahlawan
Salah satu spot di Tugu Pahlawan (c) Rosita/Travelingyuk

Dikenal dengan julukan Kota Pahlawan, Surabaya memiliki sederet destinasi apik dengan nilai sejarah tinggi. Berusia puluhan bahkan ratusan tahun, sejumlah situs bersejarah tersebut selalu mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya adalah Tugu Pahlawan.

Baca juga : Kafe Gelato Bali Recommended untuk Dicoba, Mana Aja Tuh?

Simbol semangat arek-arek Suroboyo (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya ramai saat peringatan Hari Pahlawan, monumen ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan setiap harinya. Baik turis Nusantara maupun mancanegara, perorangan maupun rombongan, Semua antusias menyambangi tugu simbol semangat arek-arek Suroboyo ini.

Berdiri di Pusat Kota

Area parkir Tugu Pahlawan (c) Rosita/Travelingyuk

Tugu Pahlawan berada di tengah kawasan Taman Kebonrojo, Surabaya. Monumen yang diresmikan pada 10 November 1945 juga bersebrangan langsung dengan Kantor Gubernur Jawa Timur. Secara administratif, posisinya masuk wilayah Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Dibangun khusus untuk mengenang semangat juang para pemuda Surabaya, tugu ini berdiri di atas tanah bekas Gedung Kenpetai, markas polisi Jepang yang kerap dijadikan tempat penahanan para pejuang.

Simbol Semangat Heroik Arek-arek Suroboyo

Halaman Tugu Pahlawan (c) Rosita/Travelingyuk

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Saat itu para pemuda berjuang melawan pasukan sekutu yang hendak menjajah Indonesia kembali. Monumen lantas menjadi simbol semangat mereka yang gugur dalam peristiwa tersebut.

Pada hari-hari tertentu, diadakan parade untuk mengenang perjuangan para pahlawan kala itu. Salah satunya adalah Surabaya Membara, pertunjukan yang menampilkan perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan. Lantaran diadakan hanya setahun sekali, bisa dipastikan jalan di sekitar Tugu Pahlawan akan ditutup guna mengakomodasi tingginya animo masyarakat.

Salah Satu Ikon Surabaya

Salah satu ikon Surabaya (c) Rosita/Travelingyuk

Sebagai salah satu ikon Surabaya, Tugu Pahlawan selalu mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Berdiri di atas tanah seluas 1,3 hektar, monumen dengan tinggi mencapai 41,15 meter ini mengusung bentuk lingga atau dikenal juga dengan istilah paku terbalik.

Tinggi, ruas, dan lengkungan monumen ini melambangkan tanggal 10, bulan 11, dan tahun 1945. Terinspirasi dari peristiwa bersejarah 10 November 1945. Tugu sendiri mulai didirikan pada 10 November 1952 dan diresmikan setahun berselang, tepat di tanggal yang sama.

Spot Foto Favorit Wisatawan

Pilar jadi spot foto favorit wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Di salah satu sisi monumen, Teman Traveler bisa menyaksikan patung Soekarno dan Mohammad Hatta dengan pose sedang membaca naskah proklamasi kemerdekaan. Patung founding fathers Indonesia itu diletakkan di antara pilar-pilar tinggi menyerupai reruntuhan bangunan.

Lantaran bentuknya cukup unik, kawasan ini kerap jadi favorit pengunjung untuk berfoto. Jika Teman Traveler mampir ke Tugu Pahlawan, jangan lupa mengabadikan momen di sini. Dijamin hasilnya bakal luar biasa keren dan mengesankan.

Itulah sekilas ulasan mengenai Tugu Pahlawan, monumen simbol semangat heroik arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan ke Kota Pahlawan dan masukkan tugu ini dalam list perjalanan kalian. Selamat berlibur. Next

ramadan

Menginap di The Dome Lombok, Rasakan Sensasi Bermalam di Dalam “Tempurung”

Hotel dengan Kolam Renang Air Hangat di Garut, Berendam Lama-lama Nggak Masalah!